Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akuntansi Feenance

Faktor yang Paling Utama Dalam Keberhasilan Usaha

Feenance.web.id - Mempunyai bisnis sendiri memang bisa menjadi salah satu hal yang lebih bisa meningkatkan ekonomi dan taraf hidup seseorang. Dan ini juga menjadi idaman banyak orang. Namun untuk merintis bisnis dari nol tentu tidak semudah dan segampang yang dibayangkan. Bahkan ada berbagai faktor yang paling utama dalam keberhasilan usaha. Ini perlu Anda pelajari sejak dini jika Anda ingin mempunyai bisnis sendiri.

Bisnis dan usaha lebih mempunyai peluang besar untuk bisa menghasilkan banyak uang, ketimbang Anda masih bekerja dengan orang lain. Karena risiko yang besar juga bisa saja menerpa, tak hanya penghasilan besar semata. Dan hanya orang-orang yang bisa mengambil risiko saja yang mampu untuk menjalankan ide yang kemudian direalisasikan. Jadi tak hanya sekedar ide dan gagasan usaha saja yang dicanangkan.

Apalagi dengan kecanggihan di era teknologi sekarang ini memang ada banyak hal yang harus diperhatikan terkait peluang pekerjaan dan peluang usaha. Peluang usaha yang bagus tentu bisa langsung Anda ambil dan sebaiknya juga Anda memperhatikan semua yang memang bisa menjadi risiko dan faktor penghambat yang ada. Bahkan sekarang ini Anda bisa berbisnis hanya menggunakan perangkat ponsel Anda dan cukup Anda jalankan dari rumah. 

Misalnya saja Anda menjalankan bisnis online reseller, menjalankan bisnis afiliasi dan masih banyak lagi. Tentu ada berbagai kendala yang memang bisa saja terjadi, namun jika Anda bisa menghindari dan mengatasi semua faktor yang menjadi penghambat, tentu secara mudah bisa langsung meningkatkan skill Anda.

Bahkan sekarang ini Anda bisa berbisnis tanpa perlu menggunakan modal yang besar dan hanya menggunakan perangkat ponsel Anda. Banyak yang sudah sukses menjalankan berbagai bisnis afiliasi, media sosial, aset digital dan banyak jasa digital yang juga sekarang ini dibutuhkan.

Mulai dari jasa editing video, jasa konten kreator, jasa pengisi suara atau bahkan penulis berita. Selain berbagai jenis peluang usaha semacam ini masih minim pesaing, tentu dengan skill yang Anda punya, mulailah membangun bisnis Anda sejak dini di dunia maya. Mengingat konsep-konsep sederhana yang justru bisa menjadikan Anda bekerja secara freelance, dan jika sudah melakukan ini, maka Anda bisa bekerja tanpa perlu menggunakan seragam. Tanpa perlu mengikuti banyak aturan, yang jelas kualitas skill Anda saja.

Anda bisa bekerja di mana pun dan kapan pun Anda mau. Bahkan fleksibilitas semacam inilah yang memang bisa menjadi salah satu hal dan dambaan kebanyakan orang. Namun dalam memulai sebuah marketing jasa dan produk digital di internet juga tak semudah seperti dalam benak Anda. Karena kebanyakan orang memang hanya terlihat kalau sudah sukses dan mempunyai  nama besar saja. Dan pada bagian seperti yang kurang menyenangkan dalam perjuangan usaha justru tidak akan terlihat.

Faktor yang Paling Utama Dalam Keberhasilan Usaha


Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi pola pikir Anda dalam memulai sebuah usaha. Apalagi kalau sekedar baru ingin mulai. Tentu Anda akan langsung berpikiran bahwa modal uang lah yang paling utama. Tentu tidak saja begitu, sudah kami paparkan sebelumnya dengan beberapa contoh pada bisnis digital yang bisa dilakukan tanpa modal uang, bahkan hanya bermodalkan ponsel Anda saja. Sekarang mari kita bahas satu persatu secara lebih rinci.

1. Modal

Sekarang Anda mulai berpikir bahwa permodalan ini bisa datang dari berbagai arah, bukan satu arah yang hanya Anda saja yang mengeluarkan uang. Mulai dari investor, bisa juga dengan menjaminkan barang dan aset Anda ke bank kemudian Anda mengajukan pinjaman, atau modal dari konsumen itu sendiri. 

Seperti halnya dengan bisnis online, bisnis offline juga masih sama saja, yang hanya beda pada konsep cara menjalankannya. Pada segi permodalan, Anda sebaiknya kalkulasikan lebih dulu seberapa besar jenis usaha yang akan Anda mulai. Kemudian kalkulasikan dengan sejumlah uang yang Anda miliki. Kemudian ambil perkiraan margin keuntungan yang akan Anda dapatkan. Setelah margin ini terlihat, tetapi jangan lupa juga dalam mempertimbangkan faktor risiko kegagalan, tentu Anda bisa mengatur keuangan yang akan Anda keluarkan.

Jika memang di rasa tidak cukup, Anda bisa langsung mengajukan ke bank. Namun usahakan margin keuntungan  juga sudah jelas. Jangan sampai faktor risiko kegagalan usaha bisa lebih kacau, karena memang ini menggunakan uang pinjaman.

Anda bisa juga membuat sebuah kemitraan dan terdiri dari banyak investor. Degan adanya banyak investor, tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk mengontrol dan mengembangkan usaha Anda. Namun Anda juga harus bisa meyakinkan banyak investor ke jenis usaha Anda.

Untuk permodalan dari konsumen misalnya saja Anda membuka jasa kontraktor pembangunan rumah. Dan ini bisa lebih mudah apalagi terkait dengan kepercayaan antara developer pengembang dan pihak konsumen, tentu saja akan meminta DP atau bahkan pelunasan di awal. Dan ini banyak dilakukan oleh pengembang perumahan atau apartemen.

2. Skill

Dalam memulai usaha apa pun, skill memang juga sangat di atributkan dan menjadi tolak ukur apakah Anda profesional atau tidaknya dalam menjual produk Anda baik barang maupun jasa. Profesionalitas kerja tentu konsumen akan lebih pecaya mengenai semua produk Anda.

Anda bisa melakukan upgrade skill, misalnya saja dengan pelatihan, atau banyak hal lain seperti datang ke orang yang senior dan masih banyak lagi. Apalagi dengan adanya media sosial yang membesar, berbagai tutorial memang akan lebih membantu, Anda bisa mencarinya di internet.

3. Kepercayaan Pelanggan

Dalam menggali kepercayaan pelanggan memang tak semudah yang dibayangkan. Bahkan ini membutuhkan ekstra tenaga dan pikiran yang terus bisa mendapatkan hati para konsumen produk Anda. Kepercayaan di ikuti dengan softskill maupun hard skill.

Jika Anda sudah bisa mendapatkan kebanyakan pembeli yang ada dimarket, tentu saja pesaing Anda akan lebih memikirkan. Dan Anda tentu jangan sampai stack pada satu produk saja, sebaiknya juga pikirkan untuk produk selanjutnya. Sehingga jika ada pesaing yang menjalankan bisnis yang sama, Anda sudah mempunyai inovasi barunya.

Posting Komentar untuk "Faktor yang Paling Utama Dalam Keberhasilan Usaha"

X