Widget HTML #1

Daftar Harga Penukaran Uang Kuno di Bank

Feenance.web.id - Apakah Anda mempunyai uang kuno? Jika punya maka Anda bisa cek daftar harga penukaran uang kuno di bank indonesia. Perlu Anda ketahui, Uang kuno banyak digemari oleh para kolektor barang antik saat ini. Walaupun sudah tidak bisa digunakan untuk melakukan transaksi di pasar, namun nilai uang kuno saat di jual bisa cukup tinggi. Oleh sebab itu, Anda perlu tahu daftar harga penukaran uang kuno di bank indonesia agar mendapatkan keuntungan dari koleksi lama yang sudah tidak terpakai.

Nah, agar Anda tidak penasaran, lebih baik Anda cari tahu yuk tentang informasi seputar harga uang kuno Indonesia dan cara menjualnya berikut ini!

Mengenali Uang Kuno



Tidak sembarang uang kuno dapat di jual dengan harga yang tinggi. Oleh karena itu, perlu Anda kenali tanda-tanda unik dari beragam koleksi uang antik yang Anda punyai sebelum menjual uang kuno ke bank. Pada umumnya, harga uang kuno dapat di lihat dari periode peredarannya atau nilainya. 

Harga uang kuno termahal dan termurah juga tergantung dengan kondisi dan nilainya.
Adapun beberapa ciri-ciri uang kuno yang harus diperhatikan antara lain yaitu sebagai berikut:


• Poor: kondisi uang yang masih kurang diminati di pasaran karena keadaan uang sudah tidak layak
• Fair: satu tingkat lebih tinggi di atas poor, kondisi uang kuno fair masih sangat kurang diminati karena ada banyak goresan dan cacat di beberapa bagian
• Very good: uang sobek dan terlipat yang bisa mengurangi kualitas gambar
• Fine: uang sudah kusut dan terlihat pudar
• Very fine: ada beberapa lipatan kasar yang membuat kurang bersih namun tidak mengurangi kualitas uang utuh
• Extremely fine: tidak ada lipatan kasar, masih halus jika diraba
• About uncirculated: uang ada goresan sedikit dan mempunyai lipatan kecil
• Uncirculated: kondisi uang masih terlihat baru dan masih belum pernah terpakai

Cara Menjual Uang Kuno ke Bank





Setelah Anda mengetahui ciri-ciri uang kuno berdasarkan dengan kondisinya, Anda mungkin masih bertanya-tanya tentang bagaimana cara menjual uang kuno ke bank. Pasalnya mengoleksi barang antik berupa uang kuno biasanya mempunyai nilai jual yang cukup tinggi. Harganya juga bervariasi tergantung dengan nilai yang telah di tetapkan oleh bank negara.


Sayangnya, Anda tidak bisa menjual uang kuno ke bank, karena bank tidak bisa menerima layanan tersebut. Namun, jika Anda akan menukarnya dengan uang yang baru, Anda bisa mengunjungi Bank Indonesia. Penukaran uang ini juga gratis tanpa di pungut biaya apapun.
Pada umumnya, uang yang bisa di tukar hanyalah uang edaran tahun tertentu saja, bukan sembarang uang kuno dari jaman kolonial.


Kategori uang yang dapat di tukar biasanya berbeda di setiap tahunnya. Sebagai contoh, Bank Indonesia di tahun 2018 mengumumkan jika masyarakat bisa menukar uang keluaran tahun 1998-1999 dengan uang edaran terbaru.

Cara Alternatif Menjual Uang Kuno

Walaupun cara menjual uang kuno ke bank tidak di temukan praktiknya, ada beberapa cara lain untuk bisa menjualnya. Agar koleksi uang kuno Anda bisa membuahkan keuntungan, transaksi jual belinya juga harus dilakukan di tempat yang tepat. Beberapa cara alternatif menjual uang kuno yaitu sebagai berikut:

1. Jual di media sosial

Berhentilah dalam mencari cara menjual uang kuno ke bank dan Anda bisa coba tawarkan penjualan uang kuno di media sosial. Penjualan uang kuno di media sosial biasanya bisa mendatangkan banyak penawar, khususnya dari kalangan kolektor barang antik. Pemakaian tagar di Facebook, Twitter, dan Instagram dapat memudahkan para kolektor menemukan uang kuno yang akan Anda tawarkan.

2. Jual melalui situs e-commerce

Agar proses transaksi Anda menjadi lebih mudah, penjualan uang kuno dapat dilakukan di situs e-commerce. Pastikan dengan detail dari uang kuno yang akan di tawarkan tertulis dengan jelas. Tidak lupa juga pakailah kualitas foto paling baik dari uang kuno Anda. Terakhir, Anda bisa tuliskan harga jualnya.

3. Jual ke pedagang uang kuno

Transaksi penjualan uang kuno dapat dilakukan secara langsung ke pedagang uang kuno. Biasanya Anda bisa menemukan penyedia jasa ini di bagian kota tertentu atau bisa di pinggir jalan. Jika uang yang Anda tawarkan langka dan masih dalam keadaan bagus, maka harga jualnya juga akan semakin tinggi.

4. Jual ke kolektor

Walaupun cara menjual uang kuno ke bank mungkin tidak dapat di terapkan, namun pilihan menjual uang kuno kepada kolektor bisa membuahkan keuntungan yang cukup tinggi. Kolektor uang kuno biasanya bisa di temukan di media sosial dan komunitas barang antik pada platform internet lainnya.

5. Jual ke komunitas penggemar uang kuno

Penawaran uang kuno dengan lebih efektif bisa Anda lakukan melalui komunitas penggemar uang kuno. Di dalamnya ada banyak kolektor dengan preferensi yang berbeda-berbeda. Oleh karena itu, pastikan Anda memberikan deskripsi uang kuno Anda dengan detail beserta kondisinya. Biasanya penawaran bisa bervariasi tergantung dengan kebutuhan kolektor sendiri.

Daftar Harga Penukaran Uang Kuno 1945 Di Bank

Berikut ini adalah daftar harga penukaran uang kuno di bank yang bisa Anda lihat. Perlu Anda ketahui, pecahan uang kuno dengan harga jual tertinggi biasanya edaran tahun 1945 ke atas seperti berikut ini.

Pecahan Uang Kuno Harga Penukaran Uang Kuno di Bank

Uang koin Rp 500 Rp 500.000 – Rp 600.000
Uang koin Rp 1000 Rp. 800.000 – Rp 1.000.000
Pecahan Uang koin Rp 2000 Rp. 2.000.000
Uang koin Rp 5000 Rp. 3.000.000
Uang kertas Rp 500 Rp. 1.500.000
Pecahan Uang kertas Rp 100 Rp. 1.000.000

 

Posting Komentar untuk " Daftar Harga Penukaran Uang Kuno di Bank"