Widget HTML #1

5 Usaha Rumahan Modal Kecil Paling Bagus untuk Anda Jalankan!

Feenance.web.id - usaha rumahan modal kecil memang ada banyak. Namun suatu ide dan gagasan seputaran bisnis biasanya orang akan memulai usaha terkendala dengan modal. Dan modal yang kebanyakan orang hadapi tentu saja pada masalah finansial.

Jika Anda mengalami hal yang demikian, tentunya beberapa tips dan contoh usaha mikro kecil yang akan kami bahas kali ini bisa memberikan ide untuk membangkitkan semangat wirausaha Anda. Dan perlu Anda ketahui, solusi permodalan sendiri juga ada berbagai hal jalur yang bisa Anda ikuti. Jadi tidak sebatas uang simpanan yang Anda miliki saja.

Acuan Permodalan Usaha Rumahan




Dalam permodalan, acuan jalur yang bisa Anda ikuti dan perlu Anda pahami sebenarnya ada banyak hal, misalnya saja permodalan dari Anda sendiri, dari pinjaman orang lain, pinjaman bank, mencari investor atau bahkan permodalan dari klien sendiri. Supaya lebih jelasnya, Anda bisa menyimak beberapa hal penjabaranya berikut ini.

1. Permodalan dari Anda Sendiri

Kalau Anda sudah mempunyai simpanan berupa dana yang akan Anda jadikan usaha, sebaiknya memperhitungkan pengeluaran permodalan awal yang seharusnya Anda keluarkan. Misalnya saja dengan pembelian bahan baku awal, atau peralatan untuk melakukan produksi pada tahap awal. Dan ini sebaiknya sesuaikan juga dengan jenis usaha yang akan Anda jalankan.

Berbagai pilihan usaha baik offline dan online memang membutuhkan modal awal, baik berdiri sendiri maupun bergabung dengan para relasi bisnis yang menawarkan sistem franchise. Perlu di ingat, modal dalam memulai usaha dengan uang sendiri, tentu saja Anda harus menyesuaikan dengan keadaan keuangan finansial Anda sekarang. Jangan sampai Anda menggunakan seluruh tabungan untuk memaksakan berdirinya usaha di awal karir.

Perhitungkan juga untuk kebutuhan keseharian Anda. Dan minimal, Anda juga harus mempunyai dana darurat supaya usaha tidak mudah goyah di awal pembukaan. Karena memang biasanya kebanyakan orang akan goyah, jika permodalan sudah mencapai minim dan memaksakan menggunakan keuangan lain. Dan jika sudah goyah dan sudah menggunakan keuangan yang lain, tentu saja usaha akan mudah untuk tutup dan berhenti karena kendala permodalan.

2. Permodalan dari Pinjaman Bank

Untuk jalur berikutnya, Anda bisa melakukan pinjaman ke bank. Perlu spekulasi bisnis yang agak tinggi jika Anda ingin menggunakan jalur permodalan yang satu ini. Bahkan jangan sampai lebih besar pasak dari pada tiang.

Jalur untuk menggunakan permodalan cicilan bank memang sangat mudah. Apalagi berbagai bank dari pemerintah juga sangat mendukung mengenai hal ini. Dipermudah dalam pencairan, namun Anda juga harus bertanggung jawab penuh mengenai tanggungan cicilan Anda perbulannya. Dan karena Anda sendiri akan menanggung cicilan tersebut, maka penghasilan juga sebaiknya bisa menutupi semua yang ada untuk kebutuhan produksi.

Mulai dari cicilan perbulan ke bank, kemudian menggaji karyawan atau berpenghasilan untuk menyewa dan kebutuhan produksi yang lain. Perlu pemikiran matang untuk bisa menggunakan langkah ini. Anda sebaiknya juga menghitung secara rinci mengenai pengeluaran uang yang dibutuhkan untuk membuat sebuah usaha dan penghasilan yang akan di dapat dalam jangka waktu sebulannya.

3. Permodalan dari Orang Lain

Dalam permodalan Anda bisa juga menggunakan modal dari orang lain. Misalnya saja meminjam dari usaha orang lain dengan bidang yang sama, saudara atau yang sudah membuka jasa pinjaman modal usaha. Contoh lain juga bisa menggunakan koperasi dan masih banyak lagi.

4. Mencari Investor

Secara konsep bisnis dan usaha yang bagus, tentu saja dengan prospek kedepan yang akan semakin maju, sebaiknya Anda bisa menggunakan cara memperoleh modal usaha dari investor. Anda bisa memikat para investor dengan model dan konsep bisnis maupun usaha yang ingin Anda jalankan. Sebaiknya perlu teknik marketing yang bagus dalam hal ini. Anda bisa membuka usaha dengan konsep yang kekinian, dan marketing untuk para investor juga harus bisa Anda yakinkan.

Tentu saja dengan berbagai perjanjian permodalan dan pembagian keuntungan yang sesuai dan ini bisa Anda sepakati dengan investor Anda.

5. Menggunakan Permodalan dari Klien Anda

Untuk permodalan dari klien sebenarnya juga bisa Anda lakukan. Misalnya saja Anda membuka usaha makanan untuk pernikahan, atau berbagai usaha lain yang setara. Anda bisa meminta pembayaran awal lebih dulu, baik separuh atau bahkan seluruh dari benefit yang akan Anda dapatkan. Sehingga Anda bisa memutar uang dari klien Anda untuk membuka usaha Anda. Baik membeli bahan baku, membeli peralatan dan membayar orang yang akan bekerja maupun kebutuhan yang lain. Opsi ini memang sering dipakai oleh para kuliner untuk partai besar dan berbagai jasa untuk pembuatan bangunan maupun kontraktor.

Contoh Usaha Rumahan Modal Kecil



Untuk bisa memulai usaha, gagasan dan ide dalam memulai sebuah usaha memang sangat diperlukan. Bahkan tak mudah juga untuk memulai usaha dan jangan sampai hanya meniru orang lain saja. Perlu konsep mendasar dan memang minim dalam hal persaingan atau Anda bisa menggunakan konsep yang baru dalam bidang usaha dan jenis yang sama. Berikut adalah beberapa contoh usaha rumahan yang bisa Anda lakukan dengan modal yang relatif minim.

1. Jahit Pakaian

Usaha ini memang kadang dipandang sebelah mata oleh banyak orang. Bahkan anak muda di zaman sekarang juga sungkan dengan usaha jenis ini. Namun padahal sebenarnya usaha jenis ini bisa menghasilkan uang cukup Anda hanya tinggal di rumah saja.

2. Kuliner Partai Kecil dan Besar

Dalam lingkup sosial lingkungan tentu saja ada banyak hal yang bisa menjadi ide dan gagasan dalam memperoleh finansial dan usaha kecil. Misalnya dengan membuat sebuah jasa kuliner untuk berbagai acara. Misalnya terkait dengan pernikahan, pengajian dan berbagai acara yang membutuhkan hal serupa. Atau bisa juga terkait dengan lembaga dan perusahaan, misalnya pasokan makanan untuk karyawan lembaga dan masih banyak lagi.

3. Pemancingan

Usaha jenis ini memang sangat identik dengan tempat yang mempunyai air yang bagus. Hal ini untuk menunjang modal usaha yang signifikan. Dan di pedesaan sendiri, usaha jenis ini bisa membuat Anda mempunyai prospek yang bagus. Anda cukup membuat kolam ikan dan kemudian bisa Anda budidaya dari kecil atau bisa juga mencari ikan yang sudah konsumsi. Kemudian bisa juga membuat dengan berbagai sistem pemancingan. Baik harian atau borongan dan ini bisa Anda kondisikan sendiri.

4. Ternak Unggas

Ternak ayam dan beberapa unggas lain juga bisa menghasilkan uang untuk pokok dan sampingan. Tentu saja dengan skala yang Anda miliki. Semakin besar jangkauan, baik permodalan dan hasil yang akan Anda dapatkan juga akan semakin besar, dan begitupun sebaliknya.

5. Kebutuhan Sayuran

Untuk mengatasi orang yang sekarang ini memang tidak suka ke pasar dan tak mau ribet. Anda bisa menjual sayuran dan berbagai kebutuhan dapur. Karena sekarang ini juga sudah ada banyak sayur keliling, namun ini bisa Anda sesuaikan dengan keadaan di lingkungan Anda.

 

Posting Komentar untuk "5 Usaha Rumahan Modal Kecil Paling Bagus untuk Anda Jalankan!"