Widget HTML #1

Pemasaran Langsung dan Tidak Langsung, Ini Dia Kelebihannya!

Dalam sebuah pemasaran produk, ada yang namanya pemasaran langsung dan pemasaran tidak langsung. Semuanya merupakan cara dan strategi marketing yang perlu Anda pelajar. Apalagi kalau Anda masuk dalam ranah bisnis. Dalam sebuah bisnis pastinya ada sebuah produk yang akan di jual, ini baik berupa produk fisik dan produk jasa.

Produk sendiri juga ada produk fisik dan produk digital, keduanya memang mempunyai tingkat pemasaran yang berbeda. Namun sebaiknya Anda pelajar lebih dulu mengenai pemasaran langsung dan tidak langsung. Jangan sampai salah menentukan strategi dalam pemasaran, bisa saja produk yang Anda pasarkan tidak ada peminatnya jika sampai salah jalan dalam pemasaran.

Pemasaran sejatinya sekarang ini lebih ke arah modern dan lebih menggunakan media sosial dan internet. Atau bahkan menggunakan bantuan mengenai platform jual beli, platform toko Online dan beberapa platform lain.

Apa itu Pemasaran Langsung dan Tidak Langsung?



Pemasaran langsung atau direct marketing merupakan salah satu cara untuk memasarkan produk secara langsung ke tangan konsumen. Dan pelanggan sejatinya akan lebih di pengaruhi oleh para pembuat produk, namun jika target mereka tepat dan pelanggan memang sedang membutuhkan.

Sementara kalau pemasaran tidak langsung ini tidak akan terlihat secara jelas oleh para pelanggan. Penjual bisa bersembunyi dalam bidang tertentu. Bahkan tak terlihat sama sekali kalau ia merupakan pembuat produk itu sendiri.

Secara konsep memang berbeda bukan? Dan ini jangan salah mengambil strategi dalam pemasaran. Tentu ada produk baik barang dan jasa yang cocok dengan pemasaran langsung dan ada yang kurang cocok juga menggunakan cara ini. Dan begitu pun sebaliknya mengenai pemasaran tidak langsung.

Kelebihan dari Pemasaran Langsung dan Tidak Langsung


Kalau dari beberapa rincian yang kami kumpulkan dari beberapa sumber. Pemasaran langsung memang identik dengan dirinya yang menjual produk sendiri. Kemudian pada target juga akan langsung pada pelanggan, ini baik offline dan Online. Misalnya saja kalau pada langkah offline, penjual produk akan langsung menggunakan langkah untuk masuk ke dalam pelanggan. Mulai dari masuk dari rumah ke rumah, kemudian menawarkan produk secara langsung kepada yang membutuhkan.

Sedangkan kalau menggunakan pemasaran tidak langsung, Anda harus membuat sebuah circle tersendiri, di mana circle tersebut yang akan masuk ke ranah pelanggan. Bahkan dari Anda sendiri juga tidak terlihat jelas sebagai penjual. Dan ini biasanya dilakukan oleh para supliyer dalam beberapa aspek bisnis.

Mereka hanya membuat produk saja, dan yang bertugas untuk memasarkan produk mereka memang sudah ada. Baik dalam memperkerjakan, atau dalam hal menggunakan sistem bagi hasil keuntungan penjualan.

Teknik Pemasaran Agar Menjangkau Seluruh Wilayah di Era Sekarang Ini

Untuk menjangkau berbagai wilayah di era sekarang ini memang bisa menggunakan beberapa langkah. Mulai dari menggunakan era teknologi, yang pasti teknologi internet dan terbarukan ini jangan sampai Anda tinggalkan.

Kebanyakan sebuah perusahaan dan penyedia produk akan membuat akun official mengenai produk dan Brand yang sedang mereka buat. Ini tujuannya jelas untuk menggapit berbagai penggemar atau bahkan pengguna media sosial. Kemudian juga ada halaman langsing Paget yang sederhana dan akan membahas kelebihan dan keuntungan jika memakai produk mereka.

Anda bisa menggunakan akun media sosial, kemudian halaman langsing Page. Semakin banyak pengikut dalam media sosial, Anda akan membuat sebuah circle yang bagus untuk melakukan pemasaran pada produk terkait.

Untuk tips digital marketing, yang terpenting memang menggunakan media sosial. Apalagi pengguna media sosial sekarang ini mencapai puncak para pengguna. Walaupun media sosial ini juga ada banyak platform. Anda bisa memilih jenis mana yang cocok untuk mempromosikan produk Anda. Apalagi terkait dengan review produk dan video pendek.

Short video mendapatkan minat yang cukup bagus di hati para pengguna ponsel, ini terlihat dari beberapa unduhan dari aplikasi platform video pendek yang memang sudah meningkat sampai puluhan juta.

Buat produk video pendek, kemudian viralkan menggunakan media sosial. Ini kalau menggunakan pemasaran langsung di era sekarang ini. Namun kalau menggunakan pemasaran yang tidak langsung, Anda bisa menggunakan aktor lain untuk mempromosikan produk Anda. Namun ini butuh biaya yang lebih mahal.

Kesimpulan

Mengenai pemasaran langsung dan tidak langsung, semua memiliki kelebihan dan kekurangannya asing-masing. Namun dalam hal marketing dan menjalankan pemasaran, jelas sebuah langkah dan strategi jangan sampai salah. Ini akan mengenalkan sebuah produk dan jasa Anda ke masyarakat, apalagi jika ingin menargetkan pengguna secara akurat.

Minta juga review untuk beberapa pengguna yang sudah menggunakan produk dan jasa dari Anda. Terlebih lagi, Anda bisa memberikan reward pada mereka yang juga mempromosikan produk Anda. Atau bisa juga menggunakan konsep reseller dan afiliasi, ini bisa lebih mudah lagi. Anda tinggal menyediakan produk, dan kemudian ada orang lain yang akan memasarkannya. Sistem afiliasi ini juga di gunakan oleh beberapa Market Place yang sudah besar. Dan ini memang bisa membesarkan sebuah produk dan brand atau merek dalam waktu yang cukup singkat.

Posting Komentar untuk "Pemasaran Langsung dan Tidak Langsung, Ini Dia Kelebihannya!"