Widget HTML #1

Contoh Surat Keterangan Kerja Sederhana untuk Semua Keperluan Lamaran Pekerjaan

Ketika ingin mengajukan berbagai hal dalam ruang lingkup pekerjaan, biasanya akan memerlukan yang namanya surat keterangan kerja. Bahkan sekarang ini sudah mencakup semua bidang dan aspek baik bisnis dan berbagai pekerjaan atau aspek manajemen keuangan. Surat pengalaman dan surat keterangan kerja akan membuktikan bahwa seseorang pada dasarnya sudah mempunyai pengalaman pada bidang tertentu, dan pada aspek industri maupun pekerjaan terkait. Hal ini akan sangat mendasar dengan adanya bukti berupa dokumen terlampir dengan tanda tangan pihak direksi atau pada instansi yang mempunyai legalitas.

Surat pengalaman kerja dan surat keterangan kerja sangat penting pada kemajuan karir seseorang. Bukan hanya sekedar karir saja, identik dengan kebutuhan akan finansial juga membutuhkan dokumen ini. Mulai dari perbankan, resume untuk melamar pekerjaan terkait kembali pada bidang yang sama, atau pada pekerjaan dengan aspek dan bidang yang sejenis lainnya.

Mengenal Surat Keterangan Kerja

Secara umum, untuk mendapatkan surat keterangan kerja ini, Anda harus bekerja lebih dulu pada sebuah instansi atau lembaga dan bidang aspek bisnis yang mempunyai legalitas. Dengan demikian, setelah selesai bekerja dalam kurun waktu tertentu memang akan mempunyai sebuah pengalaman. Dan pengalaman ini akan terbukti degan adanya dokumen surat terlampir pada saat Anda mengundurkan diri dari sebuah instansi.

Surat ini dikeluarkan oleh pihak direksi terkait. Dan tidak bisa menjadi absah jika Anda buat sendiri. Dokumen ini akan menjadi bukti bahwa Anda memang pernah bergabung pada instansi dan lembaga terkait. Terbukti dengan adanya legalitas cap atau tanda tangan dari pihak direksi secara resmi. Kemudian ada identitas dari kedua belah pihak secara lengkap dengan berbagai keterangan yang ada di dalamnya.

Misalnya saja mencakup dengan posisi Anda sebagai apa dalam instansi terkait, kemudian berapa lama Anda bekerja dengan instansi terkait. Kemudian dari sejak kapan Anda bergabung dengan perusahaan juga akan ada dan tertera secara lengkap. Penilaian juga sebagian menjadi opsi untuk sebagai tambahan akan prestasi seseorang dalam instansi dan perusahaan.

Kegunaan Surat Keterangan Kerja

Ada berbagai fungsi yang bisa Anda dapatkan jika Anda sudah pernah bekerja dalam sebuah perusahaan dan bisa mendapatkan surat pengalaman kerja. Berikut beberapa fungsi yang perlu Anda ketahui, karena memang ada sebagian orang yang menyepelekan akan hal ini. Ada juga dari sebagian orang akan langsung keluar dan tidak mengundurkan diri secara resmi, sehingga tidak akan mendapatkan surat keterangan kerja yang absah.

1. Sebagai Persyaratan Untuk Klaim BPJS

Bekerja pada sebuah instansi yang legal, tentu akan mempunyai sebuah jaminan pada kesehatan dan jaminan hari tua. Dan berbagai aspek pada finansial yang berupa degan jaminan hari tua, Anda bisa mencairkan kembali hak Anda mengenai hal ini, namun Anda harus bisa membuktikan bahwa Anda sudah bekerja sebelumnya. Sesuai dengan kurun waktu pada jaminan yang akan Anda cairkan.

Jika Anda sekarang masih dalam masa bekerja, jangan sampai mengabaikan ini untuk ke depannya. Apalagi dengan berbagai jaminan kesehatan dan jaminan hari tua yang Anda miliki. Karena memang nantinya akan kesulitan jika Anda ingin mencairkan jaminan hari tua Anda jika tidak mempunyai surat pengalaman kerja.

2. Dibutuhkan Untuk Melamar Pekerjaan Baru

Jika Anda ingin memulai bekerja lagi, atau melamar pekerjaan baru, Anda akan lebih mantap jika mempunyai surat pengalaman kerja. Dokumen ini selain menjadi bukti Anda sudah bekerja sebelumnya, juga akan menjadi bukti kompetensi yang Anda kuasai.

Apalagi jika Anda meneruskan pada bidang pekerjaan yang sama, akan lebih berpengaruh dan lebih di utamakan jika Anda mempunyai pengalaman sebelumnya. Dan ini lebih baik dengan beberapa pesaing pada pelamar pekerjaan yang sama.

3. Untuk Mengajukan Beasiswa

Biasanya juga akan lebih mudah untuk mendapatkan tingkatan pendidikan dan memajukan kompetensi pada bidang terkait. Karena ini bisa memajukan tingkat karir Anda untuk ke depannya. Sehingga memudahkan Anda dalam meraih posisi dan jabatan pada bidang dan aspek bisnis atau perusahaan terkait.

4. Untuk Mengajukan Pinjaman Bank

Nah, Anda juga bisa mengajukan pinjaman bank dengan surat lamaran pekerjaan. Namun ini hanya sebagai data pelengkap saja, kecuali pada SK pejabat atau SK pegawai yang memang bisa menjadi jaminan pinjaman pada bank daerah dan bank BUMN.

Bagian-Bagian Isi Surat Keterangan Kerja

Supaya lebih lengkapnya, Anda bisa menggunakan beberapa isi dari surat keterangan pekerjaan. Ini bisa menjadi pengetahuan Anda jika ingin menerbitkan surat keterangan kerja pada karyawan Anda.

1. Penulisan Dengan Format Resmi

Memang seharusnya pada sebuah dokumen resmi menggunakan bahasa dan ejaan yang resmi juga. Selain di tulis menggunakan ketikan dari komputer, menggunakan bahasa resmi, format dari ukuran kertas dan susunan font juga menggunakan font resmi dokumen.

2. Mengenai Perihal Surat Keterangan Kerja

Kemudian lampirkan juga mengenai job dan desain atau keterangan lengkap terkait karyawan. Misalnya saja mengenai posisi, jabatan, atau keahlian dan berapa lama karyawan tersebut bekerja dan bergabung dengan perusahaan terkait.

3. Memasukkan Informasi Penting

Informasi penting ada pada identitas dan alamat, kemudian job, jabatan, atau keahlian dan kompetensi dan jenjang pendidikan dari karyawan terkait.

4. Memberikan Pernyataan Resmi

Kemudian lampirkan juga dan berikan pernyataan resmi beserta keterangan yang detail mengenai yang bertanda tangan bahwa memang pernah bergabung pada perusahaan terkait. Serta berikan juga keterangan mengenai detail tanggal bergabung maupun keluarnya.

5. Pemberian Tanda Tangan Dan Cap

Berikan tanda tangan dan cap resmi mengenai perusahaan terkait, ini akan memberikan legalitas yang resmi dan memberikan pernyataan terkait dengan regulasi perusahaan. Dengan demikian bisa menjadi absah untuk digunakan sesuai dengan fungsinya.

Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Melamar Pekerjaan

Jika Anda kebingungan dalam membuat surat keterangan pekerjaan, Anda bisa menggunakan beberapa contoh dan referensi yang akan kami berikan di bawah ini.

Kumpulan Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Membuat NPWP

Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Melamar Pekerjaan Terbaru

Kumpulan Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Membuat NPWP Bisa Edit

Contoh-Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Pengajuan KPR

Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk Pengajuan KPR

Cara Mendapatkan Surat Keterangan Kerja

Jika Anda sebagai karyawan yang ingin mendapatkan surat keterangan kerja, Anda bisa menggunakan beberapa opsi berikut ini.

1. Menghubungi Kontak Yang Diperlukan

Secara umum, untuk bisa mendapatkan dokumen ini memang melalui jalur resmi. Anda bisa menggunakan beberapa kontak resmi perusahaan terkait. Dan biasanya memang akan diterbitkan oleh direksi, dan akan mendapatkan dokumen resmi menggunakan cap dan tanda tangan resmi dari perusahaan.

2. Mengikuti Prosedur Perusahaan

Ikuti saja semua prosedur yang ada pada sebuah perusahaan, ini akan memberikan kemudahan bagi Anda mendapatkan surat keterangan kerja. Anda bisa ajukan ke HRD dan kemudian ikuti saja proses maupun syarat yang ada dan sudah menjadi regulasi resmi terkait dengan proses pengajuan dokumen.

3. Siapkan Rincian Informasi Yang Disertakan Di Dalam Surat

Siapkan semua kebutuhan yang ada pada dokumen surat pengalaman kerja. Mulai dari foto, identitas Anda, surat pengunduran diri perusahaan dan berbagai dokumen penting lainnya. 

Posting Komentar untuk "Contoh Surat Keterangan Kerja Sederhana untuk Semua Keperluan Lamaran Pekerjaan"