Widget HTML #1

7 Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen

Feenance.web.id - Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen – Akuntansi diketahui memegang peranan penting dalam upaya pengambilan keputusan di dalam sistem ekonomi atau keuangan. Pengertian dari akuntansi ini sendiri yaitu suatu sistem informasi yang di rancang secara khusus untuk mengukur aktivitas bisnis, untuk memproses data ke dalam bentuk laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pihak manajemen.  

Peranan utama pada ilmu akuntansi ini tidak lain untuk membantu tugas manajemen, khususnya pada fungsi pengawasan dan juga perencanaan. Secara umum, akuntansi ini berhubungan dengan masalah keuangan bahkan aktivitas pencatatan uang.

Namun demikian, dalam penerapannya di dalam dunia bisnis ada berbagai jenis akuntansi. Masing-masing mempunyai peranan dan fungsi yang berbeda. Beberapa jenis akuntansi paling umum dikenal oleh para masyarakat luas yaitu akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen.

Apa Itu Akuntansi Keuangan?


Akuntansi keuangan ini biasanya di gunakan untuk menyajikan kesehatan keuangan di suatu perusahaan kepada pemangku kepentingan eksternal. Hal ini akan memungkinkan dewan direksi, pemegang saham, calon investor, kreditur, serta lembaga keuangan untuk bisa melihat bagaimana kinerja pada sebuah perusahaan selama periode waktu tertentu. Yang berdasarkan dengan analisis laporan keuangan yang akan di ambil dari catatan di masa lalu. Tugas akuntansi keuangan ini biasanya lebih berfokus di penyusunan laporan keuangan untuk selanjutnya diberikan kepada pihak-pihak luar yang berkepentingan. Sehingga, pekerjaan tersebut wajib untuk di publikasikan dan di audit oleh auditor resmi yang berperan penting sebagai pihak independen.

Apa Itu Akuntansi Manajemen?

Akuntansi manajemen, atau yang biasanya disebut dengan akuntansi manajerial mempunyai tugas untuk memberikan laporan yang digunakan oleh manajer dan direktur. Dengan tujuan untuk membuat keputusan tentang operasi sehari-hari pada perusahaan. Alih-alih berfokus di hasil pencapaian yang dilakukan di masa lalu, akuntansi manajerial ini bertugas penting untuk mengidentifikasi masalah operasional yang telah terjadi. Bahkan, mencari cara untuk memperbaikinya untuk meningkatkan keuntungan yang dapat dicapai di masa depan.

Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan


Nah, setelah Anda mengetahui pengertian dari akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan, Anda juga wajib mengetahui perbedaannya. Yuk simak dan ketahui apa saja perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan di bawah ini.

1. Perbedaan dari Segi Tujuannya

Perbedaan akuntansi manajemen serta akuntansi keuangan yang pertama bisa Anda lihat dari segi tujuannya. Akuntansi keuangan ini bertujuan untuk menghasilkan laporan keuangan pada sebuah perusahaan periode akuntansi tertentu.

Sedangkan di sisi lain, akuntansi manajemen bertujuan untuk menghasilkan laporan secara rinci dan spesifik. Akuntansi manajemen juga memiliki tujuan lain yaitu untuk melakukan identifikasi masalah yang ada di dalam sebuah perusahaan dan mencari jalan keluar untuk masalah tersebut.

2. Perbedaan dari Segi Penggunanya

Perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan yang kedua bisa Anda lihat pada segi penggunanya. Akuntansi keuangan biasanya digunakan oleh pihak eksternal dan pengguna yang ada di luar perusahaan.
Oleh sebab itu, akuntansi keuangan tidak mempunyai pengaruh dalam pengambilan keputusan perusahaan.

Contohnya, pihak eksternal perusahaan yaitu investor, kreditur, pemerintah, atau analis keuangan.
Sedangkan, pengguna pada akuntansi manajemen merupakan pihak internal pada sebuah perusahaan. Dengan demikian, akuntansi manajemen mempunyai pengaruh dalam pengambilan keputusan di sebuah perusahaan. Contoh pihak manajemen dan pihak internal perusahaan yaitu sale, manajer, supervisor, eksekutif, dan lainnya.

3. Ruang Lingkup Penggunaan

Perbedaan antara akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan juga ada pada sisi ruang lingkup penggunaannya. Akuntansi keuangan ini menghasilkan laporan yang berisikan data dan informasi keuangan pada sebuah perusahaan secara menyeluruh. Yaitu meliputi laporan laba rugi, neraca keuangan, dan lainnya.

Sementara itu, untuk akuntansi manajemen menghasilkan laporan yang berisikan informasi atau data dengan tujuan hanya melapor pada satu bagian di perusahaan. Contohnya saja, laporan akuntansi manajemen hanya akan dilaporkan kepada bagian produksi, bagian pemasaran, dan lain sebagainya.

4. Rentang Waktu

Perbedaan antara akuntansi manajemen serta akuntansi keuangan juga bisa Anda lihat pada sisi rentang waktunya. Akuntansi keuangan mempunyai laporan keuangan yang sifatnya tidak fleksibel.

Oleh sebab itu, laporan akuntansi manajemen hanya mencakup jangka waktu tertentu saja, contohnya pada periode bulanan, satu tahun, dan setengah tahun. Sedangkan untuk sisi lain, rentang waktu akuntansi manajemen lebih fleksibel jika di bandingkan dengan akuntansi keuangan, contohnya saja mingguan atau harian.

5. Kepentingan

Kepentingan akuntansi keuangan ini bisa lebih mengarah kepada pihak eksternal. Yaitu untuk mengambil keputusan investasi, ekonomi dan evaluasi kinerja manajemen.

Manfaat akuntansi manajemen untuk para pengguna internal perusahaan yaitu memberikan data terbaru dan data yang akan datang. Adapun contohnya yaitu optimalisasi operasional, anggaran, evaluasi kerja, dan lain sebagainya.

6. Dilihat dari Segi Fungsi

Fungsi akuntansi keuangan yaitu sebagai laporan kondisi dan performa pada perusahaan untuk pihak eksternal yaitu investor. Akuntansi manajemen ini lebih mengarah terhadap cara komunikasi internal, seperti kepada manajer.

7. Dilihat dari Fokus Informasi

Perbedaan yang berikutnya yaitu ada pada fokus informasi yang di sampaikan. Akuntansi keuangan ini akan berfokus kepada informasi yang ada di masa lalu dan menunjukkan gambaran tanggung jawab dari pihak manajemen perusahaan kepada kegiatan mengelola dana perusahaan. Sedangkan untuk akuntansi manajemen mempunyai fokus informasi kepada data yang akan datang.

 

Posting Komentar untuk "7 Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen"