Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akuntansi Feenance

Strategi Persaingan Bisnis Offline dan Online yang Bisa Anda Lakukan Sejak Dini

Feenance.web.id - Strategi persaingan bisnis baik offline maupun online memang sangat berbeda. Apalagi bisnis di era jaman sekarang ini memang lebih banyak bercampur dengan penggunaan berbagai metode modern dan sering melibatkan dengan teknologi. Sehingga untuk mempersiapkan strategi dengan kompetitor memang membutuhkan strategi yang matang dan analisa secara mendalam mengenai produk baik barang atau jasa milik kompetitor.

Dalam melakukan analisa bisnis secara lebih rinci, memang setiap perusahaan dan pengusaha mempunyai teknik yang berbeda. Namun pada pokoknya ada beberapa hal yang memang menjadi konsep strategi untuk sebuah bisnis berani bersaing di dalam market atau tidaknya. Mulai dari permodalan, produksi, SDM dan marketing semuanya merupakan susunan yang kebanyakan sektor bisnis miliki. Hanya saja pada sumber daya yang digunakan dan alat produksi yang dipilih saja yang berbeda.

Dalam dunia bisnis kompetitor memang sangat wajar. Ada banyaknya kompetitor memang bisa menjadi salah satu jenis hal yang memang mempunyai daya juang untuk mempertahankan produk mereka di pasaran. Kadang juga setiap pengusaha dan pebisnis akan bergabung dan memberikan effort yang sama untuk saling bekerja sama memenuhi kebutuhan sesuai market yang dicanangkan.

Strategi Persaingan Bisnis Offline dan Online yang Bisa Anda Lakukan Sejak Dini


Pasar sejatinya akan memilih produk mana  yang cocok untuk mereka. Dan bahkan dari berbagai brand yang ada dalam produk sekarang ini semuanya juga mempunyai marketnya masing-masing. Misalnya saja dengan ponsel Android. Ada banyak jenis developer dan vendor pabrikan dari ponsel jenis ini, dan masalah persaingan jangan Anda tanyakan lagi, bahkan sampai banting harga agar produk mereka bisa laku. Diskon dan berbagai harga promo bisa dijadikan terobosan untuk memperoleh pengguna baru dan berbagai teknik marketing agar produk bisa langsung dikenal orang.

Dan ini sama saja dari berbagai developer pabrikan memang demikian. Dan lihat saja, semua jenis vendor mempunyai pasarnya masing-masing. Antara Iphone dan Android juga mempunyai pemakai loyal mereka masing-masing. Jadi jangan khawatir dengan persaingan dalam dunia bisnis, ini sangat wajar dan menjadi tantangan Anda agar produk Anda baik barang maupun jasa bisa menjadi unggulan dan banyak digunakan di market.

Ada beberapa poin penting yang sebaiknya Anda lakukan untuk bisa menganalisa persaingan yang sedang terjadi jika produk Anda merosot nilai pemasarannya baik offline maupun online. 

1. Kualitas Produk Baik Barang Maupun Jasa

Coba Anda kenali semua kompetitor Anda, dan tandai saja kompetitor mana yang sangat berpengaruh pada kelangsungan bisnis Anda. Ini agar Anda bisa mengevaluasi semua produk yang sudah Anda jual di market. Jika memang penjualan menurun, coba cek pada tren yang sedang terjadi. Kemudian pada jenis market apakah ada kompetitor baru atau tidaknya.

Perhatikan pada semua pelayanan Anda ke pelanggan. Kadang memang sebuah produk baik barang maupun jasa ini bagus dan mempunyai kualitas yang baik, namun pelayanan yang buruk juga bisa menjadi salah satu hal yang menurunkan daya beli konsumen. Konsumen tidak akan nyaman dengan perlakukan buruk dan pelayanan yang kurang maksimal.

Kemudian pada tempat produksi, ini bisa Anda terapkan pada kenyamanan dan kebersihan. Apalagi jika bisnis Anda seputar dengan kuliner. Tentu kebersihan dan pelayanan bisa menjadi tolak ukur pertama dalam hal marketing dan menggaet konsumen selain dengan cita rasa yang Anda suguhkan.

2. Pemasaran

Dalam memasarkan produk tentu ada berbagai teknik agar pengguna produk lain bisa langsung pindah dan menjadi pengguna baru Anda. Kemudian bisa juga menggaet pengguna lama yang sudah lama tidak menggunakan produk Anda. Teknik promosi dengan berbagai hal yang menarik tentunya bisa memberikan peluang akan produk Anda yang bisa dilirik dan kemudian konsumen tertarik untuk membeli.

Anda lihat saja di bagian toko online. Tentu saja ada beberapa hal yang menarik bukan? Mulai dari diskon, promo, kemudian ada gratis ongkir, ada juga berbagai event menarik. Tentu ini akan menarik orang yang kadang mungkin tidak sedang membutuhkan produk tersebut. Namun dengan langkah ini dan melirik harga yang ada diskon, tentu saja bisa menjadi hal yang bagus untuk dia membelinya. Pada segi flash sale, Anda akan mendapati waktu mundur bukan?

Ini bisa menjadi daya tarik dan trigger agar orang bisa berpikir cepat dan membeli produk Anda sekarang. Kemudian kalau Anda lihat di segi offline, Anda juga mungkin pernah lihat bagaimana cara swalayan dan mini market menata barang mereka. Tentu ini tidak sembarangan. Anda misalnya hanya ingin membeli sabun mandi di minimarket, dan mungkin uang sudah Anda siapkan.

Namun setelah sampai ke minimarket, sesampainya di bagian rak sabun mandi dengan berbagai merk, tentu saja Anda akan melihat semua perlengkapan alat mandi mulai dari anak sampai dengan dewasa. Dengan demikian, Anda akan melihat berbagai produk tersebut, atau teringat juga dengan kebutuhan lain yang sudah habis, misalnya saja sampo.

Kemudian Anda akan ke depan bagian kasir dan membayarnya, Anda akan melihat berbagai produk yang sedang ada promo. Baik entah diskon ataupun tebus murah. Kemudian lagi Anda akan mendengarkan kasir menawarkan beberapa tambahan seperti pulsa dan paket data. 

Dan begitulah, awalnya Anda hanya akan membeli sabun mandi saja, Anda bisa membeli berbagai barang dan ini bukan tujuan awal. Sampai di sini cerita singkat ini jelas bisa dengan mudah Anda pahami, dan ini merupakan sekelumit dari strategi marketing pada swalayan dan minimarket.

3. SDM

Dalam hal SDM, memang juga perlu yang namanya pengetahuan dan banyak berbagai skill yang perlu dipelajari. Mulai dari produksi, analisa, atau bahkan sampai pemasaran dan pelayanan ke konsumen. Ini bisa Anda terapkan pada semua karyawan bisnis Anda. Bisa dengan memberikan pelatihan untuk bidang tertentu secara gratis, atau bisa juga dengan memberikan sertifikasi pada bidang keahlian terkait. 

Kemudian Anda juga harus melakukan evaluasi pada SDM yang kurang bagus pada perjalanan bisnis Anda. Dan perhatikan juga dengan profesionalitas dari SDM yang Anda gunakan. Jangan sampai SDM yang bagus Anda sia-siakan, dan kadang ini memang sering terjadi.

Misalnya saja pada pengusaha restoran dan mempunyai banyak koki. Koki yang handal di anggap biasa saja, padahal sudah loyalitas penuh untuk bisnis kuliner bosnya. Kemudian lama-kelamaan memang akan memberikan efek yang kurang bagus pada kinerjanya. Dan kadang koki ini mengerti semua rumusan bisnis dan semua margin keuntungan yang didapatkan bosnya.

Sehingga pada waktunya tiba, dan kemudian ada kesempatan memang koki ini bisa berpindah ke investor lain atau bahkan mendirikan bisnisnya sendiri. Dan kadang bisa saja menjadi saingan Anda yang paling berat di kemudian hari.

Posting Komentar untuk "Strategi Persaingan Bisnis Offline dan Online yang Bisa Anda Lakukan Sejak Dini"

X