Widget HTML #1

Cara Membuat Kelompok Tani dan Ternak yang Diakui Dinas

Dalam kehidupan bermasyarakat pastinya Anda telah melihat beberapa jenis kelompok terkait dengan peternakan, perikanan, dan juga terkait dengan serikat dagang. Ini biasanya merupakan konsep kerja sama antar beberapa orang dengan kultur dan keinginan yang sama. Atau memang karena beberapa tujuan hidup yang sama dan bermata pencaharian yang sama. Untuk melegalkan sebuah kelompok himpunan di masyarakat agar juga bisa di akui oleh pemerintah desa dan pemerintah daerah melalui dinas terkait, Anda bisa mendaftarkan kelompok Anda ke dinas terkait. Namun jika Anda belum tahu cara membuat kelompok secara mandiri, Anda bisa kontak ke orang terdekat dan belajar lebih dulu cara membuat kelompok tani dan ternak.

Cara Membuat Kelompok Tani dan Ternak yang Diakui Dinas



Untuk membuat sebuah kelompok yang diakui pada dinas terkait, Anda harus membuat perkumpulan kelompok tersebut lebih rinci dan legal. Bukan hanya sekedar berkumpul saja, namun Anda dan kelompok Anda akan diakui baik dalam tingkat desa, kemudian sampai ke dinas terkait yang sesuai dengan kelompok Anda.

Banyak yang masih belum mengetahui mengenai hal ini. Ada juga yang hanya mengandalkan berbagai bantuan dari partai politik maupun organisasi saja ketika membuat sebuah kelompok usaha. Padahal sejatinya tidak hanya demikian. Namun ada berbagai hal yang lain juga. Misalnya terkait dengan penyuluhan dan pendampingan sebuah kelompok oleh dinas terkait. Sehingga apa yang sedang dikerjakan bisa sesuai dengan  prosedur dan juga tingkat keberhasilannya akan lebih baik lagi. 

Memang pada sebuah kelompok yang sudah mempunyai izin dan adanya catatan dalam dinas terkait, tentu akan lebih mudah mendapatkan permodalan. Apalagi bantuan dan dukungan dari organisasi maupun berbagai pihak yang berkaitan langsung dan sesuai dengan usaha kelompok Anda.

Dalam hal ini, jelas pendampingan bisa saja pada tingkat penyuluhan dan pendidikan, kemudian juga bisa dalam hal legalitas untuk memberikan rekomendasi permodalan maupun dalam hal pemasaran.

Syarat dan Alur Membuat Kelompok Pertanian dan Peternakan Agar Diakui Dinas Terkait

Ada beberapa syarat tentunya agar kelompok Anda bisa dengan mudah masuk ke dalam data pada dinas terkait. Misalnya saja mengenai perikanan dan peternakan. Tentu ini akan tercatat pada dinas peterikan maupun yang sesuai dengan bidangnya. Kemudian ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan agar bisa lolos mendapatkan SK dan surat legalitas terkait dengan kelompok Anda.

1. Berita Acara Pembentukan Kelompok

Awalnya Anda tentu akan membuat sebuah kelompok pertanian dan peternakan ini mempunyai tujuan. Tujuan dari pembentukan awal sebuah kelompok di tandai dengan berita acara mengenai pembentukan kelompok tersebut. Kemudian dibuktikan dengan sebuah dokumen berita acara. 

Perkumpulan ini juga sebaiknya terdiri dari minimal 10 anggota. Ini memang menjadi syarat minimal pembentukan kelompok yang nantinya juga akan ada beberapa hal lain. Misalnya saja penyatuan visi misi kelompok, tujuan dibentuknya kelompok, faktor untuk ke depan, maupun kesepakatan lain. Sehingga bisa membentuk sebuah perkumpulan yang saling support dan dalam satu wadah untuk meraih tujuan yang sama.

2. Susunan dan Struktur Organisasi

Susunan organisasi terdiri dari ketua, sekretaris dan bendahara. Kemudian yang lain bisa menjadi anggota. Dan ini merupakan syarat untuk bisa membuat sebuah kelompok yang nantinya bisa diakui berbagai organisasi. Anda bisa membuat susunan yang lebih simpel saja, kemudian dalam pembuatan struktur, sebaiknya capai dengan hasil kesepakatan bersama. Baik dalam periode tertentu atau menggunakan skema organisasi yang lain. Yang terpenting masih dalam satu koridor wadah, maupun kesepakatan. Ini terkait ke mana langkah kelompok yang nantinya akan di tempuh.

3. Agenda Kelompok

Buatlah agenda kelompok, dalam hal ini jelas bisa memberikan bentuk sebuah perkumpulan yang solid dan memunyai visi misi serta evaluasi apa saja terkait yang sudah dikerjakan. Sehingga bisa memberikan sebuah perkumpulan yang mempunyai pertemuan rutin baik tingkat bulanan atau tingkatan yang lain sesuai dengan skema yang sudah disepakati bersama. 

Dalam pembentukan kelompok nantinya juga akan ada bentuk dokumen terkait anggota kelompok. Mulai dari identitas dari anggota baik KK dan KTP atau beberapa kebutuhan kelompok yang lain. Misalnya saja dengan rekening dari kelompok itu.

4. Surat Keputusan Pemerintah Desa

Selanjutnya diajukan juga terkait dengan peresmian kelompok yang nantinya akan diakui desa sebagai salah satu kelompok pertanian dan perikanan tingkat desa dan di bawah naungan pemerintah desa. Ini akan memberikan daya juang untuk melangkah ke dinas terkait, guna memperoleh banyak kemudahan agar masuk ke dalam ranah resmi kelompok yang diakui.

5. Surat Keputusan dan Legalitas dari Dinas Terkait

Untuk membuat surat keputusan dan legalitas dari dinas yang bersangkutan, aspek pada SK desa lebih dulu Anda penuhi. Beberapa syarat lain terkait dengan pembuatan kelompok nantinya juga akan di minta. Dan sebaiknya gunakan legalitas kelompok ini untuk memajukan ekonomi dan pendampingan serta peningkatan ekonomi pada daerah Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kelompok Tani dan Ternak yang Diakui Dinas"