Widget HTML #1

Untuk Milenial! Inilah 8 Tips Keuangan Agar Bisa Sukses di Masa Depan

Bagi kaum milenial atau generasi muda, berikut ini ada beberapa tips keuangan yang harus Anda terapkan agar bisa sukses di masa depan. Kurangnya pendidikan keuangan dasar pada kaum milenial, membuat mereka tidak mengerti bagaimana mengelola uang. Mengajukan kredit, serta tidak tahu bagaimana caranya agar bisa terbebas dari hutang.

Mengutip dari investopedia, generasi muda masih mengalami kesenjangan pengetahuan dalam mempelajari cara mengelola uang. Mengajukan kredit dan menghindari hutang yang sebenarnya akan menjadi bekal di masa depan dan hari tua. Namun, seharusnya baik dewasa maupun anak muda harus memahami strategi finansial yang baik dengan mendidik sendiri maupun mitra keuangan.

Dengan memahami berbagai tips keuangan yang baik, akan mendidik setiap individu untuk lebih disiplin dalam mengelola uang. Mungkin bagi sebagian besar generasi milenial masih bingung untuk mengelola keuangan dengan baik. Maka, berikut ini akan kami berikan beberapa tips keuangan untuk membantu Anda.

Tips Keuangan yang Baik untuk Kehidupan Finansial Terbaik di Masa Depan

Pada kenyataannya, banyak generasi milenial yang belum tahu berbagai tips keuangan yang baik untuk mewujudkan kehidupan finansial terbaik mereka. Dikutip dari Tirto.id, menyebutkan bahwa sebagian besar generasi milenial cenderung memiliki gaya hidup yang lebih boros. Sulit untuk menabung, serta tidak peduli dengan kebutuhan investasi di masa depan.

Namun, jangan khawatir berikut ini ada beberapa tips keuangan untuk generasi milenial. Agar lebih disiplin dan bisa sukses finansial di masa depan.

1.Didik Diri Sendiri

Tips keuangan pertama agar lebih disiplin dan sukses finansial di masa depan bagi generasi muda adalah dengan mendidik diri sendiri. Caranya adalah dengan mengendalikan masa depan keuangan dengan lebih banyak membaca buku dasar tentang keuangan pribadi. Setelah berbekal pengetahuan, maka jangan biarkan seorang pun membawa Anda keluar jalur.

Baik itu orang penting yang mendorong membuang-buang uang untuk hal yang tidak berguna. Atau pun teman yang merencanakan perjalanan dan acara mahal. Teliti secara profesional mengenai perencanaan keuangan, pemberi pinjaman hipotek atau akuntan, sebelum menggunakan layanan mereka.

2. Bayar dengan Uang Tunai, Bukan Kredit

Tips keuangan untuk para generasi muda yang selanjutnya adalah dengan membiasakan untuk membayar tunai, bukan kredit. Cara ini berguna untuk melatih kesabaran dan pengendalian diri terhadap keuangan. Jika ingin membeli barang atau menabung, Anda harus membayar dengan uang tunai. Atau kartu debit untuk memotong langsung dari rekening giro dan menghindari kartu kredit.

Kartu kredit adalah pinjaman dengan suku bunga, kecuali Anda mampu melunasi saldo secara penuh setiap bulannya. Penggunaan kartu kredit, memang dapat membantu membangun nilai kredit yang baik. Akan tetapi, sebaiknya gunakan hanya dalam keadaan darurat saja.

3. Tips Keuangan dengan Belajar Menganggarkan

Untuk tips keuangan yang baik bagi generasi muda selanjutnya adalah dengan belajar menganggarkan. Setelah Anda membaca beberapa buku keuangan dasar, Anda akan memahami dua aturan dalam tips keuangan. Yaitu jangan biarkan pengeluaran melebihi pendapatan, dan mengetahui dan memperhatikan ke mana Anda mengeluarkan uang.

Cara terbaik untuk melaksanakannya adalah dengan menganggarkan dan membuat rencana pengeluaran pribadi. Untuk melacak uang masuk dan keluar. Dengan mengendalikan setiap pengeluaran Anda, akan berdampak pada kondisi keuangan Anda. Seperti dengan mengendalikan pengeluaran bulanan, seperti sewa serendah mungkin untuk dapat menghemat uang.

Sehingga, seiring dengan berjalannya waktu Anda dapat menempatkan posisi untuk dapat berinvestasi dengan baik dan nyaman.

4. Menabung untuk Pensiun

Meskipun masih muda, kaum milenial juga harus memikirkan menabung untuk pensiun. Dan Anda dapat merencanakannya dari sekarang. Dengan kekuatan bunga majemuk, jika Anda mulai menabung pada usia 20 tahun-an Anda akan memperoleh bunga bukan hanya bunga pokok simpanan saja.

Namun, juga bunga yang Anda peroleh dari waktu ke waktu. Sehingga, Anda akan memiliki apa yang Anda perlukan, ketika Anda pensiun nanti.

5. Tips Keuangan dengan Mulai Dana Darurat

Tips keuangan untuk para generasi muda yang selanjutnya adalah dengan menyediakan dana darurat yang cukup. Anda harus dapat menyisihkan sebagian dari pendapatan Anda untuk mengantisipasi jika Anda mengalami keadaan darurat. Seperti terkena PHK atau kebutuhan lain yang mengharuskan Anda mengeluarkan sejumlah uang.

Selain itu, Anda juga perlu menabung untuk keadaan darurat di masa depan. Tahukah Anda, jika praktik sederhana ini dapat menjauhkan Anda dari masalah finansial.

6. Jaga Kesehatan

Bagi generasi muda yang tidak mempunyai asuransi kesehatan, Anda wajib menjaga kesehatan Anda sebaik mungkin. Dan segeralah membuat asuransi kesehatan untuk membantu Anda dalam menjaga kesehatan. Jika bekerja pada perusahaan, biasanya pihak perusahaan akan memberikan Anda asuransi kesehatan dengan cara pembayaran potongan beberapa persen dari pendapatan Anda.

Hal ini tidak menjadi masalah, karena Anda dapat menggunakan asuransi kesehatan tersebut waktu-waktu. Anda dapat berobat secara gratis dengan asuransi kesehatan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya untuk mengecek kesehatan Anda. Sehingga, Anda tidak perlu mengeluarkan lebih banyak uang ketika Anda sakit dan hidup Anda pun akan lebih sehat.

7. Pantau Pajak

Tips Keuangan yang baik bagi generasi milenial selanjutnya adalah dengan memantau pajak. Ketika sebuah perusahaan menawarkan gaji awal, Anda harus menghitung apakah gaji tersebut setelah dipotong pajak. Telah memenuhi kebutuhan finansial dan tujuan tabungan Anda atau tidak. Anda dapat menggunakan kalkulator Online yang bisa menghitung gaji Anda setelah pajak.

Yaitu dengan cara menghitung pemetaan gaji kotor (penghasilan total) dan gaji bersih. Atau pendapatan setelah pemotongan pajak dan lain-lain atau gaji yang Anda bawa pulang.

8. Melindungi Kekayaan

Untuk memastikan semua jerih payah Anda tidak hilang, Anda perlu mengambil langkah untuk melindunginya. Jika Anda menginginkan bantuan dalam mengelola uang, Anda dapat mencari perencana keuangan berbayar. Yaitu yang dapat memberikan nasihat dan juga tidak memihak demi kepentingan terbaik. Namun, bukan penasihat keuangan yang berbasis komisi, yang menghasilkan uang ketika mendaftar dengan investasi yang didukung oleh perusahaannya.

Selain itu, Yana paling penting dari semua itu adalah mengetahui tujuan dan rencana keuangan dengan jelas. Dengan cara ini akan memudahkan Anda dalam melakukan pengelolaan uang. Sehingga, Anda dapat menggunakan uang Anda untuk pengeluaran sesuai dengan porsinya.

Seperti dengan menerapkan 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk tabungan, investasi dan kebutuhan finansial lainnya. Dan 20 % untuk kebutuhan konsumtif.

Demikian tadi 8 tips keuangan yang baik yang perlu diterapkan oleh generasi milenial agar lebih disiplin mengelola uang. Demi mencapai kesuksesan dan kestabilan finansial di masa depan. Dengan konsisten menerapkan semua tips di atas, maka generasi muda tetap dapat mengelola keuangan mereka dengan baik. Dan dapat berinvestasi dengan nyaman sejak dini.

Posting Komentar untuk "Untuk Milenial! Inilah 8 Tips Keuangan Agar Bisa Sukses di Masa Depan"