Widget HTML #1

7 Istilah Investasi, Pemula Wajib Tahu Ini!

Feenance.web.id - Investasi merupakan langkah yang paling efektif untuk mengembangkan uang dan melipatgandakan penghasilan untuk jangkauan masa yang akan datang. Banyak anak muda sekarang ini sudah mulai melek dengan investasi. Terlebih di era yang serba digital, kemampuan untuk melakukan investasi bisa lebih mudah. Namun jangan sampai salah langkah dalam memulai investasi, ada banyak investasi yang hanya menipu, atau bahkan berbagai money game dengan kedok investasi. Berikut beberapa penjelasan sederhana mengenai berbagai istilah dalam investasi yang pemula wajib tahu supaya tidak salah langkah dalam berinvestasi.

Pentingnya investasi sejak dini juga sebaiknya Anda ajarkan ke berbagai kalangan anak muda. Ini demi masa depan mereka dan jenjang yang harus dilalui untuk kedepannya. Bahkan sekarang ini ada berbagai instrumen yang bisa Anda dapatkan dengan mudah dan sekaligus sebagai aset Anda di masa depan.

Memulai investasi dan mengembangkan bisnis tentu menjadi hal yang paling dasar untuk bisa menambah nilai aset atau bahkan mengembangkan nilai uang. Investasi pada masa kini bisa dijalankan melalui ponsel Anda. Misalnya saja membeli emas digital, membeli saham perusahaan atau beberapa instrumen investasi dan aset lain.

Berbagai perdagangan instrumen keuangan sudah ada dan bisa dilakukan oleh banyak orang hanya menggunakan ponsel saja. Misalnya bursa saham, crypto, obligasi, reksadana dan instrumen keuangan yang lain.

Sudah ada banyak broker yang bergerak dalam bidang bursa efek saham atau beberapa instrumen lain. Dan ini bisa Anda akses menggunakan akun website, atau menggunakan aplikasi pada ponsel Android dan Iphone.

7 Istilah Investasi, Pemula Wajib Tahu Ini!



Sebelum Anda mengenal dunia investasi dan strategi dalam melakukan investasi pada  bursa saham dan instrumen lain, sebaiknya Anda mengenal lebih dulu mengenai berbagai istilah yang ada di dalam investasi. Mulai dari likuiditas, manajer investasi, broker dan masih banyak lagi. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui, karena memang dalam melakukan investasi kedepannya, Anda akan banyak menjumpai berbagai istilah berikut. Terlebih jika nantinya Anda saling mengobrol dengan dengan banyak pakar dan teman Anda yang sudah melakukan investasi pada berbagai bidang aspek ekonomi.

1. Portofolio Investasi

Portofolio investasi merupakan istilah di mana seseorang akan profil investasinya. Jika Anda masuk ke dalam broker dan membuat akun, kemudian Anda membeli sebuah instrumen dan menyimpan instrumen investasi tersebut di dalam akun, maka portofolio dan detail mengenai investasi Anda akan terlihat pada akun Anda.

Dan biasanya memang akan bernama portofolio Anda. Ini akan menjabarkan di mana saja peletakan dana Anda dan instrumen apa saja yang Anda beli. Sekaligus juga akan ada detail investasi mengenai berapa nilai investasi Anda sekarang ini, atau bahkan pada investasi yang akan datang. Kemudian Anda bisa menggunakan berbagai strategi agar lebih mudah dalam membaca dan meningkatkan nilai portofolio Anda sekarang ini.

2. Manajer Investasi

Dalam reksadana, biasanya memang akan ada sebuah tim yang sudah berlisesi dan memang sudah resmi mendapatkan izin untuk mengelola dana nasabah dalam bentuk reksadana. Jadi jika Anda masuk dan mengikuti sebuah platform, jelas nantinya akan ada pengumpulan dana yang akan masuk. Dan dana yang Anda masukkan ini akan masuk ke dalam sebuah manager investasi dari berbagai pihak yang sudah mendapatkan izin untuk mengelola dana dari para nasabah. 

Produk reksadana ini bisa Anda ambil dan ikuti dari banyak platform. Kalau sekarang ini sudah bisa Anda akses menggunakan ponsel Anda. Misalnya saja menggunakan Ajaib atau aplikasi sejenisnya.

3. Diversifikasi Investasi

Dalam berinvestasi Anda harus juga mengerti mengenai diversifikasi investasi. Ini merupakan langkah dan strategi yang bisa Anda gunakan untuk memasukkan permodalan Anda pada berbagai jenis instrumen keuangan untuk meminimalkan sebuah risiko investasi.

Perlu Anda ketahui, investasi tak selamanya mempunyai peningkatan nilai. Kadang juga ada penurunan nilai pada setiap periodenya. Dan ini bisa Anda minimalkan dengan teknik menanam modal pada berbagai instrumen yang mempunyai risiko yang sama atau lebih kecil. Misalnya saja Anda menanam investasi di berbagai jenis saham perusahaan baik blue cheap atau sejenisnya. Kemudian Anda juga menanam modal di crypto atau bahkan valuasi mata uang maupun emas.

Jadi Anda tidak terpaku pada satu jenis instrumen saja, ini bisa membuat Anda jauh lebih aman ketimbang para investor yang hanya menanam modalnya pada satu jenis instrumen keuangan saja.

4. Capital Again

Ini merupakan istilah di mana sebuah aset akan mengalami kenaikan. Dan kenaikan harga maupun nilai ini merupakan harga sekarang dan keuntungan dari selisih harga ketika Anda awal membeli sebuah aset maupun instrumen investasi.

Secara singkatnya merupakan pengertian dari keuntungan yang akan Anda dapatkan. Carilah berbagai instrumen keuangan dan capital again yang bagus, dan kalau bisa jangka panjang. Tapi ingat, minimalkan juga mengenai jenis risiko yang akan Anda dapatkan, sesuaikan saja dengan kondisi keuangan Anda sekarang ini.

5. Return

Return biasanya memang ada pada berbagai jenis saham. Anda bisa mencoba menanam modal pada saham yang bagus. Misalnya saja pada sektor perbankan, setiap tahunnya memang akan membagikan keuntungan dari ekonomi yang mereka jalankan selama setahun, dan biasanya memang akan dibagikan ke seluruh pemodal dan tergantung persentase dari para pemodal.

Namun biasanya keputusan hanya ada pada pemegang saham mayoritas saja yang bisa menetapkan berbagai keputusan yang akan dihadapi untuk kedepannya. Tertarikkah Anda untuk menanam saham?

6. Likuiditas

Ini merupakan semua isi dan semua yang sudah berputar di pasar modal. Misalnya saja likuiditas saham dan crypto. Anda bisa melihat volume perdagangan dan semua jenis saham maupun aset. Biasanya memang mencapai jutaan lembar saham dan jutaan keping crypto. Anda bisa melihat berapa banyak aset yang sudah mempunyai pemilik hanya dengan melihat likuiditas ini. Untuk jumlah nilai bisa mencapai milyaran dan bahkan triliun Rupiah dalam hal ini. Namun hal ini mencakup semua aset yang sudah memiliki nilai dan memiliki pemilik sahnya.

7. Deposit



Salah satu cara untuk membeli saham dan berbagai aset lain memang harus menggunakan mata uang real. Dan fasilitas ini kemudian ada pada sebuah broker, Anda bisa melihat di bagian broker, Anda bisa langsung deposit uang nyata Anda ke dalam akun broker Anda, kemudian masuk dan mulailah memiliki aset yang bisa berkembang baik jangka pendek maupun jangan panjang. Dengan hal ini memang bisa menopang kehidupan Anda di masa yang akan datang.

Dalam hal berinvestasi, faktor meminimalkan sebuah risiko juga harus Anda pelajari. Bahkan sekarang ini sudah ada berbagai jenis aset dan mulai dari crypto maupun saham saja sudah ada ribuan jenisnya. Jangan sampai Anda termakan dengan berbagai bentuk scam yang berkedok dengan investasi.

Posting Komentar untuk "7 Istilah Investasi, Pemula Wajib Tahu Ini!"