Widget HTML #1

8 Ide Bisnis Jualan Bulan Ramadhan

Feenance.web.id - Ide bisnis di bulan ramadhan memang ada banyak. Bulan ramadhan, biasanya memang akan ada berbagai keunikan tersendiri pada bulan ini. Berbagai kegiatan akan berubah drastis, dan kebiasaan sore ngabuburit menjelang magrib menjadi nuansa dan kegiatan banyak orang untuk sekedar menunggu waktu berbuka, mencari makanan untuk berbuka, atau bisa juga mencari suasana sore sambil jalan-jalan dan sebagainya.

Namun bagi sebagian orang, bulan ramadhan juga bisa mendatangkan berkah dan pendapatan tersendiri. Tak heran, ada berbagai jenis makanan dan beberapa jenis produk olahan yang hanya ada di bula ramadhan saja. Mulai dari takjil seperti kolak, dawet, berbagai aneka es buah dan beberapa makanan ringan yang lain.

Buah-buahan juga laris di pasaran, seperti kurma, aneka buah-buahan lokal, atau buah-buahan dan makanan ala timur tengah. Menjelang lebaran dan pertengahan puasa, seperti biasa berbagai harga untuk kebutuhan pokok baik sekunder dan primer akan mengalami kenaikan harga yang signifikan. Mulai dari bahan makanan pokok, atau kebutuhan sekunder seperti dengan pakaian dan perkakas rumah tangga.

8 Ide Bisnis Jualan Bulan Ramadhan



Jika Anda ingin mencari beberapa ide bisnis di bula puasa ini. Berikut ada beberapa jenis bisnis dengan modal yang sederhana namun bisa menghasilkan uang dalam keseharian Anda. 

1. Jualan Makanan Ringan 

Berbagai jenis makanan khas derah terkait di bulan ramadhan memang ada banyak jenisnya. Dan setiap daerah juga mempunyai ciri khasnya masing-masing. Bahkan ada beberapa jenis makanan dan produk olahan makanan yang hanya akan keluar di bulan ramadhan saja. 

Beberapa jenis makanan ringan ini bisa saja berbentuk gorengan, makanan kukus, rebus dan beberapa jenis makanan lain. Anda bisa membuatnya dengan berbagai bahan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di sekitar Anda.

2. Jualan Kolak

Salah satu jenis makanan yang menyegarkan di bulan ramadhan adalah kolak. Jenis ini, merupakan salah satu masakan yang laris dan dijadikan pembuka ketika berbuka puasa. Di berbagai daerah, memang di pinggiran jalan atau di sekitar perkampungan pastinya akan ada banyak yang membuat jenis makanan ini.

Jika Anda ingin membuat kolak sendiri dan dijual, Anda bisa menggunakan beberapa bahan baku yang sangat sederhana. Yang Anda butuhkan hanya beberapa campuran buah, seperti pisang dan buah nangka, kolang kaling kemudian gula jawa. Di masak sampai matang, dan permodalan untuk kolak ini memang sangat sedikit. Denga 50 sampai 100 ribu saja Anda sudah bisa menghasilkan banyak keuntungan dari jualan kolak di bulan ramadhan.

3. Jualan Es Buah

Es buah juga menjadi salah sat jenis minuman yang banyak peminatnya di bulan ramadhan. Bahkan banyak juga penjual yang menggunakan jenis dagangan ini di bulan ramadhan. Pastinya Anda juga pernah melihat para penjual dadakan di bulan ramadhan di gerai, pinggir jalan dan berbagai tempat yang lain.

Jika Anda ingin menjual es buah sendiri, Anda bisa menggunakan beberapa bahan buah-buahan yang ada di sekitar Anda. Beberapa bahan pokok buah yang digunakan saat menjual es buah ini ada beberapa jenis yang pokok dan hampir semua penjual es buah juga menggunakannya. Mulai dari melon, pepaya, kelapa muda, campuran susu dan campuran sirup. Untuk permodalan dalam bisnis jual es buah ini memang sangat mudah dan murah, Anda hanya menyediakan 100 sampai 200 ribuan saja untuk bahan pokok, dan untuk wadah bisa menggunakan perkakas yang ada di rumah Anda.

4. Jualan Es Kelapa Muda

Kelapa muda memang tak hanya ramadhan saja yang laris di pasaran, bahkan di hari biasa saja juga ada banyak peminatnya. Apalagi jika Anda yang tinggal di pegunungan dan perkampungan yang kaya akan pohon kelapa. Tentu akan menjadi peluang bisnis di bulan ramadhan.

Campuran pada es kelapa muda sendiri biasanya hanya menggunakan susu dan sirup saja, tentunya ini sangat mudah di dapatkan dan dengan harga yang sangat terjangkau.

5. Jual Sayuran dan Lauk Pauk

Pada bulan ramadhan biasanya akan ada banyak orang yang konsumtif, banyak orang yang malas memasak. Dan ini bisa menjadi target market Anda. Salah satu ide bisnis yang bisa Anda gunakan adalah menjual sayuran dan lauk pauk untuk berbuka puasa. Atau bisa juga mendekati jam sahur, karena memang pada perantauan dan komplek perumahan atau perkotaan misalnya akan sangat membutuhkan hal ini.

6. Jual Kurma

Kurma menjadi salah satu hidangan dan buah ala timur tengah dan disunnahkan saat berbuka puasa. Penjualan kurma memang sangat bagus di bulan ramadhan. Anda bisa menjadi penjual kurma dengan bekerja sama atau menjadi reselller dari para tengkulak kurma. 

Beberapa kurma jenis super biasanya memang akan dijual dengan harga yang lebih mahal. Anda bisa mencari tengkulak kurma dan kemudian Anda ecer kembali di bulan ramadhan. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan keuntungan tersendiri dengan menjual salah satu makanan dan buah khas timur tengah ini.

7. Jualan Pakaian

Menjelang lebaran memang akan ada banyak hal yang dijual dan dibeli oleh masyarakat. Salah satu tradisi pada lebaran tentu pada hal tampilan. Baik pakaian, perhiasan dan aksesoris memang akan melekat pada lebaran.

Banyak pemburu pakaian dan membeli berbagai produk khas lebaran. Namun persiapan biasanya akan berasa dari pertengahan bulan puasa. Mengingat semua karyawan juga akan menerima THR dan gaji tambahan untuk lebaran, permintaan pakaian pada saat lebaran juga akan naik drastis. Anda bisa menjual pakaian lebaran dari berbagai produk. Atau bisa juga menggunakan online shop dan kemudian menjadi reseller dan marketer, sehingga bisa lebih hemat dalam permodalan.

8. Jualan Kebutuhan Lebaran

Kebutuhan akan lebaran memang ada banyak. Mulai dari pakaian, perkakas rumah tangga, aksesoris ruang tamu, kebutuhan akan furniture dan masih banyak lagi yang lain. Biasanya memang akan ada berbagai jenis renovasi dan pembaharuan rumah. Anda bisa membuka jasa pengecatan rumah misalnya, jasa kebersihan dan beberapa jasa yang lain. Atau bisa juga pada renovasi mebel dan beberapa kebutuhan furniture rumahan.

Posting Komentar untuk "8 Ide Bisnis Jualan Bulan Ramadhan"