Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akuntansi Feenance

Kunci Peluang Usaha Sebenarnya, Pemula Wajib Tahu Ini!

Feenance.web.id - Kunci peluang usaha sebenarnya ada banyak hal yang bisa mempengaruhinya. Ini wajib pengusaha pemula tahu, dan gunanya tentu sudah jelas untuk seorang pengusaha mengambil keputusan pada bidang usaha yang akan dipilihnya.

Memang belakangan ini semenjak adanya pandemi, semua jenis sektor bisnis sedang mengalami penurunan yang sangat signifikan. Padahal yang sebelumnya tentu sudah merebak berbagai sektor yang akan maju dan akan berkembang dengan pesat. Selain sektor ekonomi dan penurunan berbagai bisnis, namun bagi mereka yang berani mengambil peluang, tentu saja masih bisa mendapatkan uang dan berpenghasilan di masa pandemi ini. Salah satunya dengan adanya sektor online dan berbagai platform yang bisa dijalankan untuk keperluan bisnis.

Mulai dari toko online, layanan antar jemput, layanan konsultasi kesehatan dan beberapa atribut pandemi itu sendiri. Bahkan sempat juga menjadi heboh akan adanya kelangkaan masker di negeri ini. Dan sesuai dengan rumus ekonomi, semakin langka barang, semakin  tinggi permintaan maka harga semakin naik pula. 

Terkait dengan adanya berbagai kebijakan juga sangat mempengaruhi peluang usaha dan berbagai sektor bisnis yang sudah berjalan mulus sebelumnya. Misalnya saja pada berbagai sektor bisnis usaha kecil dan menengah. Ini tak hanya di negeri ini saja, bahkan pandemi sempat menurunkan daya beli dan nilai perekonomian semua negara di dunia.

Bahkan dari berbagai perusahaan terkemuka juga sudah mengalami berbagai pengurangan karyawan dan beberapa pengurangan jam produksi guna bisa menekan biaya produksi mereka. Jika Anda termasuk karyawan perusahaan yang dirumahkan akibat pandemi, atau seorang pengusaha yang terdampak pandemi dan sudah tidak bisa bangkit lagi, di era yang baru setelah pandemi ini cepatlah Anda berpikir dan bisa ambil peluang baru untuk bisa bangkit lagi walaupun dalam sektor bisnis yang berbeda. 

Misalnya saja pada sektor teknologi yang memang sekarang ini sudah mencapai zaman yang serba canggih. Anda bisa memanfaatkan berbagai teknologi terbaru seperti website maupun membangun media sosial Anda. Ini juga merupakan membangun aset digital yang dikemudian hari juga bisa berharga.

Kunci Peluang Usaha Sebenarnya



Untuk bisa menentukan kunci dalam peluang usaha yang bagus bagi Anda, jelas saja Anda harus bisa menyesuaikan dengan banyak hal di sekitar Anda. Peluang usaha akan membentuk sebuah ide di kepala Anda, namun kalau ini tidak langsung Anda eksekusi, maka Anda sudah kehilangan satu peluang.

Berikut beberapa kunci peluang usaha yang sebenarnya bisa Anda amati dan Anda ambil agar bisa memperoleh keuangan dan tingkat ekonomi yang signifikan.

1. Analisa Peluang Usaha dan Sesuaikan dengan Kemampuan

Kemampuan Anda dalam bidang usaha jelas tentu sudah ada bagian yang sudah Anda sukai dan Anda bahkan tidak tahu sama sekali. Bagian ini tentu saja sangat mempengaruhi Anda dalam mengambil keputusan untuk memilih usaha yang Anda senangi.

Biasanya memang jenis usaha yang mudah dan sudah di kenali, akan lebih ringan dalam melakukannya setiap hari. Apalagi kalau sudah merintis, tentu saja sudah bisa menggunakan banyak hal yang bagus untuk memulai bisnis.

Anda bisa mencari peluang usaha dan bisnis yang memang sudah sesuai dengan passion Anda. Misalnya saja jika Anda memang mempunyai hobi dalam hal memancing. Tentu Anda bisa melakukan penjualan pada berbagai alat pancing, kemudian Anda bisa membuka toko pancing atau sejenisnya.

Dan kemungkinan besar jika Anda memang hobi memancing, tentu saja ada banyak rekanan dan lingkungan atau teman dalam hobi ini. Jelas ini bisa menjadi market awal Anda, dan kemungkinan besar Anda akan mendapatkan pelanggan dengan cepat.

Berbeda dengan orang yang tidak sudah memancing dan bahkan tidak mengerti dengan berbagai alat pancing, tentu saja jika memulai bisnis ini bisa kesulitan, dan bahkan sangat susah untuk mendapatkan pelanggan.

2. Analisa Permodalan

Permodalan dalam sebuah bisnis memang identik dengan uang. Padahal ini bisa direkayasa dan bisa Anda siasati. Misalnya saja Anda berbisnis online menjadi reseller, dan Anda promosi berbagai barang yang memang berpotensi bisa terjual di tempat Anda. Tentu ada berbagai langkah dalam mendapatkan barang tersebut. Dan biasanya memang kalau di online shop ini akan memberikan ketentuan pembayaran di muka. Bagaimana jika Anda ingin memulai bisnis ini?

Tentu saja Anda bisa melakukan ketentuan yang sama. Anda bisa berbisnis dan memilih peluang usaha yang memang bisa menggunakan DP atau sejenisnya, atau bahkan bisa juga menggunakan metode pelunasan di awal. Jadinya Anda bisa lebih mudah dalam melakukan perputaran uang.

3. Analisa Pesaing dan Kompetitor

Pesaing dan kompetitor memang ada banyak hal dan memang bisa bervariasi, karena memang setiap orang dalam memulai usaha mereka dengan keadaan yang relatif berbeda. Terutama dalam skill dan permodalan, jelas berbeda walaupun dalam sektor bisnis yang sama. Anda bisa memanfaatkan semua celah yang ada pada kompetitor Anda.

Misalnya saja dengan menggunakan promo, diskon, atau salah satunya dengan membuat usaha Anda bisa lebih lengkap dan dengan harga yang bisa lebih murah daripada pesaing Anda. Yang terpenting dalam membuat branding sebuah bisnis jelas membentuk sebuah ekosistem yang memang menjadi salah satu hal Anda sebagai leadernya. Dengan demikian Anda bisa memanipulasi untuk ke arah bisnis atau mulai mengenalkan produk Anda.

Jika brand Anda sudah mengena di hati konsumen, jelas konsumen akan selalu mengikuti produk baru Anda.

Posting Komentar untuk "Kunci Peluang Usaha Sebenarnya, Pemula Wajib Tahu Ini!"

X