Widget HTML #1

Inilah Manfaat Frugal Living untuk Mewujudkan Financial Freedom

 

Ada beberapa manfaat frugal living dan salah satunya adalah untuk mewujudkan finansial atau keuangan yang stabil. Memiliki keuangan yang stabil merupakan keinginan sebagian besar orang. Hingga tak heran, jika banyak orang melakukan berbagai cara untuk mewujudkan keinginan tersebut. Seperti dengan bekerja, mencari tambahan penghasilan untuk di tabung dan lain-lain.

Dan apakah keuangan yang stabil atau istilah kerennya financial freedom dapat Anda capai dengan menerapkan pola hidup frugal living? Lalu, apa itu frugal living? Bagi Anda yang belum tahu, frugal living adalah gaya hidup yang menekankan pada pengelolaan keuangan yang hemat dan bijak. Tujuannya adalah mengurangi pengeluaran dengan membeli barang-barang sesuai kebutuhan.

Dan salah satu manfaat frugal living yang paling besar adalah dapat membantu Anda mengatur keuangan. Sehingga tujuan Anda dalam mewujudkan Financial freedom dapat tercapai dengan cepat. Financial freedom adalah kondisi seseorang yang telah mencapai kemapanan dalam hal keuangan. Sehingga, ia tidak khawatir lagi tentang masalah keuangannya.

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Frugal Living

Sebelum membahas tentang berbagai manfaat frugal living lebih lanjut. Sebaiknya Anda mengerti tentang pengertian, tujuan dan cara memulai frugal living agar tujuan keuangan Anda dapat tercapai. Frugal living adalah gaya hidup yang menekankan kesadaran penuh ketika hendak menggunakan uang.

Seiring dengan kemajuan teknologi, transaksi keuangan dapat Anda lakukan dengan menggunakan berbagai produk fintech. Seperti dompet digital dan juga paylater yang membuat masyarakat lebih konsumtif. Maka, salah satu solusi dalam menghadapinya adalah dengan menerapkan konsep frugal living. Namun, jangan salah ya gus, frugal living ini tidak sama dengan pelit lho, ini dia penjelasannya.

1.Perbedaan Frugal Living dengan Pelit

Salah satu manfaat frugal living adalah mewujudkan finansial freedom atau membuat keuangan stabil. Namun, banyak orang yang menyamakan frugal living dengan pelit. Padahal keduanya jelas berbeda, berikut ini letak perbedaannya.

·         Nilai yang dituju, jika frugal living mendorong pelaku untuk membelanjakan dana untuk hal-hal yang bernilai. Penekanannya bukan pada barang, namun nilai intrinsik seperti manfaat dan kegunaan jangka panjang. Sedangkan pelit mengorientasikan pada murah, tak peduli nilai dan kualitasnya.

·         Frugal living memprioritaskan kebutuhan, seperti sakit mau berobat ke dokter agar cepat sembuh. Namun orang pelit, tidak mau mengeluarkan uang untuk berobat ketika sakit.

·         Frugal living suka bersedekah untuk berbagai kepada sesama, karena merasakan bagaimana rasanya menjadi orang susah. Sebaliknya, orang pelit tidak mau bersedekah karena takut uangnya berkurang.

2. Prinsip-Prinsip Frugal Living

Agar manfaat frugal living dalam mewujudkan Financial freedom dapat tercapai, ada beberapa prinsip yang harus Anda penuhi. Antara lain sebagai berikut.

·         Membeli barang-barang sesuai kebutuhan bukan keinginan. Anda harus benar-benar teliti ketika ingin membeli barang yang Anda butuhkan. Jika tidak penting, abaikan saja.

·         Menghindari pemborosan dengan tidak membeli barang-barang mewah dan tidak bernilai. Anda harus benar-benar harus dapat mempertimbangkan nilai dari setiap barang yang Anda beli.

·         Mencari alternatif yang lebih ekonomis tanpa mengorbankan kualitas. Seperti dengan membeli barang bermerek/berkualitas saat ada diskon.

·         Memperbaiki kebiasaan finansial, bukan hanya pengeluaran saja. Termasuk mengelola utang, menabung dan melakukan investasi dengan bijak.

·         Menjaga keseimbangan keuangan antara pendapatan dan pengeluaran. Seperti dengan membuat anggaran, melacak pengeluaran dan memastikan jika uang yang Anda keluarkan sudah sesuai dengan kemampuan finansial.

6 Manfaat Frugal Living

Selain dapat mewujudkan keuangan yang stabil atau Financial freedom. Ternyata frugal living juga banyak memberikan manfaat, antara lain berikut ini.

1.Kesadaran Finansial menjadi Lebih Baik

Manfaat frugal living yang pertama adalah dapat membangun kesadaran finansial seseorang menjadi lebih baik. Agar hidupnya lebih efisien, orang frugal living bersedia mempelajari cara-cara memaksimalkan fungsi uang. Demi kebermanfaatan yang lebih besar, seperti menabung, investasi, membangun gerakan sosial dan sebagainya.

2. Hidup Akan Lebih Tenang

Manfaat frugal living selanjutnya akan membuat seseorang hidup jauh lebih tenang. Prinsip frugal living adalah bersikap hemat, cermat dan bijak dalam memandang kehidupan. Sehingga tidak mudah tergoda membeli barang branded demi untuk memuaskan orang lain.

3. Manfaat Frugal Living Mewujudkan Financial Freedom

Hidup hemat dapat menciptakan dasar finansial atau keuangan yang kokoh. Dengan memahami konsep dasar keuangan, seperti pendapatan, pengeluaran dan dasar-dasar lainnya. Maka orang yang menerapkan frugal living dapat mencapai keuangan yang stabil atau Financial freedom.

4. Peningkatan Pengelolaan Anggaran

Manfaat frugal living lainnya secara tidak langsung dapat mengajarkan seseorang untuk menyusun dan mengelola anggaran keuangan atau finansial. Sehingga dapat lebih cermat dalam mengelola anggaran yang ada.

5. Keseimbangan Hidup dan Pekerjaan

Hidup hemat tidak hanya berkaitan dengan keuangan, namun juga masalah pribadi dan pekerjaan. Ketika tidak tekanan dalam hal keuangan, maka akan menciptakan keseimbangan dalam hal lain, seperti pekerjaan.

6. Manfaat Frugal Living untuk Kesehatan Mental

Tidak dapat dipungkiri, jika uang dan mental sangat berkaitan. Bahkan, saat ini banyak kasus bunuh diri karena masalah keuangan. Karena seseorang dengan tekanan keuangan akan membuat kesehatan mental terganggu. Maka, dengan menerapkan frugal living akan mengajarkan seseorang hidup lebih sederhana. Dan akan membuat kesehatan mental lebih terjaga.

5 Tips Frugal Living

Setelah mengetahui pengertian, prinsip dan manfaat frugal living. Berikut ini adalah beberapa tips frugal living yang bisa Anda lakukan.

1.Makan untuk Hidup, Bukan untuk Gaya

Orang frugal living akan paham jika esensi makan adalah untuk bertahan hidup. Sehingga akan memilih makanan yang sehat dan mengonsumsinya dengan porsi yang cukup. Tidak memilih-milih makanan demi gengsi, nafsu dan gaya.

2. Rajin Menyusun Anggaran Keuangan

Menarapkan frugal living menuntut Anda untuk bijak dalam mengelola anggaran finansial atau keuangan. Maka, Anda harus rutin menyusun anggaran keuangan secara rutin beberapa waktu sekali.

3. Manfaat Frugal Living Menjaga Kesehatan Lebih Baik          

Orang yang menerapkan frugal living akan senantiasa menerapkan hidup sehat agar kualitas hidupnya tidak terganggu. Sehingga mereka akan menjaga kesehatan mereka sebaik-baiknya.

4. Belajar Naik Transportasi Umum

Tips menerapkan frugal living yang selanjutnya adalah dengan belajar menggunakan transportasi umum. Selain dapat menghemat bensin, Anda juga dapat berbaur dengan orang lain yang mungkin mempunyai kondisi ekonomi lebih rendah. Dengan begitu, Anda akan dapat belajar untuk lebih menghargai pendapatan. Dan lebih termotivasi untuk menerapkan gaya hidup frugal living.

5. Mengalokasikan Dana dengan Bijak

Tips frugal living selanjutnya adalah mengalokasikan dana dengan bijak. Anda harus tahu betul biaya ideal untuk kebutuhan sehari-hari, sel-reward atau hiburan dan juga menabung.

Demikian tadi pengertian, prinsip, berbagai tips menerapkan frugal living dan manfaat frugal living untuk mewujudkan Financial freedom. Dengan menerapkan frugal living, keuangan Anda akan stabil dan mapan. Hidup Anda pun akan lebih tenang dan bahagia.

Posting Komentar untuk "Inilah Manfaat Frugal Living untuk Mewujudkan Financial Freedom"