Direct Marketing : Pengertian, Jenis dan Keuntungannya!
Dalam dunia marketing, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apalagi sekarang ini juga mengarah menggunakan era digital dan internet. Terutama optimasi pada media sosial dan mesin pencari. Orang lebih cenderung mencari barang dan jasa menggunakan internet. Kali ini kita akan bahas mengenai direct marketing, di mana langkah ini juga memegang peranan penting dalam dunia internet marketer.
Apa itu Direct Marketing?
Direct Marketing adalah sebuah langkah untuk melakukan
pemasaran secara langsung menggunakan beberapa hal pendekatan dengan pelanggan
secara murni. Kalau di artikan secara bahasa, Direct Marketing mempunyai arti
pemasaran langsung. Jadi tidak ada perantara baik menggunakan Market Place dan
platform yang sedang berlangsung.
Kalau secara penelitian, Direct Marketing ini juga sudah
terbukti secara langsung bisa menarik banyak pelanggan dan ketemu langsung
dengan pelanggan walaupun secara acak. Daripada menggunakan cara iklan
konvensional, yang agak susah bersaing di era jaman sekarang ini. Apalagi dengan
adanya banyak perkembangan teknologi, yang semua juga mudah dalam genggaman dan
semua orang bisa mempunyai barang dan jasa hanya dari rumah saja.
Secara karakteristik, memang Direct Marketing mempunyai ciri
tersendiri. Misalnya saja hanya beberapa pelanggan khusus saja yang bisa
menikmati dan mendapatkan informasi baru. Kemudian dari informasi yang ada,
jelas bisa di ubah dan disesuaikan dengan pelanggan. Jadi bisa sesuai dengan
era dan jaman serta pelanggan yang akan ditargetkan.
Sementara informasi seputar produk juga dikemas agar menarik
bagi pelanggan, dan informasi produk sangat bisa di targetkan pada pelanggan
khusus.
Jenis Direct Marketing
Ada beberapa langkah dan jenis dari Direct Marketing ini.
Mulai dari telemarketing sampai dengan Online marketing, semua bisa
menyesuaikan dengan produk dan jasa yang anda kembangkan. Berikut penjelasan
ringkasnya.
Telemarketing
Cara ini juga banyak digunakan para penyedia produk dan
jasa. Salah satunya produk fisik dan jasa rental. Bagi pelanggan baru pastinya
dalam membeli produk barang dan jasa, anda pernah di mintai dengan nomor
telepon. Pastinya ini sudah pernah anda alami, kemudian dalam beberapa hari
nantinya akan ada yang menghubungi dari penyedia produk dan jasa tersebut untuk
memberikan informasi adanya diskon, promo dan potongan harga menarik.
Ini di lakukan untuk menemukan pelanggan tetap dan pelanggan
baru dengan menyiapkan semua nomor telepon yang bisa di hubungi secara massal.
Dengan demikian, informasi mengenai pelanggan juga akan mendapatkan hal baru
secara eksklusif.
Email Marketing
Sama dengan telemarketing, namun bedanya ini menggunakan
email. Biasanya memang kalau yang demikian merupakan produk digital, sehingga
mudah bagi para penyedia layanan untuk melakukan pengiriman pesan secara massal.
Media Sosial
Menggunakan media sosial baik menggunakan halaman khusus,
atau menggunakan halaman tersendiri, akun tersendiri pada nama produk terkait
memang sangat diperlukan. Jadi semua pengguna di media sosial yang tertarik
dengan produk Anda bisa langsung masuk dan tahu atau dengan mudah menemukan
produk Anda.
Direct Selling
Ini dilakukan dengan langkah offline, dan biasanya akan
langsung masuk ke dalam rumah konsumen. Walaupun konvensional, tapi kalau di
data dan ditargetkan dulu, closing akan lebih cepat dan mudah menggunakan klien
dan target marketing yang pas.
Online Marketing
Anda bisa menggunakan beberapa fasilitas, misalnya saja
website, halaman landing page, bio Link dan sebagainya. Ada beberapa platform
juga yang pas untuk menawarkan jasa maupun produk mulai dari Linkedin dan
Shopee. Semua tergantung jenis barang atau jasa yang akan Anda pasarkan.
Keuntungan Direct Marketing
Ada beberapa keuntungan memang menggunakan langkah Direct
Marketing ini. Mulai dari keuntungan bisa menjangkau pelanggan yang tertarget.
Dari jenis Direct Marketing yang sudah kami kemukakan di atas, tentu bisa
disesuaikan dengan produk dan barang jasa Anda. Cari yang pas, jika produk Anda
digital, Anda bisa menggunakan langkah digital. Sedangkan jika berupa offline
dan berupa barang, Anda bisa menggunakan cara offline dan konvensional. Ini
bisa memberikan kemudahan bagi Anda untuk mendapatkan banyak pelanggan dari
luar daerah.
Keuntungan mendapatkan pelanggan baru juga tidak hanya
seputar pelanggan lokal saja, namun juga pada pelanggan yang datang dari luar
daerah. Sehingga bisa memberikan banyak keuntungan pada perjalanan bisnis Anda.
Dalam perjalanan langkah menggunakan Direct Marketing, Anda
bisa lebih menghemat biaya. Sehingga tidak membuang biaya iklan yang bahkan
tidak efektif. Sehingga pengeluaran anggaran iklan dan anggaran lain bisa di
sesuaikan dengan produk dan pemasukan dari hasil yang Anda dapatkan.
Posting Komentar untuk "Direct Marketing : Pengertian, Jenis dan Keuntungannya!"
Posting Komentar
Silahkan sampaikan tanggapan, kritik dan saran Anda. Tuangkan dalam kolom Komentar.
Terima kasih.