Widget HTML #1

Harga 1 Lot Saham ANTM, Investasi Jangka Panjang dan Menjanjikan

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) adalah sebuah perusahaan pertambangan dan logam terdistribusi serta terdiversifikasi. Perusahaan ini bergerak di bidang pengolahan, pemurnian, eksplorasi, eksploitasi serta pemasaran bijih nikel, feronikel, emas, perak, bauksit, batu bara, bahkan logam mulia lain.

Segmen usaha suatu perusahaan dengan kode ANTM ini memiliki fokus pada segmen nikel, emas, kilang, dan segmen usaha yang lainnya. Para komoditas yang berada di segmen nikel ini meliputi feronikel serta bijih nikel. Nah, sedangkan yang berada pada segmen emas dan kilangnya yaitu platinum, emas, perak dan juga paladium. Segmen operasi lainnya terdiri dari bauksit dan batu bara.

Mengenal Saham ANTAM



ANTM adalah suatu emiten anggota indeks LQ45 dan IDX30, tidak heran apabila peminatnya sangat banyak. Per tanggal 16 Februari 2021 lalu, kapitalisasi pasar ANTM berhasil mencapai 68,97 triliun. Dan untuk harganya berkisar Rp2,870/lembar, naik 100% jika dibandingkan dengan harga IPO pada tanggal 27 November 1997, yaitu di kisaran angka Rp1,400.

Sama halnya dengan $TINS dan $PTBA, kepemilikan mayoritas ANTM ini di pegang dengan ketat oleh PT. Indonesia Asahan Aluminium. Adapun, dengan persentase 65%, yang di ikuti publik di angka 35%.

Sedangkan untuk tingkat pertumbuhan dalam 5 tahun terakhir telah mencerminkan ANTM masih cukup sulit menghasilkan keuntungan dengan konsisten. Terlihat dari CAGR laba bersih yang masih ada minus dan aset periode pada tahun 2017 – 2020. Dimana pertumbuhannya hanya di bawah 5%. Namun, untuk pertumbuhan ANTM masih bisa terbantu pendapatannya dengan rata-rata tumbuh dengan sebesar 26,63% setiap tahunnya.

Harga 1 Lot Saham Antam



Sebelum Anda membeli saham Antam pastikan Anda harus mengetahui pengertian dari 1 lot lebih dahulu. Di seluruh pasar modal Indonesia, 1 lot ini setara dengan 100 lembar saham. Peraturan tentang jumlah lembar saham dalam satu lot yaitu di atur oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Adanya hal ini sehingga, 1 lot saham Antam berarti 100 lembar saham ANTM.

Sekarang mari hitung, berapa modal yang di perlukan untuk bisa membeli 1 lot saham Antam.  Sejak IPO pada tahun 1995 lalu, ANTM selalu membagikan dividennya dan tetap terus berlanjut hingga pada tahun 2013 dengan jumlah dividen tunai Rp9,67. Kemudian, ANTM berhenti untuk membagikan dividen hingga tahun 2016. Dan baru kembali membagikan dividen secara rutin hingga pada tahun 2021.

Terlihat jika ANTM ini membagikan dividen yang terus meningkat, terutama saat masa pandemi yaitu pada tahun 2020-2021 lalu. Setidaknya saham ANTM telah membuktikan ke investor bahwa mereka sangat layak di pertimbangkan untuk dikoleksi. Yaitu dengan cara memberikan dividen rutin setidaknya selama 3 tahun terakhir.

Harga saham ANTM pada hari ini mengalami kenaikan sebesar 2,20% jika dibandingkan di hari sebelumnya yaitu di level Rp2.320.

Prospek Saham ANTM

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) telah berhasil menunjukkan performa operasional pada segmen penjualan emas serta bijih nikel sampai pada bulan September 2022 lalu. Perseroan juga saat ini sedang membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dengan menyusun rencana pemisahan untuk dua anak usahanya dalam waktu dekat.

Kedua faktor ini yang menjadikan outlook pada kinerja keuangan dan saham ANTM menjanjikan ke depan. Adapun, BRI Danareksa Sekuritas telah mempertahankan rekomendasi membeli saham ANTM dengan target harga direvisi naik yang mulanya dari Rp3.200 menjadi Rp3.400.

Analis BRI Danareksa Sekuritas Hasan Barakwan juga mengatakan jika Antam telah berhasil mencatatkan lonjakan kinerja keuangan dengan adanya peningkatan laba bersih sebesar 53,6% dan menjadi Rp2,6 triliun sampai bulan September 2022. Lonjakan ini akan sejalan dengan pertumbuhan pendapatan dari perseroan.

Realisasi laba bersih tersebut juga di ketahui melampaui estimasi 84% dari target pada tahun ini dan 85% perkiraan konsensus analis. Sedangkan untuk kenaikan harga jual batubara berhasil memicu peningkatan cash cost feronikel yang berimbas kepada penurunan gross margin perseroan yang mulanya 18,9% menjadi 17,8%. Namun, perseroan telah berhasil mencetak lonjakan laba seiring pertumbuhan harga jual komoditas.

Sedangkan untuk penjualan bijih nikel juga meningkat menjadi 1,7 juta ton per kuartal III-2022, jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu hanya 708 ribu ton. Perseroan juga telah mencatatkan rata-rata harga jual emas dan bijih nikel masing-masingnya US$ 1.936 per oz dan US$ 50 per ton. Seiring meningkatnya lonjakan volume penjualan, maka pihak ANTM juga merevisi naik volume penjualan emas di tahun ini yang mulanya 740 ribu oz menjadi 1 juta oz.

Kesimpulan

Berdasarkan dengan data RTI per tanggal 20 Januari 2023, PER ANTM tergolong tinggi adalah di angka 30,07 hal ini juga terkait dengan PBV nya yang berhasil mencapai 2.69 kali. Artinya, harga saham ANTM saat ini sedang tergolong mahal.

Namun, dengan adanya prospek bisnis nikel yang menjadi salah satu inti pada bisnis perusahaan, harga terkini ANTM masih dapat di kompromi, terlebih lahi dengan DER yang lebih rendah dan rutin dalam membagikan dividen 3 tahun berturut-turut. Serta membuktikan jika peluang pertumbuhan ANTM di masa depan akan sangat besar.

Bagi Anda yang ingin membeli saham ANTM, maka Anda bisa membelinya dengan sangat mudah lewat online. Hanya dengan modal dari Rp100 ribu, maka Anda sudah bisa membeli saham dengan aman dan terpercaya.

 

Posting Komentar untuk " Harga 1 Lot Saham ANTM, Investasi Jangka Panjang dan Menjanjikan"