Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akuntansi Feenance

Cara Memunculkan Lokasi Usaha di Google Maps

Feenane.web.id - Di era yang serba internet dan canggih ini, beserta kemajuan teknologi tentunya, ada beberapa hal yang harus di upgrade oleh pengusaha UKM dan UMKM. Ini agar bisa mendapatkan banyak pelanggan dari luar daerahnya. Dan salah satunya kita akan belajar mengenai cara memunculkan lokasi usaha di Google Maps agar mudah ditemukan pelanggan.

Google Maps memang pertama kali diluncurkan pada Februari 2005. Awalnya, aplikasi ini hanya menyediakan peta dari Amerika Serikat, namun seiring berjalannya waktu, peta dari negara-negara lain juga mulai ditambahkan. Google Maps menawarkan fitur seperti peta jalan, satelit, dan jalan raya, serta informasi lokasi seperti restoran, hotel, dan tempat wisata.

Pada 2007, Google meluncurkan fitur Street View, yang memungkinkan pengguna untuk melihat tampilan jalan dari sudut pandang 360 derajat. Pada tahun yang sama, Google juga mengintegrasikan Google Maps dengan Google Earth, sehingga pengguna dapat melihat peta dari sudut pandang yang berbeda dan melakukan zoom-in dan zoom-out dengan sangat detail.

Pada 2012, Google meluncurkan fitur baru yaitu Indoor Maps, yang memungkinkan pengguna untuk melihat peta dari dalam bangunan, seperti mall dan bandara. Google juga menambahkan fitur seperti rekomendasi tempat dan rute yang dapat dioptimalkan.

Selanjutnya, Google Maps menambahkan berbagai fitur baru seperti mode transportasi, pemetaan kendaraan, dan pemetaan sepeda. Google Maps diintegrasikan dengan aplikasi Google Translate dan Google Assistant, yang membuat aplikasi ini lebih mudah digunakan dan membuat pengalaman pengguna lebih baik.

Google Maps saat ini sangat populer dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Aplikasi ini juga digunakan oleh perusahaan dan bisnis untuk mempromosikan produk dan layanan mereka.

Cara Memunculkan Lokasi Usaha di Google Maps


Banyak orang akan membuka ponsel dan kemudian langsung membuka Google Maps jika ingin mencari sesuatu. Misalnya tempat ngopi, pasar, pengisian bahan bakar, ATM dan beberapa keperluan lain. Dan rekomendasi akan langsung muncul di mana pengguna ini sedang mencari dengan lokasi terdekatnya. Tentu saja jika Anda ingin memperoleh pelanggan yang lebih, Anda bisa menggunakan fitur lokasi bisnis dan usaha dari Google ini.

Pengusaha baik UKM dan UMKM memang akan mudah ditemukan, dan tentunya tak hanya menunjukkan lokasi saja. Seiring dengan pengembangan Google Maps bisnis, pelaku usaha juga bisa langsung menunjukkan katalog harga produk dan saling memberikan review. Review terbanyak dengan jumlah rating yang bagus akan selalu muncul jika di cari pada kolom pencarian sebagai lokasi yang bagus.

Keuntungan Memasukkan Bisnis dan Usaha ke Dalam Google Maps

Ada beberapa keuntungan jika Anda memasukkan lokasi usaha Anda di Google Maps ini. Misalnya saja,

1. Usaha Anda Mudah Ditemukan Pelanggan

Usaha dan bisnis Anda akan mudah ditemukan oleh pelanggan. Tak hanya mudah di cari oleh Maps saja, bahkan mesin pencarian juga akan melakukan index pada lokasi bisnis Anda. Terlebih mesin pencari Google ini sangatlah populer. Ada ribuan dan bahkan jutaan pelanggan yang berpotensi masuk ke dalam bisnis Anda dan menggunakan produk Anda. Anda bisa melakukan riset terhadap berbagai kata kunci yang stabil dan sesuaikan dengan bisnis yang sedang Anda jalankan, ini adalah salah satu berbisnis di era modern, biarlah pelanggan yang mencari kita.

2. Menunjukkan Profesionalitas dan Mengembangkan Branding Anda

Bisnis dan usaha Anda akan terlihat lebih berkualitas dan lebih profesional. Apalagi menggunakan teknologi dan kemajuan internet di zaman sekarang. Di era yang serba internet dan kebanyakan orang akan menggunakan ponsel untuk mencari semua hal yang mereka butuhkan. 

3. Kekinian

Bisnis Anda akan terlihat kekinian dikarenakan bisa menjadi lebih mudah dalam hal mencarinya di internet. Terlebih jika Anda juga memasang berbagai iklan dan menggunakan akun media sosial. Kombinasi yang cocok memang bisnis di internet ini selain juga mudah ditemukan juga jelas keberadaannya. Dengan demikian akan menjadikan bisnis Anda terpercaya sehingga bisa memperoleh rating yang bagus di mata pelanggan.

4. Memberikan Pelanggan untuk Menilai Bisnis Anda dan Merekomendasikannya

Di dalam maps Google sendiri juga ada yang namanya rating. Dengan demikian pelanggan bisa menilai lebih jauh seberapa bagus produk dan usaha Anda ketika mereka sudah mengunjungi. Misalnya saja produk lengkap, harga terjangkau ada fasilitas apa saja yang ada di tempat bisnis Anda, ini akan menjadi tolak ukur nilai pada perkembangan bisnis Anda. Selebihnya juga bisa Anda atur sendiri bagaimana cara Anda agar memperoleh rating yang bagus. Jika rating Anda bagus, ada pesaing dan menggunakan teknik yang sama sekalipun, di maps Anda akan lebih diprioritaskan oleh mesin pencari dan akan tetap terlihat pada pelanggan yang sedang mencari bisnis serupa di dekat area yang sudah Anda atur.

Anda bisa memunculkan lokasi maps Anda pada regional dan daerah yang memang bisa Anda sesuaikan dengan jangkauan. Jangan sampai Anda melewatkan hal ini, karena memang pada bisnis dengan skala produk fisik akan kesusahan jika menjangkau tempat yang terlalu jauh. Dan mungkin pada margin keuntungan juga bisa lebih minim.

Untuk itu atur saja sesuai dengan daerah jangkauan bisnis Anda. Apalagi dengan seputaran sektor bisnis kulineran. Ini akan lebih efisien jika masih dalam kota dan hanya beberapa kota di sekitaran saja. Jangan sampai terlalu jauh, apalagi makanan dengan produk instan yang tidak kuat lebih dari satu hari.

Sekarang mulailah berbaur dengan teknologi, karena memang dunia teknologi dan internet ini akan terus berkembang dan meluas. Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan baik fisik dan materi jika Anda pandai memanfaatkan peluang dan pasar yang besar di internet.

Cara Memunculkan Lokasi Usaha di Google Maps Menggunakan Ponsel

Jika Anda ingin memunculkan usaha Anda beberapa langkah berikut ini bisa Anda lakukan baik menggunakan maps di ponsel atau menggunakan browser di komputer Anda.
  1. Pastikan Anda telah membuat akun di Google My Business. Jika belum, Anda dapat mendaftar di sini: https://www.google.com/business/.

  2. Setelah Anda masuk ke akun Anda, klik tombol "Tambah bisnis baru" dan masukkan informasi yang diperlukan tentang bisnis Anda, termasuk nama, alamat, dan nomor telepon.

  3. Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk menentukan kategori bisnis Anda dan menambahkan foto bisnis.

  4. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memverifikasi alamat bisnis Anda. Google akan mengirimkan kode verifikasi melalui pos atau telepon. Setelah Anda menerima kode tersebut, masukkan kode tersebut di halaman verifikasi.

  5. Setelah alamat bisnis Anda terverifikasi, lokasi bisnis Anda akan muncul di Google Maps.

  6. Anda juga dapat menambahkan informasi tambahan seperti jam operasional, link website, dan ulasan dari pelanggan.

Itu saja, dengan melakukan langkah-langkah tersebut, lokasi usaha Anda akan muncul di Google Maps. Kemudian Anda atur saja waktu dan jam buka tutup usaha bisnis Anda sesuai dengan yang Anda inginkan. Untuk melakukan editing memang membutuhkan waktu beberapa saat sampai perubahan sudah bisa diverifikasi oleh Google.


Posting Komentar untuk "Cara Memunculkan Lokasi Usaha di Google Maps"

X