Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akuntansi Feenance

Cara Menangkap Peluang Usaha di Tahun 2023

Feenance.web.id - Peluang usaha di tahun 2023 ini tentunya sudah mulai ada banyak pemulihan. Mengingat dalam tahun-tahun sebelumnya, memang ada banyak hal yang memang bisa menjadikan semua orang terkendala dalam hal bisnis. 

Dalam beberapa tahun belakangan ini memang setelah terjadinya pandemi, ada berbagai hal lain yang juga bahkan menjadi efek setelah pandemi. Mulai dari suku bunga bank yang juga mulai naik, dan ini mempunyai acuan pada inflasi yang ada di Amerika. Walaupun memang inflasi awal terjadi di Amerika, namun memang akan berdampak pada ekonomi seluruh dunia, mengingat sebagai negara adidaya dan tempatnya bank dunia IMF, Amerika dan mata uangnya bisa menjadi patokan. Karena kebanyakan negara di dunia mempunyai cadangan Dollar sebagian dari Devisa mereka.

Dalam ranah ini memang tak hanya inflasi saja yang akan terjadi, bahkan sudah dikabarkan berbagai isu di media sosial dan berbagai platform teknologi, kalau setelah inflasi ini akan terjadi resesi. Dan dikabarkan melalui berbagai media dan channel platform video oleh para pakar keuangan dan pemerhati keuangan kalau resesi ini bisa lebih parah dan bisa mengakibatkan hyper inflasi.

Namun jangan khawatir dan bahkan terlalu ketakutan pada kabar buruk semacam ini. Anda bisa membaca peluang untuk mendapatkan uang di tahun yang serba sulit ini. Karena memang tidak mungkin semua sektor akan sulit dan mati. Seperti halnya dengan pandemi kemarin. Memang ada banyak jenis usaha dan peluang bisnis yang bahkan macet dan tak bisa direalisasikan.

Namun coba juga Anda cermati, berapa banyak orang yang justru meraup keuntungan di masa pandemi ini. Mereka bisa untuk ratusan juta dan bahkan milyaran Rupiah. Mengingat pada beberapa bisnis yang down, akan ada bisnis lain yang justru akan naik daun. Seperti jasa pengiriman online, makanan cepat saji dan pengiriman sampai rumah, atau jasa kebersihan. Ini menjadi jasa yang banyak digunakan dan banyak mendapatkan cuan di masa pandemi. Apalagi dengan adanya inflasi dan resesi.

Cara Menangkap Peluang Usaha di Tahun 2023


Peluang usaha di tahun 2023 ini memang ada banyak, namun tidak semua orang bisa sadar akan datangnya peluang yang ada. Dan bahkan jika sampai terlewat, peluang tidak akan datang untuk kedua kalinya dalam kualitas dan kuantitas yang sama. Karena semakin hari, ide dan konsep yang tak segera di realisasikan, bisa saja diambil oleh mereka yang berani mengambil peluang dengan permodalan baik skill dan modal uang yang ada.

Berikut cara menangkap peluang usaha yang memang bisa Anda jalankan dan lakukan di tahun yang diramalkan akan resesi ini.

1. Ambil Peluang Usaha yang Bisa Anda Realisasikan

Jangan pernah mengambil peluang usaha yang memang tidak bisa Anda jalankan. Bahkan Anda tidak bisa sama sekali, karena memang ide pokok dan gagasan, bahkan juga konsepnya pun tidak akan pernah Anda pikirkan sebelumnya.

Peluang usaha yang bagus memang tidak akan datang sesuai dengan yang Anda harapkan. Karena waktunya ini memang tidak bisa Anda prediksi, kemampuan Anda dalam mengolah pikiran juga menganalisa memang harus disesuaikan dengan keadaan.

2. Perkirakan Modal

Biasanya memang semua bisnis dan semua orang yang ingin menjalankan sebuah usaha akan langsung mengarah pada modal. Bahkan modal yang dapat diartikan memang identik dengan uang. Padahal tidak hanya uang saja, permodalan ini mencakup semua yang dibutuhkan. Jadi skill dan pengetahuan pun juga modal. Bahkan relasi maupun komunitas pun juga modal.

Anda mempunyai banyak followers di media sosial, ini juga merupakan modal yang sangat signifikan. Apalagi dalam bidang teknologi sendiri sekarang ini mengacu pada berbagai sektor bisnis. Dan marketing maupun endorsment di berbagai bidang maupun berbagai produk tentu akan sangat membutuhkan.

Modal tidak hanya cuma uang semata, Anda juga bisa memperkirakan permodalan dengan kapasitas peluang usaha yang ingin Anda jalankan. Misalnya saja ingin menjadi reseller online, Anda bisa menggunakan ponsel Anda saja sudah cukup. Yang terpenting ponsel lancar untuk berkomunikasi, akun media sosial, kemudian akses internet yang stabil, dan selebihnya cuma skill marketing Anda saja.

3. Analisa Pesaing

Jangan lupa untuk menganalisa pesaing, karena memang pesaing inilah yang nantinya bisa menjadi kompetitor Anda. Anda bisa menganlisa pesaing Anda dengan berbagai cara. Mulai dari identitas produk, kualitas, kuantitas kemudian seberapa jauh mendapatkan hati para pelanggan, karena ini juga merupakan target market Anda.

Kemudian pada segi profesionalitas pekerjaan yang memang sudah mereka jalankan, komunitas atau penggemar produk mereka. Semua Anda bandingkan dengan produk dan peluang usaha yang akan Anda jalankan. Sekiranya sudah ada banyak pesaing besar, tentu saja ini akan minim dan sangat berdampak ketika Anda yang baru saja ingin memulai bidang tersebut. Anda akan memulai hal yang mungkin akan lebih berat dalam perjuangan jika mengambil kesempatan yang memang sudah ada banyak pemain di dalamnya.

4. Eksekusi dan Realisasikan Sesuai Analisa

Kadang cuma mendapatkan ide dan gagasan semata, mungkin sudah sampai ke arah konsep dan perincian modal yang akan dicanangkan, namun kadang untuk masalah eksekusi memang akan terhambat pada sebagian orang. Terlebih akan adanya banyak kendala yang juga karena memang tidak searah dan sinkron dengan keadaan keuangan Anda.

Orang akan langsung menutup sebuah gagasan dan ide pokok sebuah bisnis jika memang sudah buntu dan cuma dengan satu kendala saja, modal. Modal memang menjadi salah satu hal yang paling vital dalam sebuah usaha.

Namun sekarang ini ada banyak percabangan untuk Anda yang ingin menggunakan modal instan. Tentu saja dengan perbankan, pegadaian atau dengan hal lain yang lebih mudah. Anda bisa menjual saham, mencari investor mandiri, atau bisa juga mengajak kerja sama.

Dalam hal berbisnis memang kalau tidak Anda coba, maka tantangan dan keuntungan tidak akan pernah Anda dapatkan. Namun jika Anda berani memulai dan berani mengambil risiko, tentu Anda akan mendapatkan nilai plus tersendiri. Pasalnya selain Anda sudah terjun ke dalam bisnis yang Anda pilih, seiring berjalannya waktu, tentu saja akan ada banyak hal yang bisa Anda pelajari sendiri dan Anda rasakan sendiri.

Posting Komentar untuk "Cara Menangkap Peluang Usaha di Tahun 2023"

X