Widget HTML #1

Gratis! Begini Cara Cek Skor Kredit di SLIK OJK, Pengganti BI Checking

Bagaimana cara cek skor kredit di SLIK OJK? Saat ini banyak orang yang berbondong-bondong melakukan pengecekan mandiri pada BI Checking. Bagi yang sudah familiar dengan SID, pastinya sudah tahu jika BI Checking sudah berganti nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan atau SLIK. Dan SLIK ini merupakan sistem informasi yang pengelolaannya di bawah tanggung jawab OJK.

Adapun tujuan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) mengelola SLIK ini adalah untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pelayanan informasi keuangan. Yang salah satunya adalah menyediakan informasi debitur (Deb). Saat ini, SLIK telah memperluas cakupan iDeb yaitu lembaga keuangan dan lembaga pembiayaan (Finance). Dan juga lembaga keuangan non-bank yang mempunyai akses data debitur.

Bagi debitur yang ingin mengajukan pinjaman di lembaga keuangan atau perusahaan Leasing. Pasalnya, para debitur yang memiliki skor kredit buruk di SLIK OJK ini, sudah tidak dapat lagi mengajukan pinjaman di lembaga keuangan atau perusahaan leasing.

2 Cara Cek Skor Kredit SLK OJK, Bisa Online dan Offline

Banyak orang, khususnya anak muda yang ingin mengetahui cara cek skor kredit di SLIK OJK. Dan istilah SLIK OJK ini ramai usai OJK menyatakan banyak anak muda yang sulit mengajukan kredit. Bahkan, juga sulit mendapatkan pekerjaan, lantaran rusaknya skor kredit akibat Pinjol atau Pinjaman Onlinee dan Paylater. Dan semua informasi tersebut sudah tercatat dalam layanan SLIK.

SLIK merupakan sistem informasi yang dikelola oleh OJK untuk mendukung pelaksanaan tugas pengawasan dan layanan informasi di bidang keuangan. Dan database tersebut sangat berguna untuk menilai kualitas debitur. Dengan harapan penyediaan dana akan lebih aman dan juga untuk menghindari risiko kredit macet.

Dan yang paling menarik, Anda bisa mengakses layanan ini secara gratis tanpa ada pungutan biaya apa pun. Berikut ini adalah beberapa cara cek skor kredit di SLIK OJK yang mudah dan praktis.


1. Cara Cek Skor Kredit SLIK OJK Secara Online

Pertama adalah cara cek skor kredit SLIK OJK, pengganti BI Checking dengan cara Online. Untuk menggunakan metode yang satu ini, tentunya Anda membutuhkan smartphone dan juga kuota internet. Lalu, bagaimana caranya? Berikut ini langkah-langkahnya.

Langkah-langkah cek kredit secara Online yang pertama, silakan Anda buka browser di Hp Anda, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox dan lain-lain. Selanjutnya, kunjungi aman Wet https://idebku.ojk.go.id. Lalu, pada halaman utama iDebku OJK Anda klik “Pendaftaran”.

Kemudian, saat masuk ke platform Anda bisa mengecek ketersediaan layanan dengan mengisi seluruh kolom dan klik pilihan “Selanjutnya”. Lalu, isi beberapa informasi data diri untuk mengecek ketersediaan layanan. Seperti jenis informasi debitur (perorangan atau badan usaha), kewarganegaraan debitur. Dan juga jenis dan nomor identitas debitur.

Setelah semua data terisi, isi data diri lanjutan pada formulir registrasi SLIK OJK. Selanjutnya, unggah dokumen persyaratan yang dibutuhkan antara lain adalah dokumen bagi debitur perorangan: Foto/Scan KTP asli untuk Warga Negara Indonesia (WNI). Foto/Scan paspor asli untuk Warga Negara Asing (WNA). Dan bagi debitur yang meninggal dunia, pihak keluarga bisa ajukan foto/Scan asli Surat Kematian atau Surat Ahli Waris.

Dokumen bagi debitur badan usaha: Foto/Scan identitas asli dari pengurus (KTP untuk WNI dan paspor untuk WNA). Foto/Scan NPWP badan usaha, foto/Scan akta pendirian badan usaha, foto/Scan dokumen anggaran dasar terakhir yang memuat susunan dan kewenangan pengurus.

Setelah mengunggah dokumen, selanjutnya Anda harus mengunggah foto diri sesuai instruksi yang berlaku. Selanjutnya, checklist pernyataan kebenaran data dan klik pilihan “ajukan permohonan”. Jika pendaftaran berhasil, Anda akan menerima email dari OJK yang memuat informasi nomor pendaftaran.

Selanjutnya, Anda dapat melakukan pengecekan status permohonan pada menu “Status Layanan”. Dengan mengisi nomor pendaftaran. Kemudian, OJK akan memproses permohonan iDeb dan mengirimkan hasil iDeb melalui email. Paling lambat 1 hari kerja setelah pendaftaran.

2. Cara Cek Skor Kredit SLIK OJK secara Offline

Selain Online, cara cek skor kredit SLIK OJK juga bisa Anda lakukan secara offline. Jika Anda mempunyai banyak waktu, Anda bisa datang langsung ke kantor OJK terdekat. Tentunya dengan membawa berbagai dokumen persyaratan dan dokumen pendukung lainnya. Bagi debitur perseorangan: Fotokopi identitas diri dengan menunjukkan identitas asli berupa KTP untuk Warga Negara Indonesia (WNI).

Dan paspor asli untuk Warga negara Asing (WNA). Jika dalam hal otorisasi, bawalah surat kuasa. Untuk debitur yang telah meninggal dunia, pihak keluarga dapat menunjukkan fotokopi identitas diri. Dengan menunjukkan identitas diri asli berupa identitas ahli waris (KTP untuk WNI dan paspor untuk WNA). Dokumen asli yang menerangkan kematian debitur dari pihak yang berwenang.

 Dan dokumen yang menunjukkan hubungan anggota keluarga/ahli waris. Bagi debitur badan usaha, membawa fotokopi identitas badan usaha dan identitas pengurus. Dengan menunjukkan identitas asli badan usaha berupa: NPWP, akta pendirian perusahaan, perubahan anggaran dasar terakhir. Dalam hal otorisasi, silakan bawa surat kuasa.

Nantinya OJK akan melakukan pengecekan kesesuaian formulir dokumen pendukung. Jika sudah sesuai dengan persyaratan, OJK akan melakukan pengiriman data informasi debitur. Dan pengiriman hasilnya adalah ke alamat email yang sudah Anda daftarkan sebelumnya.

3. Hal-hal yang Harus Diketahui Pemohon SLIK OJK

Setelah mengetahui cara daftar skor kredit di SLIK OJK, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diketahui tentang SLIK OJK.  Pertama, gratis baik individu atau badan usaha yang menggunakan jasa layanan SLIK OJK ini 100% gratis, tanpa pungutan biaya. Maka, waspada dan berhati-hati pada oknum yang meminta pungutan biaya.

Kedua cepat, cara cek skor kredit di SLIK OJK ini sangat cepat. Keseluruhan proses layanan SLIK ini hanya membutuhkan waktu 15 menit (untuk pencetakan dan penjelasan iDeb). Sebaiknya tidak diwakilkan, untuk menjaga kerahasiaan pribadi data Anda, sebaiknya Anda tidak mewakilkannya kepada pihak lain.

Namun, jika Anda benar-benar tidak dapat mengambil hasil datanya sendiri, Anda bisa mewakilkannya kepada pihak lain. Dengan memberikan surat kuasa bermaterai 6000, KTP asli debitur dan KTP asli penerima kuasa. Membawa kartu identitas asli, selama melakukan proses layanan SLIK OJK, Anda harus menyiapkan identitas asli.

Yakni berupa KTP asli untuk WNI, paspor asli untuk WNA, untuk debitur perseorangan. Sedangkan untuk debitur badan usaha wajib membawa fotokopi identitas badan usaha dan identitas pengurus. Dengan menunjukkan identitas asli pengurus dan identitas asli badan usaha.

Demikian tadi beberapa cara cek skor kredit di SLIK OJK, sebagai pengganti BI Checking yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan gratis. Untuk menghindari skor kredit buruk SLIK, maka sebisa mungkin Anda menghindari pinjaman Online atau Pinjol. Agar ketika Anda mengajukan kredit pada lembaga keuangan atau Leasing prosesnya dapat berjalan lancar dan cepat.

Posting Komentar untuk "Gratis! Begini Cara Cek Skor Kredit di SLIK OJK, Pengganti BI Checking"