Widget HTML #1

6 Ciri Money Game yang Perlu Anda Ketahui

Feenance.web.id - Salah satu model bisnis yang sangat rentan dan sangat rawan namun belakangan ini meledak dan ada di mana-mana adalah bisnis MLM. Investasi bodong dan berbagai model bisnis money game juga banyak dilakukan oleh para oknum yang memang tidak bertanggung jawab. Dan mirisnya, berbagai latar belakang korban juga merasakan kerugian yang besar. Mulai dari artis, pejabat, pengusaha dan bahkan rakyat biasa. Tentu saja sangat mengkhawatirkan mengenai model bisnis jenis ini.

Dengan salah satu trik iming-iming dari berbagai bonus dan penghasilan yang besar, pasif income dan apa pun itu, mereka biasanya akan menargetkan berbagai latar belakang orang yang kurang edukasi dalam dunia investasi dan bisnis.

Menyamarkan sebuah investasi bodong dan berbagai trik penipuan tentu saja bisa sangat merugikan banyak orang. Terlebih masih saja ada orang yang kurang edukasi mengenai model investasi dan harusnya bisa membedakan mana yang menipu dan mana yang memang sebuah bisnis. Apalagi di zaman yang serba internet dan canggih ini, semua informasi bisa dengan mudah Anda dapatkan. Tentu saja rasa malas dan menerima edukasi dan kurangnya juga edukasi dari berbagai pihak.

Beberapa waktu belakangan ini memang sedang marak mengenai berbagai hal dalam investasi. Apalagi semenjak adanya covid dan berbagai pembatasan agar orang tidak berinteraksi. Dampak dari pengurangan karyawan perusahaan dan banyaknya jenis usaha dalam berbagai bidang membuat kebanyakan orang bisa kalap mata dan mencari cara terbaik dan tercepat agar tetap bisa menghasilkan uang.

Namun cara yang salah dan tidak pilah pilih dalam menentukan arah keuangan kadang bisa mengambil jenis bisnis yang salah. Terlebih iming-iming cepat kaya dan aksi dari mereka para marketing money game yang memang akan cenderung flexing baik di media sosial dan profil mereka di kehidupan nyata, tentu watak semacam ini bisa saja mempengaruhi banyak orang.

Ciri Money Game yang Perlu Anda Ketahui

Jangan sampai Anda terjebak dalam bisnis model beginian. Money game atau MLM (multi level marketing) merupakan konsep penipuan dan memang ini sangat di larang di Indonesia dan sudah ada pasal hukumnya. Bahkan ini adalah skema ponzi. Di mana skema model bisnis ini biasanya akan menyamar dengan berbagai macam kedok di mana di dalamnya sudah ada banyak orang yang akan mencari korban baru.

Supaya lebih lengkapnya Anda bisa menyimak gambar bisnis piramida di bawah ini.




Secara garis besar, orang yang menjadi developer bisnis ini akan mendapatkan imbalan dari berbagai pebisnis dan orang yang ada di bawahnya. Dan orang di bawahnya akan mendapatkan kembalian modal maupun keuntungan dengan mendapatkan permodalan dari member mereka. Maka biasanya memang orang yang masuk ke dalam bisnis ini akan di tuntut untuk memperoleh member sebanyak-banyaknya. Dan hal ini akan membuat kembalian modal, atau bahkan keuntungan yang berlipat ganda dari permodalan yang dikeluarkan.

Supaya Anda tidak tertipu dan tahu akan jenis bisnis skema ponzy dan cara mereka bekerja, Anda bisa menyimak berbagai ciri-ciri money game di bawah ini.

1. Scam atau Tidaknya Hanyalah Perusahaan itu yang Tahu

Bisnis semacam ini memang tidak akan jelas baik scam dan penipuannya. Karena memang mereka akan membungkus bisnis ini secara rapi dan bagus. Bahkan mereka juga kadang mempunyai izin resmi, namun izin yang sudah mereka daftarkan tentu saja untuk mengelabui jenis usaha yang dijalankan. Dan jenis usaha yang dipilih merupakan kedok sebagai legalitas saja, bukan sebagai bisnis utama.

Dan scam atau tidaknya memang sangat meragukan. Makanya kalau Anda mendapatkan tawaran pekerjaan dengan sistem kerja yang mudah, tentu saja patut di curigai, dan bahkan jangan sampai ikut di dalamnya. Biasanya memang akan menyasar teman Anda dan keluarga Anda. Jadi jangan sampai Anda mengikuti bujuk rayu mereka yang sudah masuk ke dalam ponzy ini, tentu bisa membahayakan keuangan Anda.

2. Merekrut Orang dan Menjanjikan Hal Besar



Ciri yang kedua dalam mengetahui semua konsep dalam money game ini adalah dengan menjanjikan berbagai bonus yang besar dan akan menjanjikan banyak keuntungan ketika Anda bisa berhasil memperoleh member baru.

3. Memanfaatkan Tokoh Masyarakat dan Public Figure

Money game memang selalu melibatkan berbagai tokoh terkemuka, dan bahkan seorang public figure. Tentu saja Anda masih ingat dengan berbagai berita belakangan ini ada banyak public figure baik yang menjadi promotor atau bahkan menjadi korban investasi bodong.

Supaya lebih jeli lagi, Anda jangan sampai termakan para public figure dan berbagai tokoh masyarakat yang mempromosikan sebuah bisnis yang tidak jelas dan menjanjikan keuntungan yang berlipat ganda. Baik offline dan online memang konsep flexing dan iming-iming menjadi salah satu teknik andalan mereka.

4. Tidak Ada Legalitas

Kalau Anda di ajak dalam sebuah bisnis dan investasi sebaiknya Anda cek lebih dahulu mengenai legalitas dari bisnis dan investasi yang dipromosikan. Anda bisa melakukan cek dengan nama dari bisnis tersebut atau nama perusahaan di situs resminya OJK dan Bappepti atau lembaga terkait yang memang menaungi banyak bisnis di Indonesia.

Biasanya memang tidak akan ada izin, walaupun ada tentu saja tidak sesuai dengan bisnis dan model investasi yang dijalankan.

5. Berani Klaim Tanpa Risiko

Mereka biasanya menawarkan banyak hal mengenai cara untuk mendapatkan keuntungan dan bahkan sampai ratusan kalilipat untuk memperoleh banyak member baru. Promosi semacam ini juga mereka akan menggaransi dan klaim tanpa adanya risiko dari mereka.

Jaminan risiko sukses dan kaya biasanya akan membuat member jadi lupa akan apa yang sedang dijalankan. Namun biasanya akan cepat terbongkar jika semua membernya mengalami kerugian besar. Dan kebanyakan bisnis scam ponzy ini memang demikian. Akan selalu terbongkar jika membernya sudah ribuan dan sudah banyak.

Kalau masih dalam tahap awal, biasanya memang bisnis money game sendiri akan susah di lacak dan di atasi. mengingat para member awal masih menikmati semua keuntungan yang ada.

6. Melakukan Ecuity Crowd Funding dan Security Crowd Funding Tanpa Ada Izin yang Jelas

Akan ada berbagai hal yang tak wajar dalam mengumpulkan dana. Baik penggalangan dana ilegal tanpa izin atau mengumpulkan data pengguna dan member. Sehingga dengan langkah demikian bisa memperluas jaringan dan target member akan semakin luas bagi mereka.

Biasanya memang yang akan mudah terjerumus dalam model bisnis semacam ini adalah semua orang yang memang mempunyai mindset salah, kaya cepat, kaya dadakan dan melipatgandakan uang tanpa perlu bekerja keras.

Sebuah bisnis pastinya akan mendapatkan keuntungan dan perlu permodalan. Namun dalam margin batas keuntungan yang wajar. Akan sangat dicurigai sebagai penipuan dan cenderung memang akan mengarah ke scam jika sebuah bisnis akan berkembang dengan bagus, modal minim dan menjanjikan untung yang lumayan besar.

Posting Komentar untuk "6 Ciri Money Game yang Perlu Anda Ketahui"