Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akuntansi Feenance

Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

Feenance.web.id - Bisnis dalam era digital memang sangat dimudahkan. Apalagi dengan kecanggihan perbankan dan uang digital, yang semua sektor bisnis juga sudah menggunakan fitur ini. Tentu saja memudahkan bisnis online dalam melakukan transaksi pembayaran secara cepat dan mudah. Bisnis online dan offline sejatinya menggunakan konsep berbisnis yang sama, hanya sarana saja yang berbeda. Strategi pemasaran online untuk meningkatkan penjualan bisnis online juga sangat diperlukan, hal ini untuk mendorong daya beli dan memperoleh margin keuntungan yang lebih baik.

Dalam melakukan bisnis online, ada banyak hal yang bisa dilakukan, apalagi sekarang ini sudah dipermudah dengan adanya berbagai sistem untuk melakukan promosi, melakukan pembayaran, atau bisa juga melakukan komunikasi yang lebih baik dan secara cepat. Sehingga bisnis online Anda bisa Anda lakukan di mana saja, kapan saja Anda inginkan. Tak terikat oleh waktu dan aturan, dan semua bisa tergantung dengan konsep yang Anda ingin lakukan.

Bisnis online ini ada banyak. Mulai dari jualan jasa, produk, atau menjualkan barang milik orang  lain. Menjualkan barang orang lain pun juga ada beberapa jenisnya. Mulai dari reseller, atau bisa mengikuti program afiliasi yang di mana Anda bisa mendapatkan keuntungan dan mempunyai bisnis sendiri tanpa memerlukan stok produk.

Strategi yang paling dibutuhkan dalam bisnis online sendiri tentu mengacu pada bagian pemasaran. Misalnya saja pemasaran pada produk, tentu akan berbeda pada saat menjual jasa dan mempromosikan barang atau jasa milik orang lain.

Pemasaran dalam bisnis online memang identik dan sering dikenal dengan istilah digital marketing. Mencakup banyak hal memang yang akan dipelajari, namun tinggal sesuaikan saja dengan bisnis yang sedang Anda jalankan. Apalagi dengan keadaan permodalan yang Anda miliki. Karena setiap sisi strategi akan mempunyai anggaran biaya dan konsep yang berbeda.

Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online



Dalam bisnis online strategi pemasaran memang sangat penting. Apalagi seberapa jauh Anda dalam memanfaatkan dan melakukan realitas pada strategi Anda juga akan menjadi tolak ukur bagi kompetitor bisnis Anda. 

Mungkin Anda pernah mendengar bahwa start up pada awalnya akan membakar uang dan melakukan promosi besar-besaran hanya untuk mendapatkan pengguna baru dan mempertahankan pengguna yang sudah sebelumnya bergabung. 

Dan memang demikian, tak heran jika para pebisnis online ini akan membayar berbagai endorsment yang bernilai ratusan juta hanya untuk mengenalkan dan meraih popularitas pada brand yang mereka usung.

Secara sederhana, memang strategi pemasaran sendiri akan lebih mudah dan murah jika memang promosi Anda ini bisa tertarget. Kalau sekarang ini memang sudah dimudahkan dengan adanya banyak fitur baru dari berbagai developer raksasa internet seperti Google. Anda bisa melakukan teknik SEO, atau bisa juga menggunakan iklan berbayar.

Berikut ada beberapa hal yang bisa Anda gunakan dalam menentukan strategi pemasaran online Anda di internet.

1. Membuat Website

Website ini seperti warung dan toko kalau di dunia nyata. Anda akan menyewa sebuah lahan dengan alamat virtual, di mana di dalamnya bisa di isi dengan penawaran produk Anda baik barang maupun jasa. Kemudian Anda akan melakukan optimasi dan membuat website ini semaksimal mungkin. 

Website yang bagus tentu saja mempunyai harga yang mahal, namun sesuaikan saja dengan bisnis yang sedang Anda kelola. Secara mudah juga ada beberapa platform gratis untuk membuat website atau sekedar blog agar usaha dan bisnis Anda mudah di cari menggunakan Browser.

Website sendiri selain bisa menjadi tempat Anda untuk jualan produk baik barang atau jasa, selain itu juga bisa meningkatkan brand dan popularitas nama bisnis Anda di internet.

2. Membuat Akun Media Sosial

Pengguna media sosial memang sudah tidak diragukan lagi, bahkan sudah mencapai jutaan pengguna dan pengguna media sosial juga mencakup dari seluruh negara di dunia. Media sosial sendiri juga ada banyak. Ada yang basicnya menggunakan foto, status atau bahkan video pendek. Dan Anda sendiri tentu tidak asing dengan berbagai media sosial yang sudah ada. Mulai dari Facebook, TikTok, Youtube, Instagram dan beberapa media sosial lain.

Dari tiap media sosial dan platform yang diusung, jelas memiliki banyak fitur yang berbeda antar platform. Namun pada intinya jelas sama saja, semua media sosial bisa digunakan untuk saling berinteraksi antar penggunanya.

Dengan menggunakan media sosial, Anda bisa lebih muda dalam mempromosikan produk Anda. Terkait dengan brand yang Anda usung juga mudah ditemukan. Anda bisa membuat katalog produk lengkap beserta harganya. Selain itu, dalam teknik marketing review juga sangat penting. Ini juga sebagai evaluasi dan menilai seberapa bagus produk Anda. Anda bisa meminta review bagi orang yang sudah menggunakan produk Anda baik barang maupun jasa.

Media sosial biasanya akan identik dengan pengikut atau follower. Dan usahakan akun Anda bisa menggaet banyak followers. Karena memang semakin banyak followers semakin besar pula kemungkinan produk Anda akan dikenal banyak orang.

3. Iklan Berbayar

Salah satu teknik marketing dalam dunia bisnis online memang ada pada periklanan. Dengan menggunakan periklanan ini Anda bisa lebih mudah menjangkau pelanggan Anda secara tertarget dan mudah dikenal banyak orang. Biasanya platform yang digunakan adalah platform yang bagus untuk periklanan dan sebaiknya memang menggunakan berbagai platform ads yang sudah terpercaya.

Anda bisa menggunakan platform lokal atau platform yang sudah memiliki jaringan luas. Misalnya saja Google, Youtube, Facebook, Instagram dan TikTok. Di beberapa media sosial dan platform yang sudah kami sebutkan ini memang sudah menggunakan media periklanan.

4. Optimasi Google Maps Bisnis

Melakukan optimasi pada Google Maps merupakan salah satu cara untuk bisa memberikan banyak kemudahan agar bisnis Anda bisa terlihat di tempat sekitar Anda. Dengan demikian pengunjung dan pelanggan yang berada di sekitar bisa langsung mengetahui bisnis Anda.

Usahakan bangun rating bisnis yang bagus, ini akan memberikan beberapa rekomendasi dari Google Maps agar bisnis Anda bisa menjadi nomor satu di daerah Anda dan dengan rating yang terbaik. 

Demikian beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya strategi pemasaran bisnis online Anda bisa tertata dengan rapi

Posting Komentar untuk "Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online"

X