Widget HTML #1

8 Tips Menabung di Bank yang Aman, Efektif dan Menguntungkan

Berikut ini ada beberapa tips menabung di bank yang aman, efektif dan juga menguntungkan bagi para nasabah. Seperti yang Anda tahu jika sekarang ini banyak kasus pembobolan dana nasabah di bank. Seperti salah satu contohnya adalah hilangnya dana nasabah bank BCA Surabaya. Tak tanggung-tanggung dana nasabah tersebut hilang hingga Rp 345 juta dari rekening tabungan.

Miris sekali bukan? Karena bank tempat yang kita anggap paling aman sebagai tempat menyimpan uang bisa kebobolan. Hal ini bisa terjadi karena semakin cerdasnya otaknya manusia memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini. Namun, ini bukanlah sebuah hambatan atau alasan untuk kita tidak menabung di bank. Karena sebenarnya menabung di bank juga memberikan banyak keuntungan.

Dengan memperhatikan beberapa tips menabung di bank yang benar, maka uang kita akan dijamin aman. Menabung di bank saat ini juga sangat afektif, bahkan saat ini Anda sudah bisa melakukannya secara Online. Dengan hanya membuat aplikasi perbankan digital, Anda bisa membuka rekening dan langsung menabung melalui aplikasi tanpa perlu datang ke kantor cabang.

Tips Menabung di Bank yang Aman dan Menguntungkan



Dengan menerapkan beberapa tips menabung di bank yang benar, maka uang Anda dijamin aman. Menabung merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Dengan menabung, Anda bisa menahan ego Anda untuk tidak berfoya-foya menggunakan uang Anda untuk keperluan yang tidak penting.

Dan ini juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menghemat pengeluaran Anda. Lalu, apa saja tips menabung di bank yang aman, efektif dan juga menguntungkan. Berikut ini penjelasannya.

1.Tentukan Tujuan Menabung

Tips menabung di bank yang pertama adalah, tentukan tujuan menabung. Hal ini bertujuan agar Anda semakin termotivasi untuk mengumpulkan uang. Sehingga, Anda tidak akan tergiur oleh keinginan lain dan semakin bersemangat untuk mewujudkan tujuan Anda.

2. Pilih Bank yang Paling Menguntungkan

Tips selanjutnya adalah dengan memilih bank yang paling menguntungkan. Salah satunya adalah dengan memilih bank yang bebas biaya administrasi atau bank yang menyediakan suku bunga tabungan tinggi. Meskipun biaya administrasi tidak seberapa, namun jika dipotong setiap bulan tentu akan mengurangi saldo tabungan Anda.

3. Tips Menabung di Bank dengan Rutin Cek Saldo Tabungan

Tips menabung di bank agar tidak kebobolan adalah dengan rutin mengecek saldo tabungan Anda. Untuk memudahkannya, Anda bisa membuat layanan Mobile atau Internet Banking. Selain bisa memantau saldo rekening Anda setiap saat, dengan Mobile Banking Anda dapat memeriksa transaksi finansial Anda langsung dari Hp.

Jika Anda transaksi janggal, mencurigakan, kesalahan atau perbedaan segera lapor ke bank untuk mencari penjelasan dan jalan penyelesaiannya.

4. Pilih Bank Terpercaya

Untuk memastikan keamanan uang Anda, carilah bank tepercaya yaitu bank yang mempunyai kredibilitas baik. Dan rekam jejaknya bersih, misalnya tidak ada kasus pembobolan dana nasabah. Pastikan juga Anda memilih bank yang sudah tercatat sebagai bank peserta penjamin LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Sebab jika bank bangkrut, tabungan Anda akan diganti LPS.

5. Buat Rekening Terpisah dan Pakai Autodebet



Tips menabung di bank agar efektif dan menguntungkan adalah dengan memisahkan rekening tabungan Anda. Jangan campur uang kebutuhan sehari-hari Anda dengan uang tabungan dalam satu rekening. Hal ini menghindari agar Anda tidak kalap menggunakan uang tabungan Anda untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda.

Setelah rekening terpisah, cara selanjutnya adalah gunakan fitur autodebet. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu khawatir lagi uang tabungan Anda akan terpakai. Karena secara otomatis uang untuk tabungan Anda akan terpotong dari rekening sesuai dengan nominal dan waktu yang ditentukan.

6. Gunakan PIN Berbeda dan Sulit Ditebak

Tips menabung di bank agar tetap aman selanjutnya adalah dengan menggunakan PIN yang berbeda untuk setiap akun keuangan Anda. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi kebobolan pada satu akun keuangan Anda, akun yang lain masih aman. Selain itu, buatlah PIN yang susah ditebak, jangan gunakan PIN tanggal lahir. Anda bisa mencatatnya dan menyimpannya dengan rapi agar tidak lupa.

7. Simpan Buku Tabungan dan Kartu ATM dengan Aman

Setiap kali nasabah membuka rekening tabungan, pasti akan mendapat buku tabungan dan kartu debit atau ATM. Maka simpan keduanya dengan baik di tempat yang aman, jangan sampai jatuh ke tangan orang lain dan di salah gunakan. Selain itu, jangan mudah percaya kepada orang lain sekalipun teman dekat atau kepercayaan Anda. Apalagi sampai memberitahu mereka PIN ATM Anda.

8. Tambah Saldo Tabungan Anda

Tips menabung di bank yang menguntungkan selanjutnya adalah dengan menambah saldo rekening tabungan Anda. Setelah memilih bank yang memiliki suku bunga paling besar, maka untuk menambah cuan Anda, pastikan Anda menambah saldo rekening tabungan Anda. Semakin besar Anda menambah saldo tabungan Anda, maka semakin besar juga keuntungan yang Anda dapatkan.

Dan semakin banyak juga suku bunga dari tabungan Anda. Bahkan, jika perlu Anda bisa mendepositokan uang Anda untuk beberapa bulan atau beberapa tahun. Dengan begitu, uang tabungan Anda akan semakin bertambah, dan Anda masih tetap bisa menikmati bunganya setiap bulan.

Demikian tadi 8 tips menabung di bank yang aman, efektif dan menguntungkan. Dengan menerapkan seluruh tips di atas, maka uang Anda dijamin aman di bank. Selain aman, Anda juga akan mendapatkan banyak keuntungan dari saldo tabungan Anda.

 

Posting Komentar untuk "8 Tips Menabung di Bank yang Aman, Efektif dan Menguntungkan"