Widget HTML #1

Cara Ternak Bebek Petelur dan Potensi Bisnis yang Dihasilkan

Feenance.web.id - Telur bebek, komoditas lauk yang memang banyak dan laris di pasaran. Bahkan untuk harga telur bebek sendiri juga lebih mahal dari telur ayam. Untuk sekarang ini sudah 2 ribuan perbutirnya, ini dari petani. Jika Anda membeli telur asin, tentu sudah lebih dari itu. Jika Anda tinggal di desa, dan masih mempunyai lahan yang nganggur, Anda bisa bisnis dan usaha ternak bebek petelur.

Ternak bebek mempunyai daya jual yang bagus, dan bahkan ada dua metode untuk menghasilkan uang dari ternak bebek. Anda bisa mengambil telur bebek, atau bisa juga untuk bebek yang tidak produktif lagi dalam bertelur, Anda bisa menjual ke bebek potong terdekat.

Dua metode marketing dan menghasilkan uang dengan cara di atas memang lebih mudah. Namun untuk supaya bebek sendiri bisa bertelur dengan lancar, tentu dalam hal pakan juga sangat signifikan dan harus diberikan secara efektif.

Dalam periodenya bebek memang dikembangkan dengan cara menetaskan telur dengan metode indukan hewan lain atau menggunakan metode modern. Dengan hal ini bebek bertelur secara terus menerus sampai benih telur yang ada tumbuh kembali.

Cara Ternak Bebek Petelur dan Potensi Bisnis yang Dihasilkan



Untuk mendapatkan hasil bebek petelur yang memang bisa diandalkan dan bisa mempunyai hasil telur yang maksimal, Anda bisa menggunakan beberapa langkah analisa usaha ternak bebek petelur di bawah ini.

1. Bebek Berkualitas

Bebek berkualitas memang mempunyai jenis dan bibit tersendiri. Untuk pemilihan bibit sendiri Anda bisa membesarkan sendiri, menetaskan sendiri atau membeli dari peternak lain mengenai bebek yang sudah jadi dan siap untuk bertelur. Kalau Anda hidup di lingkungan pedesaan dengan ruang kingkup pertanian sawah yang tinggi. Tentu saja masih ada beberapa orang yang memelihara bebek petelur ini.

Dari segi kualitas, Anda bisa melihat hasil telur yang sudah dihasilkan. Mulai dari telur yang besar dan memang tidak ada cacat sama sekali. Selain itu, untuk kualitas jenis bebek, Anda bisa berkonsultasi mengenai bebek terkait pada peternak bebek yang sudah menjalankan bisnis ini.

2. Pakan Maksimal

Untuk pakan sendiri memang masih bisa Anda akali sendiri. Mulai dari sawah yang baru dipanen, di sini akan ada banyak jenis makanan sisa sisa panen yang sudah dikumpulkan oleh pemetik padi. Bahkan sekarang ini di era yang serba modern, tentu ada banyak sisa sisa padi di sawah. Karena memang pada beberapa alat yang sekarang dan bisa menetaskan telur bebek sendiri.

Pakan yang maksimal pada sebuah peternakan bebek biasanya memang akan menggunakan beberapa protein yang memang sudah menjadi kebiasaan para peternak bebek. Salah satu jenis pakan yang memang menjadi komoditas yang bagus bagi masa produksi telur bebek betina biasanya ekan menggunakan jagung, katul dan beberapa hal ini lain yang bisa menghasilkan uang.

3. Kandang yang Efektif

Untuk ukuran kadang sendiri memang sebaiknya sesuai dengan jumlah bebek yang Anda inginkan. Bahkan dengan langkah kandang efektif, Anda bisa menggunakan beberapa peralatan modern. Kemudian memang, Untuk kebersihan kandang juga sebaiknya Anda lakukan cleaning servis pada beberapa kandang modern.

Anda bisa menggunakan jenis kandang modern, atau bisa juga dengan menggunakan beberapa kecanggihan teknologi terkini. Misalnya saja mengenai jenis bebek yang diinginkan, kemudian pada jenis penerangan, alat makan, dan tak lupa dengan tempat minum. Anda bisa melihat referensinya sebelum di muat di Youtube.

4. Vitamin

Untuk bisa menghasilkan banyak telur setiap harinya, ada beberapa suplemen dan beberapa vitamin yang bisa Anda siapkan. Untuk jenis suplemen, Anda bisa langsung membeli di toko suplemen terdekat, atau Anda bisa membuatnya sendiri dari bahan-bahan tradisional.

Beberapa hal yang memang sangat menguntungkan jika tinggal di pedesaan dengan lingkup persawahan yang masih terjaga, terak bebek petelur ini menjadi potensi yang bagus. Bahkan bisa memberikan banyak keuntungan. Selain itu jika Anda ingin menghemat pakan jelas Anda bisa mendekati area persawahan yang baru panen. 

Namun jika ini tidak memungkinkan, karena memang biasanya jangka waktu setelah panen sampai di olah kembali biasanya sawah akan langsung di garap dengan cepat. Anda bisa membuat kandang yang efektif dengan air mengalir di dalamnya.  Kemudian pada beberapa kelompok, siapkan pejantan yang memang memang berkualitas. Anda bisa membuat satu kandang dengan populasi sampai 30 hingga 50 ekor dalam satu kandang.

Jika dalam sehari saja bisa menghasilkan telur pada 50 % dari total bebek yang Anda pelihara, ini sudah lumayan. Anda bisa menghasilkan 100 ribuan per hari. Sementara bebek ini bisa bertelur setiap hari. Dan bisa bertelur sampai 80 % dari total populasi jika semua unsur dan kualitas ternak bisa terjaga. Ada bisa membuat usaha ini menjadi bisnis utama ataupun usaha sampingan Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Ternak Bebek Petelur dan Potensi Bisnis yang Dihasilkan"