Widget HTML #1

Cara Menganalisa Jurnal dengan Benar yang Bisa Dijadikan Contoh!

Analisis jurnal adalah suatu kegiatan yang biasanya di kerjakan oleh seseorang agar bisa mengetahui kesalahan pada sebuah penelitian yang sebenarnya telah di publikasikan. Adapun, cara menganalisa jurnal ini biasanya dilakukan sebelum seseorang memulai menulis sebuah karya ilmiah.

Lantas, bagaimana bisa orang yang masih belum menulis karya ilmiah justru malah melakukan analisis jurnal? Pada dasarnya, untuk bisa menulis karya ilmiah dengan tepat dan benar, maka Anda harus lebih dulu memahami apa yang bisa di tulis nantinya. Yaitu, bagaimana yang tepat, dan apa saja kesalahan yang harus di hindari.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan analisis jurnal ini. Tapi apakah yang dimaksud analisis jurnal? Lebih jelasnya akan di sampaikan secara rinci di bawah ini.

Apa itu Analisis Jurnal?

Analisis jurnal merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memperhatikan esensi utama pada penelitian yang telah di publikasikan oleh sumber daya ilmiah itu. Lalu setelah itu, akan di padukan dengan gagasan penulis dan gagasan penganalisis. Sehingga saat melakukan analisis jurnal, Anda akan memberikan pernyataan secara singkat dan deskriptif dari jurnal tersebut.

Dengan melalui cara ini, pembaca yang telah melakukan analisis jurnal bisa mengetahui dan memahami arti pada keseluruhan isi jurnal tanpa perlu repot-repot membaca keseluruhan isinya. Sehingga kegiatan ini bisa menjadi metode yang benar untuk menganalisis jurnal guna lebih jelas, efektif, dan bermanfaat.

Arti dari menganalisis jurnal ini akan mengacu pada proses pemecahan topik penelitian dan materi kompleks. Nantinya topik tersebut menjadi di bagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil guna lebih bisa memahami hasil dari penelitian yang sudah di usulkan. Walaupun analisis adalah suatu konsep formal, namun dalam perkembangannya analisis jurnal ini masih relatif baru. Khususnya dalam karya ilmiah baik dalam jurnal nasional ataupun internasional.

Adapun, cara menganalisa jurnal ini telah digunakan pada beberapa penelitian pendidikan masa Aristoteles (384-322 SM). Walaupun, analisis ini sebagai sebuah konsep formal yang merupakan perkembangan relatif baru dalam karya ilmiah baik dalam bentuk jurnal internasional ataupun nasional.

Format Analisis Jurnal


Berikut ini adalah suatu format yang wajib digunakan saat akan melakukan analisis jurnal.

  1. Identitas Jurnal

Biasanya berisi nama jurnal, volume jurnal, nomor jurnal, jumlah halaman dalam jurnal tersebut, tahun terbitnya jurnal, judul jurnal, serta ada juga nama penulis jurnal.

  1. Abstrak Jurnal

Abstrak jurnal merupakan bagian abstrak yang berisikan ringkasan atau rincian singkat mengenai isi jurnal yang di analisis.

  1. Pendahuluan

Penulis analisis jurnal pada umumnya harus menuliskan pendahuluan yang mana bisa menjadi acuan kenapa analisis jurnal tersebut dilakukan dan di pilih.

  1. Landasan Teori

Anda juga harus menyertakan landasan teori yang digunakan pada jurnal tersebut. Baik sumber ataupun referensi, lengkap beserta penjelasannya.

  1. Tujuan Jurnal

Penulis analisis jurnal wajib memahami apa saja tujuan jurnal tersebut di tulis oleh penulis jurnal.

  1. Metode

Di tuliskan metode apa saja yang digunakan di dalam jurnal tersebut untuk bisa mengetahui proses penelitian serta penyelesaian masalah di dalam jurnal.

  1. Hasil dan Pembahasan

Tuliskan hasil dan pembahasan tentang jurnal yang sudah Anda analisis dengan tepat dan benar. Hal ini dilakukan agar para pembaca lebih mudah dalam memahami isi dari jurnal tersebut.

  1. Kesimpulan

Pada bagian ini, sampaikan kesimpulan pada hasil analisis yang telah Anda peroleh.

Cara Menganalisa Jurnal?



Dari penjelasan di atas bisa di katakan jika ada beberapa keterampilan menulis yang di perlukan saat melakukan analisis jurnal, yaitu diantaranya:

  1. Memastikan standar kualitas

Di sadari atau tidak di sadari, kebanyakan jurnal terspesialisasi, seperti misalnya politik, hukum, ekonomi, serta kewirausahaan. Walaupun, beberapa jurnal telah menerbitkan ulasan dan berbagai jenis karya ilmiah pada berbagai bidang ilmiah. Adapun, jurnal ilmiah yang mengandung unsur artikel per-review untuk bisa memastikan bahwa artikel tersebut berhasil memenuhi standar kualitas jurnal serta validitas ilmiah. Oleh sebab itu, sebelum Anda menganalisa jurnal pastikan jurnal tersebut telah memenuhi standar ilmiah yang akan di kaji.

  1. Memberikan informasi rinci

Penerbitan hasil penelitian adalah bagian terpenting pada seluruh jenis metode penelitian ilmiah. Oleh sebab itu, saat akan mendeskripsikan percobaan atau perhitungan, informasi yang rinci harus disediakan. Hal ini sehingga peneliti independen bisa mengulangi percobaan dan perhitungan tersebut untuk bisa memverifikasi hasil. Detail ini seperti halnya menuliskan kekuatan, kelemahan dan mencatat temuannya di dalam buku catatan.

  1. Pastikan Ilmiah

Terakhir, ketika akan menulis laporan analisis untuk setiap artikel jurnal, harap memastikan bahwa metode bahasa yang akan digunakan memenuhi standar bahasa yang di yakini. Misalnya saja untuk Indonesia, menurut PUBI dan KBBI, hal ini karena catatan artikel adalah bagian dari sebuah catatan ilmiah yang bersifat permanen.

Kesimpulan

Demikian cara melatih kemampuan Anda untuk memahami jurnal yang bisa di analisa. Pada tahapan ini untuk bisa memaksimalkan analisis, perlu sering melakukan latihan menulis, terutama pada keterampilan dasar yang berupa berpikir kritis dan logika.

Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan tingkat kognitif Anda dengan beragam cara agar pembaca bisa lebih mudah memahami tulisan Anda. Dan harap rajin dalam mempelajari tulisan tersebut agar Anda bisa mengoreksi kalimat dan kata yang hilang. Begitu juga dengan laporan keuangan yang akan memerlukan kemampuan logika berpikir dan analisa yang tepat.

 

Posting Komentar untuk "Cara Menganalisa Jurnal dengan Benar yang Bisa Dijadikan Contoh!"