Widget HTML #1

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan dan Cara Membuatnya

Surat pengunduran diri karyawan sangat diperlukan jika Anda bekerja dalam sebuah perusahaan dan ingin mengajukan resign. Hal ini tentu berdasar pada ketentuan dan pengunduran diri Anda secara baik-baik pada sebuah instansi yang mempunyai regulasi serta mengikat Anda dalam sebuah pekerjaan.

Bahkan pengunduran diri dari sebuah pekerjaan sebaiknya menggunakan prosedur yang sesuai dengan regulasi pada perusahaan tersebut. Hal ini tentu berkaitan dengan hak dan kewajiban seorang karyawan dan perusahaan yang sudah melibatkan kontrak dan mempunyai ikatan kontrak pekerjaan. Misalnya saja berkaitan dengan hak tentu saja dengan gaji, tunjangan atau pun insentif yang lain. Berkaitan dengan kewajiban tentu saja ada seperti pakaian kerja, kelengkapan kerja, kendaraan inventaris dan masih banyak lagi barang atau berbagai kewenangan yang sifatnya memang dipinjamkan dan hanya sekedar fasilitas penunjang pekerjaan.

Dengan berakhirnya perjanjian kontrak ini, tentu saja akan mengakhiri semua yang ada dalam sebuah ikatan kerja dari kedua belah pihak. Dan pengunduran diri sesuai dengan prosedur yang berlaku akan memberikan efek kemudahan dan harga diri dari karyawan terkait atau pun bagi perusahaan terkait.

Apa Itu Surat Pengunduran Diri Karyawan?



Surat pengunduran diri adalah sebuah bukti otentik dalam sebuah kertas dan dokumen yang isinya merupakan berhentinya karyawan dari sebuah pekerjaan. Ini akan memberikan efek yang bagus bagi kedua belah pihak dan bisa menyesuaikan hak maupun kewajiban bagi karyawan dan perusahaan. Pengunduran diri pada sebuah bidang pekerjaan memang ada berbagai faktor.

Mulai dari kompetensi, faktor lingkungan, faktor keluarga atau pun dari faktor gaji yang tidak sesuai. Masih banyak juga alasan dan faktor lain yang membuat orang berhenti dari pekerjaannya, namun yang sudah kami sebutkan memang menjadi alasan kebanyakan dan paling dominan.

Apa Saja Isi Dalam Surat Pengunduran Diri Karyawan?

Jika Anda saat ini sedang ingin menggunakan dan membuat surat pengunduran diri pada sebuah perusahaan, maka Anda bisa menggunakan beberapa langkah dan tahu lebih dulu mengenai isi dari surat tersebut. Jangan sampai, pada bagian isi surat dibuat asal-asalan. Akan lebih baik jika di sampaikan dengan bahasa resmi dan terstruktur.

1. Identitas Lengkap Karyawan

Anda bisa melampirkan lebih dulu mengenai identitas dari Anda sendiri. Mulai dari nama, tempat tanggal lahir, alamat, posisi pada perusahaan, kemudian pada bagian dan sejak kapan Anda masuk ke dalam perusahaan terkait. 

2. Alasan Pengunduran Diri

Jangan lupa juga untuk mencantumkan alasan Anda dalam pengunduran dari perusahaan terkait. Mulai dari alasan keluarga, jabatan, atau penghasilan dan berbagai macam faktor lain. Agar pimpinan perusahaan ini bisa tahu mengenai alasan Anda tentang hal ini. Dan bisa saja, berubah pikiran dan masih mempertahankan Anda dalam posisi terkait. Ini gunanya pengunduran diri secara resmi pada sebuah perusahaan yang tentunya mempunyai regulasinya tersendiri.

3. Mengucapkan Terima Kasih Kepada Perusahaan

Sebaiknya ucapkan juga terima kasih pada perusahaan, terkait bekerja dengan perusahaan terkait, Anda sudah bisa apa saja baik skill dan produk atau watak Anda.  Kemudian aturkan juga berbagai ungkapan rasa terima kasih karena selama ini Anda bisa bergabung dengan perusahaan terkait. Mengenai beberapa orang yang berjasa bagi Anda dalam perusahaan tersebut, ini sebagai opsi saja.

5. Mengucapkan Maaf

Ucapan permintaan maaf karena mulai dari waktu sekarang Anda tidak bisa lagi bergabung dengan perusahaan terkait. Sertakan juga berbagai alasan logis bagi Anda agar pimpinan dan direksi perusahaan bisa memaklumi, atau bahkan meninjau ulang berbagai regulasi jika keputusan Anda mengundurkan diri dari perusahaan tersebut sangat berkaitan dengan beberapa aturan terkait.

6. Harapan Untuk Perusahaan Ke depannya

Sertakan juga berbagai harapan terbaik untuk ke depannya, ini agar memberikan rasa yang harmonis walaupun Anda sudah keluar dari perusahaan tersebut. Dan Anda akan lebih mudah untuk bergabung kembali dalam jangka waktu ke depannya.

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan


1. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Karena Suatu Alasan

Bogor, 10 November 2022

Kepada Yth,
HRD
PT Berkah Abadi Jaya

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Noval Andrian
NIK : 88999000
Jabatan : IT Support

Menyatakan dengan dibuatnya surat ini, saya ingin mengajukan surat pengunduran diri dari jabatan saya sebagai IT Support di PT Berkah Abadi Jaya. Dikarenakan suatu alasan bahwasannya saya harus pindah domisili ke lain kota bersama dengan keluarga saya.

Surat ini saya ajukan satu bulan lebih awal dari tanggal yang ingin saya ajukan untuk resign. Terhitung mulai dari 10 Oktober 2022, saya berhenti bekerja di perusahaan Bapak/Ibu. Saya minta maaf yang sebesar-besarnya jika selama saya bekerja banyak melakukan kesalahan yang tidak berkenan, mohon dimaafkan. Saya akan menuntaskan pekerjaan saya dengan baik selama satu bulan kedepan.

Terima kasih karena telah memberikan saya kesempatan untuk bekerja di perusahaan Bapak/Ibu sekalian. Semoga PT Berkah Abadi Jaya terus berkembang dan sukses di masa yang akan datang.

Hormat Saya,

Noval Andrian.

2. Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Karena Tidak Ingin Lanjut Kontrak

Sumedang, 20 April 2022

Kepada Yth,
PT Sumber Jaya Ban
Di Tempat

Dengan Hormat,
Saya atas nama Pujianti Febriani yang menjabat sebagai Customer Service, ingin mengajukan surat pengunduran diri kepada Bapak/Ibu. Terhitung bersamaan dengan habisnya kontrak saya di tanggal 30 April 2022. Saya ingin mengajukan pengunduran diri untuk bekerja sebagai Customer Service di PT Sumber Jaya Ban.

Karena suatu hal yang tidak dapat dipaksakan, saya tidak bisa melanjutkan kontrak kerja yang akan diberikan oleh Bapak/Ibu mengingat saya sudah bekerja di perusahaan ini selama 2 tahun. Mohon pertimbangkan kembali untuk tidak memperpanjang kontrak saya. Saya ingin membuka bisnis saya sendiri dan merintis usaha saya dengan modal yang selama ini sudah saya kumpulkan.

Serta mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena tidak bisa melanjutkan pekerjaan saya. Saya akan berusaha bekerja semaksimal mungkin sampai waktu kontrak saya habis untuk mengikuti peraturan perusahaan. Juga ingin mengucapkan terima kasih banyak atas kesempatan yang telah diberikan selama 2 tahun ini, saya dapat mengembangkan dan mengasah kemampuan saya di perusahaan ini.

Semoga PT Sumber Jaya Ban selalu sukses dan terus berkembang untuk menghasilkan produk-produk berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat. Atas perhatiannya, saya ucapkan kembali terima kasih.

Bagaimana Cara Menyerahkan Surat Pengunduran Diri?

Sebaiknya Anda menyerahkan surat pengunduran diri dari sebuah instansi dengan prosedur yang tepat. Mulai dari HRD, kemudian menemui beberapa direksi pada perusahaan terkait. Dengan demikian, akan tercipta suasana yang tidak menjadi beban mental bagi Anda ke depannya. Kemudian hak dan kewajiban juga bisa terpenuhi antara ikatan kerja baik karyawan dan perusahaan.

Posting Komentar untuk "Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan dan Cara Membuatnya"