Widget HTML #1

10 Unsur-unsur Iklan yang Perlu Anda Ketahui Saat Ingin Promosi!

Feenance.web.id - Dalam sebuah bisnis, iklan menjadi salah satu hal yang berkaitan langsung dengan promosi dan marketing. Ini merupakan langkah pokok dalam mempromosikan produk baik barang atau pun jasa. Namun kadang pilihan iklan ini juga membutuhkan budget dan biaya tersendiri. Sebenarnya mudah sekali kalau ingin bisa mengeluarkan biaya yang lebih murah, tentu dengan mempelajari berbagai unsur-unsur iklan, kemudian menerapkannya pada promosi produk Anda.

Unsur-unsur iklan juga menjadi dasar dalam pembuatan iklan supaya nantinya akan ada timbal balik dari promosi yang Anda lakukan. Apalagi di era sekarang ini yang serba dengan digital, sehingga mempunyai tempat tersendiri dalam hati publik, mengingat era digital dan serba internet juga menjadi ruang publik tersendiri. Dan juga cocok sebagai tempat marketing berbagai produk.



Misalnya saja dengan hadirnya banyak media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan berbagai produk media sosial yang lain, yang menjadi wadah publik untuk berkumpul. Semakin banyak orang berkumpul, tentu bisa menjadi target marketing.

Misalnya saja dengan Facebook, hadirnya media sosial yang satu ini menjadi salah satu media sosial dengan jutaan dan bahkan ratusan pengguna dari seluruh dunia. Dulu Facebook belum membuka bisnis periklanan dalam platform mereka, namun seiring dengan pengguna yang sampai ratusan juta, jelas ini menjadi wadah bisnis tersendiri untuk menghadirkan banyak pengiklan. Dan memang terbukti dengan hadirnya Facebook Ads, begitu juga dengan Google dan berbagai platform yang lain.

Jika Anda ingin membuatnya secara lebih menarik dan lebih murah, memang lebih baik menggunakan berbagai platform yang sekarang ini memang sudah banyak pengguna. Seperti Facebook, TikTok dan Instagram. Atau bahkan Anda mempunyai website tersendiri untuk melakukan promosi bisnis Anda.

10 Unsur-unsur Iklan yang Perlu Anda Ketahui Saat Ingin Promosi!

Namun sebelum melakukan promosi dengan membuat iklan baik video maupun gambar, sebaiknya Anda mempelajari untuk menerbitkan iklan dengan menggunakan unsur-unsur iklan. Berbagai unsur-unsur iklan ini memang akan membuat Anda bisa melakukan branding pada produk yang dikemas secara lebih menarik dan membuat banyak perhatian khalayak publik. Berikut berbagai unsur-unsur iklan yang sebaiknya Anda penuhi.

1. Nama Produk

Salah satu bentuk iklan yang bagus jelas mengarah pada nama produk yang ingin Anda iklan kan. Produk ini bisa berupa barang dan jasa atau layanan. Sehingga berkaitan dengan apa yang akan Anda tawarkan juga sudah jelas. Dalam menentukan nama, ini berkaitan dengan branding, logo dan komponen pengikutnya. Sebaiknya tentukan nama yang mudah di ingat dan menjadi branding pada produk Anda.

Dalam menentukan nama produk, Anda bisa menggunakan nama dari produk tersebut, ini terkait dengan merk, jangan sampai asal-asalan. Gunakan kata yang menarik perhatian dan mudah di ingat para publik. Misalnya saja ikuti saja penentuan berbagai nama pada brand terkemuka. 

Gunakan penamaan produk dari unsur produk tersebut. Misalnya dengan Aqua, ini identik dengan air dan produknya juga merupakan air mineral. Tokopedia, produk nya merupakan market place dan menjual berbagai produk online shop. Salah satu bentuk penamaan produk ini jelas memberikan gambaran besar dan mengerucut pada satu titik fokus sehingga kalau mendengar dan melihat kata produk Anda, orang akan selalu teringat.

2. Gambar atau Video

Iklan pada media sosial dan televisi memang berbeda. Ada dua pilihan iklan, baik menggunakan perpaduan gambar dan tulisan maupun gambar dengan video tulisan, dan ini memang mempunyai market yang berbeda dan tempat yang berbeda. Identik dengan iklan yang ada dalam platform video dan televisi memang kebanyakan akan menggunakan perpaduan video dan tulisan. Sedangkan gambar dan banner identik dengan periklanan yang berbasis platform khusus media saja. Misalnya media cetak.

Anda ingin beriklan di Google Ads dan TikTok jelas berbeda bentuk dan konsep iklan. Gunakan perpaduan video menarik kemudian gambar yang menarik.

Anda bisa menggunakan Canva jika Anda tidak pandai editing dalam membuat banner. Sedangkan kalau platform video Anda bisa menggunakan berbagai tools editing menggunakan ponsel Android atau menggunakan perangkat komputer.

3. Kalimat Deskripsi

Kalimat deskripsi iklan juga harus menarik perhatian. Karena ini mencakup gambaran besar jika seseorang menggunakan produk Anda. Jelas menjadi salah satu keharusan untuk memilih kalimat yang menarik perhatian dan bisa mengajak orang untuk menggunakan produk Anda.

4. Keunggulan Produk

Utarakan keunggulan secara lebih bagus produk Anda dari pada produk lain. Sehingga orang akan penasaran dengan produk Anda. Buatlah produk dengan keunggulan berbeda dari produk yang lain walaupun memang dengan produk yang sama.

5. Mengandung Kalimat Ajakan

Iklan yang bagus memang akan menggunakan kalimat untuk ajakan dan bisa menambah power dalam suatu kalimat. Berbagai kalimat ajakan pada digital marketing juga akan berbeda dengan menggunakan platform yang lain, jelas ini akan memberikan suatu gambaran yang berbeda. Jadi pilihlah kalimat ajakan yang disamarkan, sehingga orang akan terpincut dengan produk yang Anda tawarkan.

6. Menarik

Iklan yang menarik memang menggunakan perpaduan gambar dan kalimat ajakan yang juga bisa memberikan power agar bisa menarik perhatian publik. Anda bisa menerapkannya menggunakan banner atau menggunakan poster. Sesuaikan gambar dan tulisan dengan ukuran banner yang ada.

7. Membangun Minat

Bangun mengenai minat para pembaca iklan, gunakan foto menarik terkait produk atau endorsment iklan. Jangan sampai Anda membuat iklan yang tidak menarik dan membuat orang hanya risih dengan iklan Anda. Ini lah alasan di balik endorsment iklan dari berbagai artis terkenal atau pada publik figur terkemuka.

8. Keinginan Promosi

Keinginan promosi juga harus jelas, mulai dari mengembangkan brand, membuat orang fomo dengan brand dan produk yang Anda usung, hingga penjualan yang maksimal pada market yang Anda targetkan. 

9. Kontak Penjual

Ada kontak penjual tentu menjadi unsur yang wajib dan memang harus ada. Jika orang tertarik dengan produk Anda, jelas nantinya akan lebih mudah untuk menemukan dan membeli produk Anda secara langsung. Kadang pastinya Anda melihat semua iklan menggunakan langkah ini, jadi akan lebih baik untuk membuat produk Anda semakin berkembang, dan mudah mencari pelanggan. 

10. Bangun Kepercayaan

Bangun kepercayaan pelanggan dengan menerapkan semua unsur-unsur iklan, misalnya saja dengan adanya garansi. Pelanggan akan lebih mudah percaya dengan adanya garansi atau berbagai diskon menarik dan promo menarik. Manfaatkan hal ini dan terapkan pada periklanan Anda.

Membuat iklan dengan teknik promosi di media sosial jelas akan membuat Anda lebih murah dalam mengeluarkan biaya. Pelanggan akan lebih suka yang murah, layanan cepat, barang dan layanan bagus, ada bonus, dan di prioritaskan. Gunakan berbagai perbandingan ini untuk dimasukkan dalam promosi Anda.

Posting Komentar untuk "10 Unsur-unsur Iklan yang Perlu Anda Ketahui Saat Ingin Promosi!"