Widget HTML #1

Mengenal 4 Jenis Simpanan di Bank dan Berbagai Keuntungannya

 

Apa saja jenis simpanan di bank, dan apa saja keuntungannya bagi nasabah? Menabung di bank adalah salah satu langkah yang paling aman untuk menyimpan kekayaan. Apalagi saat ini ada banyak pilihan bank, baik bank konvensional maupun bank Syariah yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan uang.

Menyimpan di bank memang sangat aman, tidak rawan pencurian seperti ketika Anda menyimpan uang di celengan. Selain itu, Anda juga dapat memilih berbagai produk simpanan di bank sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Berikut ini adalah berbagai jenis simpanan di bank dan berbagai keuntungannya buat nasabah.

Jenis-Jenis Simpanan di Bank dan Berbagai Keuntungannya

Ada banyak jenis simpanan di bank yang bisa Anda manfaatkan untuk menabung dan mengembangkan dana. Mulai dari tabungan, deposito hingga giro, dan berikut ini adalah 3 jenis simpanan di bank dan berbagai keuntungannya bagi nasabah.

1. Tabungan

Jenis simpanan di bank yang pertama adalah tabungan yang merupakan jenis yang paling populer dan paling banyak digunakan nasabah. Definisi tabungan adalah simpanan uang di bank yang penarikannya hanya bisa dilakukan dengan syarat tertentu. Jika Anda memilih simpanan, maka petugas bank akan memberikan Anda buku tabungan dan kartu ATM beserta PIN.

Berikut ini adalah kekurangan simpanan tabungan yang yang harus Anda ketahui. Setoran awal  dan saldo minimal memiliki batas yang berbeda, tergantung masing-masing pihak bank. Bunga atau hasil bagi tabungan lebih kecil dibanding deposito. Ada biaya administrasi tiap bulan sesuai dengan ketentuan. Namun, meskipun begitu simpanan tabungan ini juga memiliki beberapa kelebihan.

Kelebihan pertama adalah setoran awal cukup rendah dan terjangkau, biasanya adalah 20 ribu atau 50 ribu rupiah. Transaksi lebih mudah dan bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja selama 24 jam. Bisa menggunakan ATM, SMS Banking, Mobile Banking, maupun Internet Banking. Dan Anda juga bisa mengambil uang tabungan kapan saja Anda mau melalui ATM.

2. Jenis simpanan di Bank Rekening Giro

Jenis simpanan tabungan di bank yang kedua adalah rekening giro yang merupakan salah satu produk perbankan berupa simpanan dari nasabah perseorangan atau badan usaha dalam rupiah atau mata uang asing.  Perbedaan antara tabungan dan rekening giro adalah terletak pada penarikan uang yang hanya bisa Anda lakukan menggunakan warkat cek atau bilyet giro pada jam operasional bank.

Ada beberapa keuntungan menjadi nasabah rekening giro, antara lain dapat melakukan pembayaran dengan cek sebagai pengganti uang tunai. Dan orang yang menerima cek ini dapat mencairkannya dengan cepat sesuai dengan tanggal yang tertera dalam cek. Mudah dan praktis, jadi bagi Anda yang sibuk, Anda dapat menyerahkan cek yang dikeluarkan oleh bank kepada seseorang penerima cek.

Dan nantinya dapat mengisi data pribadi sendiri dan penerima cek dapat mencairkannya sesuai dengan tanggal yang tertera pada cek. Selain itu, nasabah rekening giro tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah banyak, sehingga dapat mengantisipasi adanya tindak kejahatan.

3. Deposito

Jenis simpanan di bank yang ketiga adalah deposito, yaitu jenis simpanan yang pencairannya hanya dapat dilakukan dalam waktu tertentu. Dan dengan syarat-syarat tertentu juga. Jadi, nasabah deposito tidak dapat mengambil uang simpanannya sewaktu-waktu. Tidak sama seperti pada simpanan tabungan maupun rekening giro. Adapun beberapa karakteristik dari jenis simpanan deposito antara lain mayoritas bank menetapkan setoran awal minimum Rp 10 juta (berbeda setiap bank). Memiliki suku bunga atau bagi hasil yang lebih besar dari simpanan tabungan dan rekening giro.

Memiliki jatuh tempo seperti 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 24 bulan, dan dapat diperpanjang otomatis. Deposito dapat berupa mata uang asing maupun rupiah, akan ada biaya tambahan untuk pencairan deposito yang tidak sesuai dengan jatuh tempo. Sangat cocok bagi Anda yang sulit menabung karena ada jatuh tempo, sehingga Anda tidak bisa menariknya sewaktu-waktu.

Keuntungan Deposito

Jenis simpanan di bank deposito memiliki beberapa keuntungan. Antara lain memperoleh suku bunga atau bagi hasil yang lebih tinggi dari jenis simpanan lainnya. Untuk suku bunga di setiap bank ini berbeda-beda, jadi nasabah dapat mencari informasi detailnya pada bank yang bersangkutan. Nasabah deposito akan dapat mengelola keuangan secara lebih terencana sesuai dengan jangka waktu deposito.

Hal ini karena deposito memiliki jatuh tempo pencairan, sehingga tidak dapat untuk mengambilnya sewaktu-waktu. Dan jika mengambil sebelum jatuh tempo, nasabah akan rugi karena harus membayar sejumlah denda. Selain itu, nasabah Jung dapat memperkirakan jumlah suku bunga yang akan mereka peroleh berdasarkan jangka waktu tertentu.

Semakin lama jangka waktu deposito, maka akan semakin besar juga jumlah bagi hasil atau keuntungannya. Kelebihan lain dari deposito adalah memiliki risiko rendah, sehingga sangat cocok bagi Anda yang baru mulai berinvestasi dan takut dengan risiko tinggi. Selain itu, deposito juga sangat aman karena ada jaminan dari LPS.

4. SimPel dan SiMuda

Selain ketiga jenis simpanan di bank tersebut, saat ini juga ada program tabungan Simpanan Pelajar (SimPel), dan Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SiMuda). SimPel atau simpanan pelajar adalah tabungan khusus untuk pelajar SD hingga SMA yang diterbitkan oleh bank-bank Indonesia. Untuk persyaratan juga sangat mudah, mulai dari Rp 5.000 saja sudah dapat membuka rekening di bank.

Program ini sangat bagus untuk mengajarkan anak-anak giat menabung sejak dini. Ada beberapa keuntungan dari SimPel antara lain bebas administrasi bulanan, setoran awal mulai Rp 5.000 saja. Syarat mudah dan banyak fitur menarik. Sedangkan bagi Anda yang berstatus pelajar atau mahasiswa mulai dengan umur 18 tahun hingga 30 tahun, Anda dapat memilih ada SiMuda.

Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SiMuda) memiliki beberapa keuntungan. Antara lain melatih disiplin sejak muda, sebab termasuk simpanan berjangka waktu, sehingga pencairannya tidak boleh sewaktu-waktu. Tabungan ini juga sudah terproteksi premi asuransi, dan menariknya premi tahun pertama gratis. Nasabah juga bebas memilih investasi berupa reksa dana, emas maupun rumah.

Dengan SiMuda tidak perlu menunggu tua untuk berinvestasi. Bagi pelajar yang sudah berusia 18 tahun dapat mulai belajar berinvestasi jangka panjang dengan setoran awal yang ringan. Untuk setoran awal reksa dana adalah mulai Rp 100.000, untuk emas akan ada setoran rutin bulanan mulai Rp 50.000. Dan untuk investasi rumah akan ada setoran bulanan mulai Rp 100.000.

Demikian tadi jenis-jenis simpanan di bank dan berbagai keuntungannya. Dengan menyimpan uang di bank, uang Anda akan lebih aman dan juga berkembang dengan adanya suku bunga atau bagi hasil. Setelah mengetahui perbedaannya, sekarang Anda dapat menentukan jenis simpanan apa yang Anda inginkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Tentunya dengan memenuhi segala persyaratan yang ada. Selamat menabung.

Posting Komentar untuk "Mengenal 4 Jenis Simpanan di Bank dan Berbagai Keuntungannya"