Widget HTML #1

Langkah dan Cara Mencari Jurnal Internasional

Feenance.web.id - Jurnal merupakan hal yang sangat penting dalam dunia akademik. Ini bisa menjadi rujukan penting dalam berbagai cabang ilmu. Biasanya memang sebuah karya akan menjadi rujukan, jika memang karya berdasar penelitian. Dan ini akan mencakup banyak bidang akademik dan aspek pendidikan. Mulai dari karya kedokteran, ilmiah, fisikawan dan masih banyak lagi.

Beberapa jurnal dari banyak hal juga bisa datang dari mana saja. Apalagi di era sekarang ini, yang semuanya sudah bisa di akses melalui internet. Kebanyakan juga akan menerbitkan beberapa jurnal penelitian dalam berbagai bidang, bisa juga dalam bentuk buku dan makalah, atau sebuah karya digital dengan format PDF dan Ebook.

Apa Itu Jurnal Internasional?



Jurnal internasional merupakan sebuah karya ilmiah yang didasarkan pada penelitian nyata, kemudian hasil sebuah penelitian ini akan dijabarkan dalam bentuk tulisan. Dan kemudian berbagai artikel yang ada di dalamnya juga akan dibukukan dan dikelompokkan. Kemudian nantinya akan dipublikasikan baik dengan akses berbayar maupun gratis.

Anda bisa mendapatkan banyak jurnal dari berbagai mesin pencari terpercaya, atau dari sumber yang terpercaya. Misalnya saja melalui Google dan mesin pencari lainnya. Sekarang ini memang kemudahan dalam akses teknologi bisa mendapatkan semua hal yang Anda inginkan. Dan salah satunya dengan berbagai jurnal sesuai akademisi yang saat ini sedang Anda tekuni.

Berbagai penelitian yang sedang dijalankan dan dikembangkan juga tak terlepas dari berbagai jurnal yang terdahulu. Ini nantinya akan memberikan banyak dampak yang bagus, baik pengembangan pada bidang terkait, menemukan teori baru, mengembangkan hasil penelitian, membuat penemuan dan eksperimen baru atau berbagai metode lain.

Sehingga semua penelitian yang sedang dijalankan bisa menjadi jalan edukasi yang terukur dan mempunyai alur bagi akademisi berikutnya. Misalnya saja terkait dengan berbagai penemuan teori fisika baru atau berbagai penemuan lain, semua tak terlepas dari para penelitian terdahulu.

Langkah dan Cara Mencari Jurnal Internasional



Dalam mencari jurnal sebagai sebuah acuan dalam penelitian atau membuat penelitian baru, tentu tidak sembarangan, apalagi terkait dengan bidang terkait yang ada di berbagai cabang keilmuan. Misalnya saja kedokteran, fisikawan, kimia dan farmasi atau cabang ilmu yang lain.

Berbagai sumber dan langkah sebaiknya Anda sesuaikan lebih dulu dengan prosedur jika Anda ingin melakukan kegiatan analisa penelitian secara akademisi dan nantinya akan membuat jurnal. Untuk bisa mengikuti berbagai jurnal yang sudah ada dan melakukan pengembangan, para penelitian baru juga akan membaca lebih dulu dari jurnal pendahulunya pada penelitian cabang ilmu terkait.

Apalagi dengan mencakup lingkungan akademisi yang lebih global, para peneliti juga akan mengetahui lebih dulu terkait sebelumnya apakah sudah ada jurnal dalam cabang ilmu terkait atau belum. Jika memang sudah ada, berarti akan membuat sebuah pengembangan baru dan penemuan baru.

Terkait dengan beberapa langkah dan cara mencari jurnal internasional, Anda bisa menggunakan beberapa langkah berikut ini.

1. Menentukan Topik

Sebelum mencari jurnal, Anda pastikan dulu topik apa yang sedang ingin Anda buat dan Anda amati. Lebih baik secara spesifik baik dari segi artikulasi, topik dan temanya. Agar tidak melebar secara menjauh dari beberapa hal yang sedang Anda saat ini cari.

2. Menggunakan Mesin Pencari dan Fitur Canggih Didalamnya

Gunakan juga mesin pencari yang memang kredibel, tentu ada banyak mesin pencari yang kredibel. Mulai dari Bing, Google, Yandex dan masih banyak yang lain. Gunakan yang memang sangat familiar dan mampu menemukan  berbagai macam website penyedia layanan jurnal.

3. Evaluasi

Selanjutnya jika memang Anda sudah dapat dengan jurnal terkait dan sudah mengunduhnya, evaluasi lebih dulu mengenai jurnal yang sudah Anda unduh. Ini akan mengacu pada jurnal tersebut apakah sesuai dengan yang Anda inginkan atau tidaknya.

4. Baca Ringkasan

Biasanya memang akan ada ringkasan jurnal, dalam akhir dan awal juga akan pendahuluan di mana ini akan memberikan gambaran keseluruhan secara singkat mengenai isi dari jurnal tersebut dan tujuan dibuat jurnal terkait.

5. Baca Kutipan

Jangan lupa baca juga mengenai kutipan, ini akan memberikan gambaran singkat terkait beberapa hal yang memang dinyatakan oleh orang lain atau mengutip dari jurnal lain dan penelitian lain. Berbagai sumber kredibel dan jurnal yang bagus akan memuat ini secara mendalam dan secara original.

6. Akses Login Jika Berbayar

Gunakan akses login ke berbagai macam website jurnal jika dibutuhkan. Karena memang tidak semua jurnal dan karya ilmiah dibagikan secara gratis, ada juga yang berbayar. Dengan demikian nantinya akan ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan secara premium dan mudah untuk membimbing Anda membuat penelitian baru.

7. Periksa Profesionalitas Situs Web Penyedia Jurnal

Jika Anda ingin mengunduh sebuah jurnal akademisi, sebaiknya Anda juga mulai memeriksa lebih dulu mengenai profesionalitas dari situs penyedia layanan web tersebut. Ini akan memberikan Anda rasa kepercayaan pada semua jenis jurnal yang Anda unduh dari website tersebut. Beberapa website terpercaya tentu akan membuka identitas dari mereka secara lengkap dan mudah di temui.

8. Konsultasi Ke Pustakawan Rujukan Anda

Setelah selesai, harap konsultasikan ke orang yang paham terkait dengan jurnal yang Anda baca, ini akan memberikan koreksi pada beberapa jenis penelitian baru dan menemukan berbagai macam metode yang bagus dalam mengembangkan sebuah karya.

Jurnal memang di dalamnya akan ada banyak artikel terkait dengan penelitian yang lebih detail dan nyata sudah dilakukan. Dan jurnal merupakan laporan hasil karya ilmiah. Berbagai rujukan jurnal secara resmi, jika Anda mengutip juga harus menyertakan detailnya secara jelas. Dan menulisnya lagi dalam bentuk artikel dengan ejaan yang benar. 

Posting Komentar untuk "Langkah dan Cara Mencari Jurnal Internasional"