Widget HTML #1

Analisis Keuntungan dan Risiko Membeli Saham Facebook 2023

Harga saham Facebook, induk perusahaan Facebook saat ini terus merosot. Per hari Kamis minggu lalu turun hingga 23% dan disebut sedikit lebih murah dari para perusahaan toko bangunan Home Depot.

Selain itu, saham raksasa jejaring sosial ini juga tidak lebih dari Pfizer dan Coca Cola. Meta di kabarkan juga tidak lagi ada di 20 perusahaan paling berharga Amerika Serikat (AS).

Risiko Membeli Saham Facebook



Di balik banyak keunggulan yang di tawarkan, saham Facebook menyimpan banyak risiko yang tidak boleh dianggap sepele. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya.

  1. Ketergantungan Pendapatan Iklan 

Berdasarkan dengan laporan keuangan perusahaan pada tahun 2015 lalu, Facebook telah menerima sekitar 90% pendapatan dari iklan. Angka tersebut tumbuh menjadi 98 % di tahun 2017 lalu. Karena Facebook ini sangat bergantung dengan pendapatan iklan, fundamentalnya juga tidak jauh berbeda dengan perusahaan kabel atau satelit. Risiko ini yang harus disadari para pemegang saham Facebook.

Lantas, pendapatan rata-rata pengguna (ARPU) perusahaan pada Q2 2015 menjadi meningkat hampir seperempat pada 23%. Meskipun total pembelian iklan menjadi menurun lebih dari setengah pada 55%. Hal ini terjadi karena banyaknya biaya iklan di Facebook yang naik hingga 219%.

  1. Kompetisi Media Sosial

Risiko lain yang akan di hadapi dari para pemegang saham Facebook yaitu kompetisi medisi sosial. Facebook menunjukkan kecenderungan dalam meniru atau membeli pesaing.

Pada tahun 2012, perusahaan telah menghabiskan 1 miliar dolar AS di Instagram. Hal ini membuat pembelian yang jauh tidak menguntungkan daripada pada tahun 2014 lalu. Kemudian, mereka membeli WhatsApp yang masih kurang di kenal dengan harga 19 miliar dolar AS. Meskipun pembelian aplikasi ini masih dalam kategori masuk akal secara strategis, karena aplikasi ini bisa menarik pengguna dari Facebook.

  1. Risiko Pasar

Tidak banyak yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam mempersiapkan dan menghadapo jatuhnya pasar saham 2007-2008. Paling utama terkait dengan perumahan atau keuangan. NASDAQ telah kehilangan lebih dari 75% nilainya selama krisis dot-com, dan sangat sulit untuk memprediksi apakah dan kapan kejatuhan lainnya akan datang.

  1. Penyalahgunaan Facebook

Facebook, secara tidak sengaja mengizinkan perusahaan data politik Cambridge Analytica untuk memanen data jutaan penggunanya. Adapun, data tersebut sampai ke tangan operator politik asing dalam pemilu AS 2016.

Dengan berbagai cara, operator politik memakai Facebook dan platform media sosial lainnya agar menyebarkan informasi palsu di sepanjang musim pemilu tahun lalu. Hal ini, bisa menjadi contoh permasalahan yang membuat kepercayaan publik menurun untuk menggunakan sosial media yang satu ini.

Keunggulan Saham Facebook



Sebagai salah satu perusahaan media sosial yang besar, Facebook tentu menawarkan beragam keunggulan yang jauh lebih menarik daripada media sosial lainnya.

  1. Mendatangkan Banyak Pengguna

Angka-angka yang telah disebutkan di atas tentu sangat penting untuk sumber kehidupan Facebook. Facebook juga mengandalkan iklan agar mendapatkan pendapatan, dan bisa meyakinkan pengiklan agar membelanjakan uangnya. Sementara itu, Facebook harus terus menggambarkan jika Facebook bisa terus mendatangkan pengguna baru serta mampu mempertahankan mereka di platformnya.

Dengan melakukan hal ini, perusahaan dapat mengumpulkan lebih banyak data tentang para penggunanya tersebut. Kemudian, bisa di teruskan kepada pengiklan dalam membantu mereka menargetkan dengan benar pelanggan mana yang efektif dengan iklan mereka.

  1. Pendapatan yang Semakin Naik

Seiring dengan banyaknya pengguna, maka terjadi juga peningkatan pendapatan yang bisa mengalahkan ekspektasi analis. Di kuartal keempat, pendapatan Facebook dari hasil iklan tumbuh 31% dari tahun ke tahun. Sementara untuk laba per saham naik menjadi 3,88 dolar AS dari yang semulanya 2,56 dolar AS di kuartal yang sama tahun lalu, meningkat 52%.

Sementara untuk pendapatan iklan memang menyumbang 96,8% dari pendapatan Facebook kuartal tahun lalu. Dan 3,2% sisanya tidak bisa di abaikan, terutama di masa depan. Langkah perusahaan ke dalam realitas virtual mendapatkan dorongan besar kepada kuartal keempat karena headset VR Oculus Quest 2 Facebook. Yaitu dengan seharga 299 dolar AS yang di untungkan karena menjadi headset VR yang banyak tersedia dan terjangkau. Segmen bisnis yang mencakup Oculus Quest 2 ini, dinamai “Other“, mengalami kenaikan sebesar 156% dari tahun ke tahun.

Perkiraan Harga Saham Facebook (Meta) Menurut Para Ahli 2022-2030 Mendatang

Wallet Investor telah memprediksi harga saham Facebook (Meta) ini bisa mencapai angka tertinggi yaitu 179,451 dolar AS pada akhir tahun 2022. Nah, sebelum naik ke nilai pembukaan 247,110 dolar AS tahun depan. Kemudian pada tahun 2025, harga saham Facebook (Meta) terendah yang di prediksi akan mencapai 281,962 dolar AS. Untuk harga META yang akan mencapai 5,33 dolar AS pada tahun 2026, bahkan bisa berada di angka 4,45 dolar AS pada tahun 2030 mendatang.

Sementara itu, prediksi harga saham Facebook atau Meta dalam 12 bulan. Di mana Meta Platform Inc (META) mempunyai target rata-rata 285 dolar AS. Dengan perkiraan tinggi yaitu 553 dolar AS dan perkiraan terendah senilai 180 dolar AS.

Perkiraan ini telah di susun oleh algoritma dengan berdasarkan analisis kinerja harga saham historis Meta Platform. Tidak ada jaminan apapun pada harga saham Facebook (Meta) yang bisa mencapai level tersebut. Melakukan riset dengan sebaik mungkin perlu Anda lakukan sendiri sebelum pada akhirnya berinvestasi saham Meta Platform.

Posting Komentar untuk "Analisis Keuntungan dan Risiko Membeli Saham Facebook 2023"