Widget HTML #1

Jenis Bantuan Permodalan UMKM dan Cara Mendapatkannya!

Feenance.web.id – Usaha mikro kecil dan menengah atau yang sering disebut dengan UMKM jelas membantu perputaran finansial dan ekonomi sebuah daerah. Dan dalam lingkup besar sebagai negara, dengan tingkat UMKM dan lebih mandiri dengan produk sendiri, tentu akan lebih maju dan tidak akan tergantung pada negara lain. Dalam hal demikian, beberapa tahun belakangan ini memang UMKM di negeri ini juga didorong dengan berbagai fasilitas dan potensi untuk tumbuh dan berkembang.



Ada macam-macam bantuan untuk UMKM, bahkan dengan bantuan dan stimulus ini bisa memberikan kemudahan bagi UMKM untuk mendapatkan berbagai peralatan dan fasilitas pendukung. Sekaligus kadang juga menyangkut untuk masalah permodalan. Tidak langsung berupa uang modal gratis saja, namun semua yang menyangkut dalam bentuk kemajuan UMKM dalam berbagai aspek bidang bisnis.

Macam – macam Bantuan UMKM dan Bisa Dijadikan Permodalan

Jika Anda ingin mendapatkan bantuan UMKM dalam berbagai bentuk, pastinya Anda harus mendapatkan banyak informasi mengenai cara untuk mendapatkannya. Mulai dari aspek bidang bisnis dan izin bisnis, izin usaha dan usaha Anda memang legal dan di akui di desa Anda. Ini merupakan langkah awal untuk mendapatkan legalitas mengenai usaha Anda, sekaligus sebagai salah satu jenis untuk mengategorikan jenis usaha maupun bantuan yang nantinya  berhak Anda dapatkan.’

Berikut beberapa jenis jalur untuk mendapatkan bantuan UMKM dalam berbagai bentuk dan jenis bisnis yang ada.

Kelompok

Ada yang namanya bantuan kelompok, dan dalam hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu jenis bantuan yang ada di beberapa daerah. Misalnya saja mengenai kelompok ternak, kelompok pengusaha, kelompok perikanan dan beberapa aspek bidang UMKM yang lain. Dengan adanya kelompok ini jelas akan membuktikan bahwa ada ikatan yang mengayomi UMKM terkait.

Dan bantuan ini memang kadang datang dari jalur pemerintah melalui aspirasi dari perwakilan rakyat di daerah. Bantuan UMKM dalam hal ini memang kebanyakan bisa berupa peralatan, bahan baku, kemudian juga bisa dalam bentuk permodalan uang.

Namun sebaiknya memang untuk mendapatkan hal ini, Anda bisa menggunakan sertifikasi kelompok dan memang kelompok Anda juga harus jelas. Anda bisa menggunakan beberapa jalur dan yang terpenting memang bisa memberikan kontribusi bagi semua anggota dan memang jelas keberadaannya.

Menggunakan surat keterangan usaha kelompok di desa sebenarnya juga sudah jelas akan membuktikan bahwa usaha Anda legal. Namun akan lebih kuat lagi jika menggunakan surat sertifikat dari dinas terkait, sehingga lebih mudah menjangkau bantuan dan aspirasi bantuan UMKM yang lebih besar.

Komunitas

Kadang juga ada berbagai komunitas yang sudah jadi dan sudah sukses sehingga membuka berbagai aspek jalur untuk bantuan usaha dan UMKM. Dari berbagai komunitas ini biasanya di isi oleh para investor dan berbagai elemen pengusaha yang sudah sukses.

Baik membantu dalam ruang lingkup bisnis yang sama, atau beda aspek bisnisnya. Namun kadang dari para pengusaha dan pebisnis yang sukses ini lebih suka dalam menanam modal pada perusahaan terkait.

Negara atau Pemerintah

Kemudian dari pihak pemerintah juga sering mengadakan berbagai aspirasi bantuan. Baik dalam bentuk pelatihan pada UMKM, kemudian permodalan, atau bahkan pada berbagai regulasi yang ada belakangan ini. Semua kebanyakan berimbas pada pengusaha dan mengatur mengenai berbagai regulasi untuk meningkatkan para pengusaha, mengurangi mafia dan cenderung lebih efektif dalam meningkatkan wirausaha dan lapangan kerja. Dan memang ini menjadi salah satu tujuan aktif pemerintah era sekarang ini.

Melihat berbagai kondisi global yang tentunya tak harus selalu bergantung pada negara lain secara terus menerus, dan tentunya harus bisa mengelola sendiri berbagai hal yang ada sekarang ini. Terlebih sektor bisnis dan UMKM menjadi salah satu sektor yang paling utama, dan ini juga menjadi tolak ukur mengenai kemajuan ekonomi sehingga dari pihak regulasi pemerintah juga akan mendorong mengenai ini.

Bank

Bank juga menyediakan berbagai bantuan untuk UMKM. Mulai dari pelatihan, kemudian pada berbagai jenis bantuan regulasi dan permodalan. Ada yang berupa pinjaman tunai bebas dengan bunga, bunga rendah atau bahkan tanpa jaminan sama sekali. Dan semua ini tergantung dari regulasi bank yang ada.

Karena memang setiap bank akan menyediakan regulasi perbankan yang berbeda. Namun Anda bisa memilih jenis permodalan dan pinjaman yang sesuai dengan bisnis Anda. Jangan sampai Anda menggunakan permodalan yang tidak sesuai dengan usaha, dan bahkan tidak sebanding dengan nilai usaha Anda.

Ini justru akan menjadikan Anda sebagai beban untuk melakukan cicilan setiap bulan. Dan jenis usaha yang bergantung dengan permodalan bank memang harus bisa menghasilkan lebih bagus dari perkiraan yang sudah dibuat.

Hal ini agar bisa memberikan tolak ukur yang sebanding, sehingga bisa menutup semua pembiayaan dan masih mendapatkan keuntungan untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Posting Komentar untuk "Jenis Bantuan Permodalan UMKM dan Cara Mendapatkannya!"