Widget HTML #1

Lima Elemen Bisnis Paling Utama yang Perlu Anda Ketahui!

Feenance.web.id - Dalam berbisnis, semua orang bebas menentukan bisnis apa yang akan mereka jalani. Namun perlu menjadi pertimbangan sendiri kalau ingin memulai sebuah bisnis baru. Apalagi terkait dengan permodalan yang cukup besar dan membutuhkan finansial secara menyeluruh. Ada beberapa elemen bisnis, dan setidaknya ada lima elemen bisnis yang paling utama dan menjadi pondasi pelaksanaan sebuah bisnis. Dan ini sebaiknya juga diterapkan pada bisnis Anda.

Menjadi seorang pengusaha, jatuh bangun merupakan hal biasa. Apalagi masih baru mulai, dan masih banyak belajar. Terkait dengan pelanggan yang sering melakukan komplain, promosi yang cenderung tidak membuahkan hasil, atau bahkan persaingan bisnis yang ketat. Ini semua memang akan menjadi tantangan tersendiri. Dan memang demikian yang membedakan seorang karyawan dan pengusaha, keduanya hanya beda masalah risiko saja. 

Mempelajari bisnis baru juga menjadi dasar tersendiri, kemudian juga tidak tergantung dengan orang lain secara terus menerus. Apalagi bidang yang Anda ambil justru mempunyai tingkat persaingan yang signifikan, ini jelas bisa membuat Anda menjadi lebih kuat dan banyak mempelajari  berbagai hal baik melakukan inovasi atau membuat produk baru. Kemudian, Anda bisa memenangkan persaingan yang ada pada market.

Lima Elemen Bisnis Paling Utama yang Perlu Anda Ketahui

Dasar-dasar menjadi seorang pengusaha juga tidak mudah. Mulai dari awal mental yang membangun Anda, kemudian pada tekad dan keahlian, sekaligus modal yang Anda miliki. Walaupun modal tidak selamanya berkutik masalah uang belaka, namun permodalan uang juga sangat erat dalam menjalankan bisnis. Seribu satu saja orang yang bisa memiliki bisnis tanpa modal uang, kebanyakan juga akan modal uang walaupun hanya sedikit saja. Dan ini memang kenyataan pahitnya. 

Supaya lebih mantap mengenai tekad Anda menjadi seorang pebisnis dan pengusaha mandiri, Anda bisa belajar dan tanamkan berbagai hal berikut pada alam bawah sadar Anda. Kemudian lakukan dan implementasikan pada bisnis Anda. Berikut beberapa hal yang harus Anda mengerti dan masukkan dalam pemikiran Anda.

1. Riset

Sebelum melakukan pembukaan bisnis atau pun usaha, beberapa hal pastinya sudah Anda pelajari dan Anda analisa lebih dulu. Misalnya dalam pikiran Anda ada banyak jenis bisnis yang ingin Anda mulai. Dan keahlian pun juga lebih dari satu.

Sebaiknya, Anda riset dulu market yang ada di sekitar Anda. Jangan sampai Anda mempunyai usaha namun tidak mempunyai market. Kemudian terkait dengan persaingan, kalau masih awal mulai jelas akan kalah saing dengan yang sudah muai duluan, kecuali Anda bisa memberikan inovasi menarik dan memberikan kepercayaan bagi pelanggan mengenai produk yang Anda tawarkan.

2. Pemasaran

Untuk masalah pemasaran, jelas membutuhkan yang namanya keahlian khusus. Sekarang ini pemasaran tidak hanya meliputi pemasaran offline dan berkutik ke pelanggan langsung semata. Atau memasang berbagai banner juga tidak terlalu efektif. 

Seiring dengan berjalannya waktu, strategi promosi dan marketing berbagai produk sangat mengacu pada kemajuan teknologi dan internet. Apalagi di era internet seperti sekarang ini. Promosi menggunakan website dan menggunakan media sosial juga sangat Anda perlukan. Hal ini jelas agar Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas.

Misalnya saja menggunakan Tiktok, Facebook, Youtube, Instagram atau menggunakan website secara langsung dan memahami konsep SEO agar mendapatkan pengunjung dari mesin pencari. Tidak hanya berkutik untuk membuat website dan diam saja, namun juga harus di lakukan optimasi secara lebih baik. Tentu kalau masih pemula dalam hal ini akan terasa capek membuat konten agar bisa berada di mesin pencari dengan kata kunci yang sudah Anda targetkan. Namun kami mempunyai solusi agar Anda bisa memiliki konten dengan harga yang sangat terjangkau. Anda bisa langsung menghubungi Jasatulis.com untuk melakukan optimasi menggunakan konten pada website Anda.

Periklanan juga bisa Anda lakukan jika Anda mempunyai budget pendanaan dalam hal promosi produk. Baik menggunakan Google atau menggunakan media sosial, semuanya sudah ada fitur periklanan, dan ini akan diprioritaskan.

3. Masukan Pelanggan

Masukan dan komplain pelanggan juga sangat Anda perlukan. Hal ini agar Anda bisa memperbaiki semau kekurangan baik dari segi produk dan layanan Anda, atau berbagai keperluan lain terkait bisnis yang Anda jalankan. Kadang pengusaha akan kehilangan pelanggan, karena masalah sepele dan tidak peduli dengan komplain dari pelangganya.

Untuk itu, selalu pedulikan pelanggan dan terima semua kritik dan saran dari pelanggan yang ini bisa membangun serta memberikan support pada bisnis yang Anda jalankan. Sediakan layanan khusus terkait layanan pelanggan, agar bisa pelanggan dengan mudah menghubungi Anda.

4. Pelaksanaan Bisnis yang Konsisten

Konsistensi dalam sebuah bisnis merupakan keharusan jika Anda tak ingin kehilangan semua pelanggan Anda. Apalagi Anda baru mulai bisnis, kalau masih awal biasanya memang masih disiplin. Namun lambat laun akan terasa melelahkan, apalagi tidak ada profit yang masuk, jelas akan membosankan dan akan berhenti pada titik jenuh yang hanya tinggal menunggu waktu.

Justru pada saat terpuruk dan sepi pelanggan inilah adalah waktu terbaik bagi Anda untuk introspeksi diri dan membuat berbagai planing yang bisa membuat usaha Anda kian maju dan kembali bangkit. Analisa semua kerugian baik material dan non material yang Anda alami. Kemudian, tempatkan dan petakan pada berbagai solusi yang mungkin sudah Anda miliki, kemudian lakukan eksekusi.

5. Fokus Pada Kepuasan Pelanggan

Jangan lupa untuk selalu prioritaskan terkait dengan kepuasan pelanggan. Anda sediakan berbagai testimoni dan tempat testimoni tersendiri terkait produk dan layanan Anda. Baik menggunakan media sosial, menggunakan website atau menggunakan sarana digital yang lain. Anda minta bagaimana pendapat pelanggan terkait layanan dan performa Anda. Semakin banyak pelanggan yang menggunakan jasa atau produk Anda dan memberikan respon yang baik, Anda bisa membuat sebuah bentuk testimoni yang bisa Anda gunakan untuk menarik pelanggan yang lain.

Posting Komentar untuk "Lima Elemen Bisnis Paling Utama yang Perlu Anda Ketahui!"