Widget HTML #1

Fungsi, Pengertian dan Cara Membuat Iklan Produk Bagi Pemula

 Feenance.web.id - Promosi produk merupakan teknik marketing dan tak terlepas dari para marketer baik produk barang maupun jasa. Namun perbedaan memang sangat mencolok mengenai teknik marketing beberapa tahun yang lalu dan teknik marketing sekarang ini. Mengingat periklanan di era sekarang mempunyai platform yang lebih baru dan lebih canggih, serta target market yang lebih besar. Sebenarnya apa saja sih fungsi dari iklan?

Iklan, kalau Anda melihat tayangan televisi dan mendengarkan radio, jelas akan ada iklan di dalamnya. Namun, ini jaman dulu, walaupun sampai sekarang juga masih eksis, media sosial dan internet justru menjadi platform untuk periklanan yang juga mempunyai basis pengguna dan target market yang lebih besar daripada keduanya. 

Pengertian dan Fungsi Iklan Promosi


Promosi sebagai bentuk untuk memasarkan produk dan menargetkan market yang luas. Dalam pemasaran, target marketing juga harus diketahui lebih dulu supaya iklan yang dijalankan memang bisa maksimal. Fungsi dari iklan jelas pada memasarkan produk dan memperoleh banyak penjualan dalam berbagai bidang bisnis baik barang atau pun jasa. 

Bentuk dari iklan sendiri memang ada berbagai macam. Semua disesuaikan dengan jenis iklan pada produk Anda dan di mana platform tempat Anda akan mempromosikan iklan. Kemudian, sebagai perantara dari pihak penyedia layanan iklan juga sangat berpengaruh, jangan sampai Anda memilih platform periklanan yang salah.

Mencari target market juga harus Anda sesuaikan dengan produk dan jenis market atau pun platform yang Anda inginkan. Pembuatan iklan untuk masalah biaya memang tergantung dari budget yang sudah Anda siapkan. Semakin bagus dan rumit sebuah iklan juga akan mempunyai ongkos pembuatan yang mahal. Belum lagi masalah penerbitan iklan baik di media cetak, website atau menggunakan platform media sosial.

Jenis - jenis Iklan

Sebenarnya ada berbagai jenis iklan yang cocok untuk melakukan promosi, mulai dari tulisan biasa, suara, kemudian poster dan video iklan. Dari beberapa jenis ini memang menyesuaikan dengan apa yang akan Anda promosikan dan terkait dengan platform apa yang akan Anda gunakan.

1. Tulisan Postingan

Dalam bermedia sosial jelas pastinya Anda akan menjumpai beberapa tawaran baik barang dan jasa, lowongan pekerjaan, kemudian produk maupun layanan di berbagai postingan grup. Atau bisa juga kadang pada komunitas dan channel. Biasanya kalau tidak hati-hati menggunakan cara ini, jelas pihak platform akan sering membacanya dengan spam, apalagi jika nantinya ada banyak pengguna platform tersebut yang melakukan pelaporan terkait postingan berulang dan cenderung melakukan spam.

Kebanyakan media sosial memang mempunyai admin, dan dari beberapa grup yang dikelola pun juga akan memiliki admin. Misalnya saja mengenai Facebook dan Telegram. Facebook akan mempunyai admin dan bisa mengubah setelan moderasi pada bagian postingan membernya, sehingga setiap tulisan dan pos yang ditulis pengunjung tidak akan langsung terpublikasi ke seluruh pengguna, namun akan ada review dari admin tersendiri.

Pada Telegram pun juga demikian, bahkan sudah di set menggunakan bot khusus dan ini bisa menjadi salah satu pedoman dan keamanan grup maupun komunitas yang tentunya untuk menghindari spam dari member yang menyalahgunakan anggotanya.

Untuk membuat iklan dengan postingan pada media sosial, jelas pastikan Anda menggunakan kalimat yang santun dan tidak menggunakan link spam. Ada perlunya izin keberkaitan dengan admin grup tersebut, kemudian juga menggunakan etika yang bagus, selanjutnya juga sesuaikan dengan periklanan maupun jenis grup yang akan Anda jadikan sebagai target. Beberapa platform yang bisa Anda jadikan periklanan gratis semacam ini adalah website, Facebook, atau Kaskus dan beberapa jenis media platform yang lain.

2. Poster dan Banner

Gambar baik banner dan poster pastinya Anda sering menemuinya di jalanan, berbagai kedai dan billboard jalanan. Kenapa mereka rela memasang dan menyewa bill board untuk mengiklankan produk? Jelas potensi market yang akan dihasilkan juga lebih besar. Apalagi jalanan raya dengan kepadatan dan relevansi mengenai jumlah orang yang melewati dan potensi akan orang melihat dari iklan tersebut bisa ribuan per harinya.

Kemudian iklan banner semacam ini juga bisa dilakukan di media digital, media cetak dan masih banyak lagi platform yang lain. Mulai dari media sosial, website, Google Ads, dan berbagai platform periklanan yang lain. Anda bisa memilih beberapa jenis platform yang memang bisa sesuai dengan produk baik barang dan jasa yang Anda geluti.

Untuk membuat iklan banner juga sangat mudah, jika Anda tidak mempunyai keahlian dalam editing, Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi pembuat poster. Misalnya saja menggunakan PicsArt, Canva dan beberapa aplikasi yang lain. Beberapa aplikasi memang gratis dan menyertakan fitur berbayar untuk mendapatkan akses ke semua fiturnya.

3. Video Iklan

Iklan video ini bisa Anda lakukan dan Anda publikasikan pada platform berbasis video. Baik televisi maupun media sosial dan platform lain seperti Youtube, Tiktok dan masih banyak lagi. Dari iklan ini Anda bisa menggunakan berbagai cara dan sesuaikan saja dengan budget Anda. Mulai dari membuat iklan sendiri dan mempublikasikan pada media sosial Anda, menggunakan periklanan platform terkait atau bisa juga dengan menggunakan endorsment dari publik figur yang sudah mempunyai jutaan pengguna langganan.

4. Suara

Kalau Anda sering mendengarkan radio, pastinya akan ada iklan dari berbagai brand dan produk, walaupun sekarang ini sudah jarang orang mendengarkan radio, namun dari platform dan berbagai stasiun penyiaran radio juga masih mempunyai basis penggemar yang banyak. Anda bisa menggunakan langkah ini untuk menjaring target market dari sekitar Anda.

Cara Membuat Iklan

Untuk melakukan pembuatan iklan, Anda bisa menggunakan Canva, PicsArt, Picasay, kemudian aplikasi lain untuk membuat iklan poster. Dari sini sudah ada berbagai template bagi pengguna premium dan bisa Anda gunakan semuanya untuk memproduksi iklan, berbagai gambar yang ada juga memang tidak ada klaim hak cipta.

Untuk membuat iklan video menggunakan ponsel, Anda bisa menggunakan Capcut, Kinemaster dan beberapa aplikasi lain untuk membuatnya, dan suara juga bisa Anda ganti sesuai dengan selera maupun gambar juga bisa Anda gunakan sepuasnya.

Demikian beberapa fungsi iklan dan berbagai cara membuatnya. Sebaiknya Anda gunakan teknik yang efektif untuk menjaring banyak potensi pengguna dari berbagai target market dan basis marketing yang ada

 

Posting Komentar untuk "Fungsi, Pengertian dan Cara Membuat Iklan Produk Bagi Pemula"