Widget HTML #1

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Terbaru 2023

Feenance.web.id - Berikut ini adalah contoh laporan keuangan perusahaan jasa yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Semua lini bisnis pasti akan membuat laporan keuangan sesuai dengan bisnis yang sedang di jalankannya, tidak terkecuali pada perusahaan jasa.

Perusahaan jasa merupakan sebuah perusahaan yang khusus bergerak dalam menangani atau memberikan pelayanan di penjualan jasa ( keahlian ). Yang termasuk di dalam bidang perusahaan jasa yaitu adalah bank, asuransi, bengkel motor dan mobil, rental, usaha salon, jasa pengiriman surat dan barang, dan masih banyak yang lainnya. Pembuatan laporan akan dilakukan secara manual dan menggunakan aplikasi laporan keuangan agar proses yang bisa lebih cepat dan akurat.

Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa


Laporan keuangan merupakan hasil dari siklus akuntansi pada sebuah perusahaan jasa. Biasanya laporan keuangan ini di gunakan sebagai alat untuk berkomunikasi antara data keuangan dan aktivitas perusahaan serta pihak yang berkepentingan dengan data dan aktivitas perusahaan.

Laporan ini bisa mengidentifikasikan dengan jelas dari informasi yang di per oleh suatu perusahaan.

Perusahaan yang bergerak di dalam bidang jasa juga mempunyai 4 jenis laporan keuangan utama yaitu :

  • Laporan Laba Rugi
  • Laporan Perubahan Modal (Ekuitas / Ekuitas Pemilik)
  • Neraca ( Statement of Financial Position ), adapun jenisnya yaitu neraca saldo, neraca pembayaran, neraca keuangan, dan lain sebagainya.)
  • Laporan Arus Kas

Sedangkan untuk komponen lain yang ada pada laporan keuangan perusahaan jasa yaitu seperti berikut:

  • Nama perusahaan pelapor dan identitas lain.
  • Cakupan laporan keuangan, apakah hanya mencakup satu entitas atau beberapa entitas.
  • Tanggal dan periode yang mencakup laporan keuangan, mana yang lebih tepat untuk setiap komponen laporan keuangan.
  • Mata uang pelaporan.
  • Satuan angka yang di gunakan dalam penyajian laporan keuangan.

Jenis Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa


Laporan keuangan perusahaan jasa biasanya menyajikan setiap akhir periode yang terdiri di antaranya laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan arus kas serta neraca. Berikut ini merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai jenis laporan keuangan sederhana perusahaan jasa.

1. Laporan Neraca (Balance Sheet) 

Laporan neraca di suatu perusahaan jasa merupakan suatu bentuk laporan keuangan yang biasanya menyajikan informasi tentang perubahan posisi keuangan yang berupa aset, liabilitas kewajiban, dan ekuitas (modal) untuk satu periode akuntansi tertentu di sebuah perusahaan.

Neraca bisa di susun dalam dua bentuk, yaitu dalam bentuk stafel dan bentuk skontro.

2. Bentuk Laporan (Stafel)

Neraca yang akan di susun dalam bentuk stafel biasanya di sajikan dengan harta atau aktiva di bagian atas serta kewajiban dan modal di bagian bawahnya. Neraca dalam bentuk stafel sering disebut juga sebagai bentuk laporan atau vertikal.

3. Bentuk T (Skontro) atau Bentuk Rekening

Neraca yang di susun ke dalam bentuk T biasanya sajikan dengan harta atau aktiva di sebelah kiri, sedangkan untuk kewajiban dan modal ada di sebelah kanan. Neraca dalam bentuk skontro ini sering disebut sebagai bentuk sebelah menyebelah.

Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa

Di bawah ini merupakan contoh laporan neraca keuangan perusahaan jasa, yuk simak!

CV. SERVIS MOBIL JAYA

NERACA

Periode 31 Desember 2022

Aktiva

Pasiva

Kas

Rp.24.200.000,00

Utang Usaha

Rp.5.000.000,00

Piutang Usaha

Rp.500.000,00

 

 

Perlengkapan

Rp.1.500.000,00

 

 

Peralatan

Rp.2.000.000,00

 

 

Akumulasi Penyusutan Peralatan

Rp. 200.000

Modal

Rp.23.000.000,00

Jumlah Aktiva

Rp.28.000.000,00

Jumlah Pasiva

Rp.28.000.000,00

 

Adapun komponen yang ada di dalam contoh laporan posisi keuangan atau laporan neraca pada sebuah perusahaan jasa yaitu sebagai berikut :

  • Kas dan setara kas. Komponen ini ada di dalam semua laporan keuangan, seperti halnya di perusahaan jasa dan di perusahaan dagang. Kas dan setara kas terdiri dari kas, kas di bank serta deposito.
  • Piutang usaha. Komponen ini biasanya mencatat piutang atas penjualan yang timbul dari suatu kegiatan bisnis sama seperti penjualan tiket, dokumen, dan lain sebagainya.
  • Uang muka. Komponen yang biasanya digunakan untuk pembayaran deposit dalam pembelian.
  • Aset tetap. Bagian kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan, seperti kendaraan, bangunan, dan juga tanah. Aset biasanya tetap di nyatakan sebesar biaya pendapatan dan di kurangi akumulasi penyusutan serta rugi penurunan nilai.
  • Utang bisnis dan utang yang lain-lain.Utang bisnis biasanya terdiri dari utang tiket, dokumen, dan lain sebagainya. Sedangkan utang lain-lain adalah utang refund atas pengembalian dari penjualan yang sudah tidak digunakan oleh pelanggan.
  • Utang pajak. Biasanya meliputi pajak penghasilan seperti pada pasal 21, 23, 25, 29 dan pajak pertambahan nilai ( PPN ).
  • Pendapatan akan di terima di muka. Komponen ini biasanya mencatat penerimaan uang muka dari para pelanggan atas penjualan jasa yang masih belum di realisasi. Hal ini telah di akui sebagai pendapatan jika penjualan jasa tersebut sudah di realisasi atau suda
  • Modal saham yang di tempatkan dan di setor secara penuh. Modal saham sendiri merupakan tanda kepemilikan bagi seseorang atau badan dalam suatu perusahaan atau bahkan perseroan terbatas.

Pada umumnya laporan keuangan perusahaan jasa tidak jauh berbeda dengan susunan laporan keuangan lainnya. Jika Anda sudah memahami komponen apa saja yang di perlukan, maka Anda bisa dengan mudah meminimalisir terjadinya kesalahan. Khususnya, saat Anda sedang melakukan perhitungan penyusunan laporan keuangan dalam akuntansi bisnis.


Ulasan di atas merupakan penjelasan mengenai contoh laporan keuangan perusahaan jasa. Apapun bisnis yang sedang di jalankan, penting bagi Anda untuk bisa memperhatikan laporan keuangan.

Untuk bisa membuat laporan keuangan dengan mudah, maka Anda bisa memanfaatkan software akuntansi ataupun aplikasi keuangan perusahaan.

Posting Komentar untuk "Contoh Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Terbaru 2023"