Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akuntansi Feenance

Cara Mengubah WA Biasa ke WA Bisnis

Feenane.web.id - Media sosial dan aplikasi pesan instan memang menjadi salah satu hal yang sekarang ini wajib dalam bisnis. Bahkan komunikasi bisnis akan lebih lengkap dan mudah serta kecepatan dalam hal komunikasi. Selain itu memang dari berbagai developer juga memberikan fasilitas yang bagus dalam hal bisnis online. Mulai dari fitur untuk melakukan katalog produk, sampai detail harga dan koneksi pada pembayaran.

Whatsapp menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang memang sangat memberikan banyak manfaat bagi semua pengguna. Pebisnis pastinya juga menggunakan Whatsapp sebagai sarana berkomunikasi untuk keperluan promosi dan sebagai costumer service. 

Whatsapp juga merupakan aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan dari semua orang di penjuru dunia ini. Jadinya memang mempunyai pengguna yang banyak. Dan dari pengguna Whatsapp sendiri juga datang dari berbagai kalangan. Namun Whatsapp tentunya juga tahu akan pelanggan yang memang menjadikan Whatsapp sebagai sarana untuk komunikasi bisnis. 

WhatsApp Business diumumkan pada Januari 2018 dan diluncurkan secara resmi pada Januari 2019. WhatsApp Business adalah versi khusus dari aplikasi WhatsApp yang didesain khusus untuk perusahaan dan bisnis. Fitur ini memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan pelanggan secara efektif melalui WhatsApp, seperti mengirim pesan otomatis, membuat katalog produk, dan mengintegrasikan dengan alat CRM.

WhatsApp Business sangat bermanfaat untuk perusahaan dan bisnis, karena memungkinkan komunikasi dengan pelanggan yang cepat dan efisien. Fitur ini juga memungkinkan perusahaan untuk menangani lebih banyak pesan dan melakukan analisis lalu lintas pesan untuk meningkatkan layanan pelanggan.

Cara Mengubah WA Biasa ke WA Bisnis



Dan dengan pentingnya Whatsapp bisnis ini, tentu saja jika Anda mempunyai sebuah usaha dan bisnis baik offline dan online, Anda bisa menggunakan Whatsapp bisnis untuk bisnis Anda. Tentu saja ini akan menjadikan pesan yang masuk ke dalam aplikasi Whatsapp secara khusus memang bertujuan untuk bisnis, dan untuk pesan pribadi tidak akan tercampur ke dalamnya. Jadinya setiap pesan yang datang bisa Anda alokasikan dan Anda tanggapi sesuai porsi Anda. Kemudian Anda juga bisa menaruh katalog produk. 

Ini akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui semua produk yang Anda jual. Jika Anda menjual pakaian dan furniture, atau produk lain. Anda bisa menyematkan foto produk, kemudian detail produk dan harga. Ini bisa langsung menjadikan akun Whatsapp Anda sebagai akun promosi secara online. Anda juga bisa membagikan fitur status, di mana Anda bisa mempromosikan ke banyak orang kalau Anda ada produk baru.

Yang spesial dari jenis Whatsapp bisnis ini memang ada pada katalog. Kemudian ada juga pesan jawab otomatis, artinya Anda bisa tidak ketinggalan dengan pelanggan yang melakukan chat dan menghubungi Anda. Kemudian ini akan terjawab oleh bot otomatis. Ini bisa Anda atur sendiri, kemudian Anda arahkan ke produk Anda. Selanjutnya memang dalam mengatur katalog dan deskripsi atau jenis bot dan pesan salam ke pelanggan merupakan skill Anda dalam hal marketing. Gunakan kata-kata baku dan sopan, karena selain menjadi akun bisnis, ini bisa menjadi akun costumer service.

Secara singkat memang kinerja bisa menjadi lebih ringan dalam menjawab semua pesan dan keluhan pelanggan, baru kalau dibutuhkan Anda bisa melakukan chatting secara langsung dengan pelanggan.

Jika Anda sudah terlanjur menggunakan nomor Whatsapp pribadi Anda di Whatsapp original, sementara Anda ingin menjadikannya akun Whatsapp bisnis, Anda bisa menggunakan beberapa langkah berikut ini,

  1. Hapus akun Whatsapp Anda yang personal, Anda bisa hapus aplikasi, atau bisa juga hapus akun dan hapus data di pengaturan aplikasi. Pilih saja mana yang bisa lebih cepat dan mudah untuk Anda eksekusi. Ini hanya berfungsi untuk menghilangkan penautan Whatsapp personal dengan akun Anda.
  2. Kemudian Anda masuk ke dalam toko aplikasi dan download Whatsapp jenis bisnis. Di sini memang tak perlu menghapus Whatsapp yang original, karena memang tetap bisa dipasang berdampingan antara keduanya.
  3. Setelah Anda memasang Whatsapp bisnis, buka aplikasi dan masukkan nomor Anda. Kemudian lanjutkan, dan kode OTP akan dikirim. Selanjutnya, Anda bisa langsung memasukkan kode OTP yang sudah dikirimkan tadi. Ini akan langsung masuk ke dalam akun Whatsapp Anda yang baru. Dan akun WA Anda sudah menjadi akun bisnis. Kemudian langsung isi katalog produk yang Anda inginkan.

Masukkan detail di akun Whatsapp Anda mengenai bisnis Anda. Misalnya saja dengan katalog produk dan harga. Kemudian lakukan juga pada optimasi maps atau peta di mana bisnis Anda berlokasi. Dengan demikian pelanggan bisa dengan mudah melihat semua produk Anda dengan detail harga yang bagus. Jika pelanggan minat dengan produk Anda, langsung bisa klik beli, atau datang langsung ke lokasi Anda bisa melihat panduan di maps yang nantinya akan terhubung ke Google Maps.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah WA Biasa ke WA Bisnis"

X