Widget HTML #1

Direct Marketing : Pengertian, Jenis dan Keuntungannya!

Dalam dunia marketing, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apalagi sekarang ini juga mengarah menggunakan era digital dan internet. Terutama optimasi pada media sosial dan mesin pencari. Orang lebih cenderung mencari barang dan jasa menggunakan internet. Kali ini kita akan bahas mengenai direct marketing, di mana langkah ini juga memegang peranan penting dalam dunia internet marketer.

Apa itu Direct Marketing?



Direct Marketing adalah sebuah langkah untuk melakukan pemasaran secara langsung menggunakan beberapa hal pendekatan dengan pelanggan secara murni. Kalau di artikan secara bahasa, Direct Marketing mempunyai arti pemasaran langsung. Jadi tidak ada perantara baik menggunakan Market Place dan platform yang sedang berlangsung.

Kalau secara penelitian, Direct Marketing ini juga sudah terbukti secara langsung bisa menarik banyak pelanggan dan ketemu langsung dengan pelanggan walaupun secara acak. Daripada menggunakan cara iklan konvensional, yang agak susah bersaing di era jaman sekarang ini. Apalagi dengan adanya banyak perkembangan teknologi, yang semua juga mudah dalam genggaman dan semua orang bisa mempunyai barang dan jasa hanya dari rumah saja.

Secara karakteristik, memang Direct Marketing mempunyai ciri tersendiri. Misalnya saja hanya beberapa pelanggan khusus saja yang bisa menikmati dan mendapatkan informasi baru. Kemudian dari informasi yang ada, jelas bisa di ubah dan disesuaikan dengan pelanggan. Jadi bisa sesuai dengan era dan jaman serta pelanggan yang akan ditargetkan.

Sementara informasi seputar produk juga dikemas agar menarik bagi pelanggan, dan informasi produk sangat bisa di targetkan pada pelanggan khusus.

Jenis Direct Marketing



Ada beberapa langkah dan jenis dari Direct Marketing ini. Mulai dari telemarketing sampai dengan Online marketing, semua bisa menyesuaikan dengan produk dan jasa yang anda kembangkan. Berikut penjelasan ringkasnya.

Telemarketing

Cara ini juga banyak digunakan para penyedia produk dan jasa. Salah satunya produk fisik dan jasa rental. Bagi pelanggan baru pastinya dalam membeli produk barang dan jasa, anda pernah di mintai dengan nomor telepon. Pastinya ini sudah pernah anda alami, kemudian dalam beberapa hari nantinya akan ada yang menghubungi dari penyedia produk dan jasa tersebut untuk memberikan informasi adanya diskon, promo dan potongan harga menarik.

Ini di lakukan untuk menemukan pelanggan tetap dan pelanggan baru dengan menyiapkan semua nomor telepon yang bisa di hubungi secara massal. Dengan demikian, informasi mengenai pelanggan juga akan mendapatkan hal baru secara eksklusif.

Email Marketing

Sama dengan telemarketing, namun bedanya ini menggunakan email. Biasanya memang kalau yang demikian merupakan produk digital, sehingga mudah bagi para penyedia layanan untuk melakukan pengiriman pesan secara massal.

Media Sosial

Menggunakan media sosial baik menggunakan halaman khusus, atau menggunakan halaman tersendiri, akun tersendiri pada nama produk terkait memang sangat diperlukan. Jadi semua pengguna di media sosial yang tertarik dengan produk Anda bisa langsung masuk dan tahu atau dengan mudah menemukan produk Anda.

Direct Selling

Ini dilakukan dengan langkah offline, dan biasanya akan langsung masuk ke dalam rumah konsumen. Walaupun konvensional, tapi kalau di data dan ditargetkan dulu, closing akan lebih cepat dan mudah menggunakan klien dan target marketing yang pas.

Online Marketing

Anda bisa menggunakan beberapa fasilitas, misalnya saja website, halaman landing page, bio Link dan sebagainya. Ada beberapa platform juga yang pas untuk menawarkan jasa maupun produk mulai dari Linkedin dan Shopee. Semua tergantung jenis barang atau jasa yang akan Anda pasarkan.

Keuntungan Direct Marketing



Ada beberapa keuntungan memang menggunakan langkah Direct Marketing ini. Mulai dari keuntungan bisa menjangkau pelanggan yang tertarget. Dari jenis Direct Marketing yang sudah kami kemukakan di atas, tentu bisa disesuaikan dengan produk dan barang jasa Anda. Cari yang pas, jika produk Anda digital, Anda bisa menggunakan langkah digital. Sedangkan jika berupa offline dan berupa barang, Anda bisa menggunakan cara offline dan konvensional. Ini bisa memberikan kemudahan bagi Anda untuk mendapatkan banyak pelanggan dari luar daerah.

Keuntungan mendapatkan pelanggan baru juga tidak hanya seputar pelanggan lokal saja, namun juga pada pelanggan yang datang dari luar daerah. Sehingga bisa memberikan banyak keuntungan pada perjalanan bisnis Anda.

Dalam perjalanan langkah menggunakan Direct Marketing, Anda bisa lebih menghemat biaya. Sehingga tidak membuang biaya iklan yang bahkan tidak efektif. Sehingga pengeluaran anggaran iklan dan anggaran lain bisa di sesuaikan dengan produk dan pemasukan dari hasil yang Anda dapatkan.

Posting Komentar untuk "Direct Marketing : Pengertian, Jenis dan Keuntungannya!"