Pemasaran Langsung dan Tidak Langsung, Ini Dia Kelebihannya!
Dalam sebuah pemasaran produk, ada yang namanya pemasaran langsung dan pemasaran tidak langsung. Semuanya merupakan cara dan strategi marketing yang perlu Anda pelajar. Apalagi kalau Anda masuk dalam ranah bisnis. Dalam sebuah bisnis pastinya ada sebuah produk yang akan di jual, ini baik berupa produk fisik dan produk jasa.
Produk sendiri juga ada produk fisik dan produk digital,
keduanya memang mempunyai tingkat pemasaran yang berbeda. Namun sebaiknya Anda pelajar
lebih dulu mengenai pemasaran langsung dan tidak langsung. Jangan sampai salah
menentukan strategi dalam pemasaran, bisa saja produk yang Anda pasarkan tidak
ada peminatnya jika sampai salah jalan dalam pemasaran.
Pemasaran sejatinya sekarang ini lebih ke arah modern dan
lebih menggunakan media sosial dan internet. Atau bahkan menggunakan bantuan
mengenai platform jual beli, platform toko Online dan beberapa platform lain.
Apa itu Pemasaran Langsung dan Tidak Langsung?
Pemasaran langsung atau direct marketing merupakan salah
satu cara untuk memasarkan produk secara langsung ke tangan konsumen. Dan
pelanggan sejatinya akan lebih di pengaruhi oleh para pembuat produk, namun
jika target mereka tepat dan pelanggan memang sedang membutuhkan.
Sementara kalau pemasaran tidak langsung ini tidak akan
terlihat secara jelas oleh para pelanggan. Penjual bisa bersembunyi dalam
bidang tertentu. Bahkan tak terlihat sama sekali kalau ia merupakan pembuat
produk itu sendiri.
Secara konsep memang berbeda bukan? Dan ini jangan salah
mengambil strategi dalam pemasaran. Tentu ada produk baik barang dan jasa yang
cocok dengan pemasaran langsung dan ada yang kurang cocok juga menggunakan cara
ini. Dan begitu pun sebaliknya mengenai pemasaran tidak langsung.
Kelebihan dari Pemasaran Langsung dan Tidak Langsung
Kalau dari beberapa rincian yang kami kumpulkan dari
beberapa sumber. Pemasaran langsung memang identik dengan dirinya yang menjual
produk sendiri. Kemudian pada target juga akan langsung pada pelanggan, ini
baik offline dan Online. Misalnya saja kalau pada langkah offline, penjual
produk akan langsung menggunakan langkah untuk masuk ke dalam pelanggan. Mulai
dari masuk dari rumah ke rumah, kemudian menawarkan produk secara langsung
kepada yang membutuhkan.
Sedangkan kalau menggunakan pemasaran tidak langsung, Anda
harus membuat sebuah circle tersendiri, di mana circle tersebut yang akan masuk
ke ranah pelanggan. Bahkan dari Anda sendiri juga tidak terlihat jelas sebagai
penjual. Dan ini biasanya dilakukan oleh para supliyer dalam beberapa aspek
bisnis.
Mereka hanya membuat produk saja, dan yang bertugas untuk
memasarkan produk mereka memang sudah ada. Baik dalam memperkerjakan, atau
dalam hal menggunakan sistem bagi hasil keuntungan penjualan.
Teknik Pemasaran Agar Menjangkau Seluruh Wilayah di Era Sekarang Ini
Untuk menjangkau berbagai wilayah di era sekarang ini memang
bisa menggunakan beberapa langkah. Mulai dari menggunakan era teknologi, yang
pasti teknologi internet dan terbarukan ini jangan sampai Anda tinggalkan.
Kebanyakan sebuah perusahaan dan penyedia produk akan
membuat akun official mengenai produk dan Brand yang sedang mereka buat. Ini
tujuannya jelas untuk menggapit berbagai penggemar atau bahkan pengguna media
sosial. Kemudian juga ada halaman langsing Paget yang sederhana dan akan
membahas kelebihan dan keuntungan jika memakai produk mereka.
Anda bisa menggunakan akun media sosial, kemudian halaman langsing
Page. Semakin banyak pengikut dalam media sosial, Anda akan membuat sebuah
circle yang bagus untuk melakukan pemasaran pada produk terkait.
Untuk tips digital marketing, yang terpenting memang
menggunakan media sosial. Apalagi pengguna media sosial sekarang ini mencapai
puncak para pengguna. Walaupun media sosial ini juga ada banyak platform. Anda
bisa memilih jenis mana yang cocok untuk mempromosikan produk Anda. Apalagi
terkait dengan review produk dan video pendek.
Short video mendapatkan minat yang cukup bagus di hati para
pengguna ponsel, ini terlihat dari beberapa unduhan dari aplikasi platform
video pendek yang memang sudah meningkat sampai puluhan juta.
Buat produk video pendek, kemudian viralkan menggunakan
media sosial. Ini kalau menggunakan pemasaran langsung di era sekarang ini.
Namun kalau menggunakan pemasaran yang tidak langsung, Anda bisa menggunakan
aktor lain untuk mempromosikan produk Anda. Namun ini butuh biaya yang lebih
mahal.
Kesimpulan
Mengenai pemasaran langsung dan tidak langsung, semua
memiliki kelebihan dan kekurangannya asing-masing. Namun dalam hal marketing
dan menjalankan pemasaran, jelas sebuah langkah dan strategi jangan sampai
salah. Ini akan mengenalkan sebuah produk dan jasa Anda ke masyarakat, apalagi
jika ingin menargetkan pengguna secara akurat.
Minta juga review untuk beberapa pengguna yang sudah
menggunakan produk dan jasa dari Anda. Terlebih lagi, Anda bisa memberikan
reward pada mereka yang juga mempromosikan produk Anda. Atau bisa juga
menggunakan konsep reseller dan afiliasi, ini bisa lebih mudah lagi. Anda
tinggal menyediakan produk, dan kemudian ada orang lain yang akan
memasarkannya. Sistem afiliasi ini juga di gunakan oleh beberapa Market Place yang
sudah besar. Dan ini memang bisa membesarkan sebuah produk dan brand atau merek
dalam waktu yang cukup singkat.
Posting Komentar untuk "Pemasaran Langsung dan Tidak Langsung, Ini Dia Kelebihannya!"
Posting Komentar
Silahkan sampaikan tanggapan, kritik dan saran Anda. Tuangkan dalam kolom Komentar.
Terima kasih.