Widget HTML #1

Berapa Harga Wajar Saham PGAS 2023?

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari saham-saham blue chip selain dari sektor consumer goods atau perbankan di BEI. Tidak ada salahnya Anda mengintip harga wajar saham PGAS yang sangat terjangkau tapi menguntungkan ini.

Saham PGAS ini berasal dari PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk atau yang biasanya di kenal sebagai PGN Tbk. Adapun arti dengan kode saham PGAS yakni saham yang bergerak di dalam sektor infrastruktur, utilitas serta transportasi. PGAS adalah salah satu saham BUMN yang termasuk ke dalam kategori blue chip nasional. Yakni dengan indeks saham LQ45, IDXV30, JII, dan bagian dari deretan saham Syariah dengan adanya kapitalisasi pasar tinggi dengan sebesar Rp34,91 triliun.

Sejarah Saham PGAS

Didirikan pada tahun 1859 lalu pada semasa era kolonial Belanda, perusahaan ini dulunya di beri nama “Firma L. J. N. Eindhoven & Co. Gravenhage”. Lalu, setelahnya beberapa kali berganti nama sampai resmi menyandang nama PGN pada tanggal 13 Mei 1965.

Sejak pada tahun 2018, dengan adanya pembentukan holding BUMN Migas, PGAS saat ini telah menjadi bagian dari PT Pertamina (Persero). Yakni sebagai salah satu anak usahanya. Sebagai hasilnya, kepemilikan pada saham PGAS yang sebelumnya dimiliki oleh pemerintah saat ini telah di alihkan ke Pertamina. Dengan adanya persentase kepemilikan dengan sebesar 56,964%.

Harga Wajar Saham PGAS dan 1 Lot Saham PGAS

Pada perdagangan hari Senin, 5 Juni 2023 lalu, harga PGAS ini resmi di tutup pada level Rp1.440 per saham. Dan mengalami kenaikan dengan sebesar 0,7 %  dari penutupan sebelumnya yakni sebesar Rp1.430 per saham.

Pada kuartal pertama tahun 2023, PGAS telah mencatat rasio net profit margin dengan sebesar 9,21 %. Yakni mengalami kenaikan sebanyak 34,96 % secara tahunan. Dan dengan pendapatan sebesar 933,75 juta dolar AS dan tumbuh sebanyak 11,57%. Bahkan, pendapatan bersih saham ini sebesar 86,04 juta dolar AS maupun tumbuh 27,42% secara tahunan.

Dalam perdagangan saham, investor pada umumnya membeli saham di dalam satuan lot untuk mempermudah transaksi serta mengurangi biaya transaksi. Lot saham merupakan satuan perdagangan saham yang biasanya di gunakan dalam pasar saham. Setiap lot saham juga mempunyai jumlah lembar saham yang telah di tentukan. Yakni tergantung dengan aturan bursa efek di negara tempat saham tersebut diperdagangkan.

Adapun, jumlah tersebut dapat di katakan murah untuk jenis saham unggulan alias blue chip. Sebutan untuk saham terbitan dari perusahaan besar dengan kinerja keuangan dan fundamental yang mumpuni.

Pergerakan Harga Wajar Saham PGAS dari Tahun ke Tahun

Mengetahui fundamental pada perusahaan dengan cara memantau pergerakan harga saham. Khususnya, dari waktu ke waktu adalah salah satu hal penting bagi calon investor. Terutama saat akan mengevaluasi kinerja investasi dan sebelum mengambil keputusan memulai investasi.

Pada tanggal 5 Desember 2003 lalu, PGAS berhasil mendapatkan persetujuan resmi dari Bapepam-LK. Yakni untuk melaksanakan Penawaran Umum Perdana Saham PGAS (IPO) kepada para masyarakat sebanyak 1.296.296.000 saham. Adapun, menawarkan dengan nilai nominal hanya Rp500,- per saham. Lalu, pada tanggal 15 Desember 2003 lalu PGAS berhasil melakukan pencatatan sahamnya di dalam BEI dengan harga penawaran sebesar Rp1.500 per lembar saham.  

Seiring dengan berjalannya waktu, PGN diketahui terus berupaya untuk menjaga kinerja di segala aspek. Baik dalam menjalankan program cost saving dengan melalui inovasi, improvement serta peningkatan efisiensi di dalam setiap aktivitas perseroan. Yang berkhusus pada masa transisi energi alam menuju Net Zero Emission (NZE) di tengah bisnis perusahaan yang terus menerus bertumbuh.

Pada tahun 2018, kinerja keuangan pada PGAS bukan hanya di topang oleh akuisisi PT Pertamina Gas (Pertagas). Akan tapi karena terjadi peningkatan yang cukup signifikan untuk volume penjualan gas. Tanpa harus memperhitungkan konsolidasi dengan Pertagas,  PGAS telah berhasil mencatatkan laba bersih dengan sebesar US$242 juta. Saham PGAS juga mampu menghasilkan return positif di dalam periode tahun 2019 lalu.

Prospek Harga Wajar Saham PGAS Tahun 2020



Sepanjang tahun 2020 lalu, meskipun IHSG sempat menurun akibat terdampak pandemi dan kinerja keuangan PGAS pernah mengalami tertekan. Faktanya, PGAS tetap berhasil dalam membukukan pendapatan yakni sebesar US$ 2.885,54 juta atau sekitar Rp 42,07 triliun. Angka tersebut di definisikan dengan kurs rata-rata pada bulan Januari-Desember 2020 sebesar Rp 14.582/US$. Dari adanya pendapatan tersebut, PGN berhasil mencatat laba operasional dengan sebesar US$ 303,71 juta dan EBITDA sebanyak US$ 696,85 juta.

Posisi keuangan pada perusahaan di akhir tahun 2020 tetap kuat, dengan adanya total aset sebesar US$ 7,53 miliar. Adapun, yang di dalamnya termasuk dengan kas dan setara kas dengan sebesar US$ 1,18 miliar. Sedangkan untuk total liabilitas yakni sebesar US$ 4,57 miliar. Satu lagi, total ekuitas sebesar US$ 2,96 miliar, dan rasio lancar dengan sebesar 1,7 kali.

Prospek Saham PGAS Tahun 2022 - 2023

Sedangkan untuk tahun 2022, harga wajar saham PGAS berhasil mengalami kenaikan dengan sebesar 21,82%, yang di dukung oleh peningkatan kinerja keuangan. Laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk bisa mencapai US$326,2 juta atau Rp4,84 triliun. Laba ini sebanyak 7 % lebih tinggi jika di bandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya sebesar 303,82 juta dollar AS.

Adapun, pencapaian laba bersih PGN ini di dorong oleh pendapatan dengan sebesar 3,6 miliar dollar AS, atau tumbuh sebanyak 17,5 persen secara tahunan. Sehingga laba bruto PGN menjadi sebesar 780,5 juta dollar AS dan untuk laba operasi sebesar 592,2 juta dollar AS. Satu lagi, untuk laba EBITDA sebesar 1.216,8 juta dollar AS.

Hanya dalam waktu 3 bulan saja, PGAS telah berhasil mencatatkan laba bersih dengan sebesar US$ 86 Juta atau Rp1,31 Triliun. Adapun, Laba bersih ini berasal dari pendapatan dengan sebesar 933,7 juta dolar AS, laba bruto 176,8 juta dolar AS. Serta tidak kalah untuk laba operasi 139,3 juta dolar AS, dan EBITDA dengan sebesar 281,9 juta dolar AS. 

Dengan adanya keuntungan yang di dapatkan, PGAS kemudian memutuskan untuk membagikan dividen. Adapun, dividen ini dengan sebesar 228,36 juta dolar AS atau sekitarnya 3,42 triliun rupiah kepada para pemegang saham. Pembagian dividen ini adalah 70% dari laba bersih tahun buku 2022 lalu. Pemberian dividen resmi di umumkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada akhir bulan Mei 2023 lalu dengan jadwal pembayaran pada tanggal 28 Juni 2023.

Kesimpulan

Demikian ulasan pembahasan mengenai harga wajar saham PGAS. Bagi Anda yang merasa tertarik berinvestasi di PGAS, maka Anda bisa menggunakan aplikasi investasi yang ada di dalam Play Store maupun AppStore.

Semoga ulasan di atas bisa membantu Anda dalam mempertimbangkan pembelian saham PGAS y. Dalam berinvestasi, Anda harus berhati-hati agar tidak mengalami kerugian besar. Selalu pertimbangkan setiap langkah saat memulai investasi. Selamat berinvestasi dan semoga berhasil!

Posting Komentar untuk "Berapa Harga Wajar Saham PGAS 2023?"