Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Akuntansi Feenance

Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Feenance.web.id - Bisnis online merupakan salah satu model bisnis modern. Bahkan menggunakan internet dan teknologi merupakan bisnis yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Kalau membicarakan bisnis online, tentunya ada banyak cabang bisnis yang bisa dibahas. Dan bagi seorang pemula, tentu masih kebingungan mau memulai bisnis dari mananya. Kali ini kita akan membahas mengenai cara memulai bisnis online.

Berkaitan dengan internet dan teknologi, atau lebih dikenalnya kalau pemasaran online biasa disebut dengan digital marketing. Dan istilah ini tentunya tidak asing di pikiran Anda. Metode digital marketing ada banyak cara, dan pada intinya merupakan langkah mempromosikan produk dan menawarkan produk baik barang maupun jasa dengan menggunakan internet.

Internet juga mempunyai banyak platform. Anda pasti tahu dengan media sosial dan website. Atau sekarang ini memang sudah ada banyak pengembangan model bisnis. Jadi, jangan sampai Anda tertipu mengenai kedok bisnis online abal-abal yang cenderung scam dan bahkan merupakan langkah penipuan.

Investasi dan bisnis memang terpapar dengan adanya kemajuan teknologi dan internet. Berbagai platform bermunculan untuk menjadi fasilitator terkait hal ini. Misalnya saja dengan kehadiran berbagai konsep dan fitur media sosial, tak lain dan tak bukan ujung-ujungnya juga bakalan menjadi bisnis, apalagi jika sudah membentuk suatu ekosistem.

Anda pasti mempunyai akun media sosial seperti Facebook, TikTok, Twitter dan beberapa media sosial lain yang populer. Sebenarnya tujuan dari bersosial media memang untuk mencari pertemanan. Namun karena saking banyaknya pengguna dan pengguna ini bisa mencakup berbagai orang dari seluruh dunia, tentu saja memang bisa menjadi sebuah market yang besar dan potensi untuk menawarkan barang secara online.

Keuntungan Bisnis Online

Tentu saja bisnis online dan bisnis model modern kekinian ini juga mempunyai banyak keuntungan. Mulai dari kinerja Anda yang bisa Anda lakukan di mana saja dan kapan saja, sampai permodalan yang memang bisa diminimalkan sesuai dengan kemampuan Anda.

Bahkan dengan modal Android dan jaringan internet saja sekarang ini memang sudah bisa melakukan bisnis online. Asalkan Anda juga mempunyai akses ke dalam sosial media dan bisa berinteraksi dengan warga dunia maya secara pasif maupun masif. Yang terpenting ada niat Anda untuk menghasilkan uang dari online.

Berbagai bisnis yang bermodalkan sangat minim misalnya saja pada reseller, afiliasi, atau bisa juga dengan dunia metaverse. Jika Anda ingin menjadi seorang reseller handal, tentu saja digital marketing harus Anda kuasai. Mulai dari media sosia, SEO, website atau platform live streaming. Tidak harus semua platform Anda gunakan, sesuaikan saja dengan kemampuan dan kenyamanan Anda.

Kemudian pada jenis bisnis afiliasi. Ada banyak cara untuk memulai bisnis afiliasi. Anda bisa menggunakan berbagai platform. Tugas Anda menawarkan produk dan hanya mencantumkan link referensi produk dari Anda. Link ini sangat spesial, karena akan bisa menghasilkan uang bagi Anda jika ada yang melakukan klik aksi untuk produk dan penawaran sehingga orang tersebut yang sudah ditargetkan bisa menerima penawaran atau membeli produk. 

Semakin banyak orang yang melakukan aksi terverifikasi dari link unik Anda, maka Anda akan semakin besar penjualan dan komisi Anda. Beberapa platform yang menggunakan langkah ini misalnya saja TikTok Shop, Shopee Affiliate, kemudian Ratakan, atau platform penyedia layanan hosting dan domain seperti Niagahoster dan Domainesia.

Cara Memulai Bisnis Online



Untuk memulai bisnis online memang ada banyak cara. Yang terpenting Anda harus memilih dan paham dulu mengenai keahlian Anda dalam bidang terkait. Misalnya saja dengan marketing. Marketing bisa masuk ke dalam reseller atau afiliasi, ini bahkan hanya membutuhkan modal skill saja. 

Untuk bisa masuk ke dalam marketing, selain dengan skill, ada beberapa hal yang juga harus mengikuti mengenai keahlian dan bidang yang akan Anda ambil. Mulai dari akun media sosial, cara menggunakan platform media sosial, cara berinteraksi dengan warga dunia maya, kemudian juga terkait dengan iklan.

Mempromosikan barang dan jasa, Anda bisa menggunakan promosi dengan iklan berbayar. Kalau Anda memunyai modal media sosial dengan follower yang banyak, Anda bisa menawarkan ke mereka mengenai produk yang akan Anda pasarkan.

Bisnis online sendiri tak hanya sebatas demikian saja, Anda juga bisa mengambil alih di produk digital. Ada berbagai kebutuhan mengenai produk digital dan kadang memang masih minim pesaing. Misalnya saja jasa penulisan artikel, jasa SEO, jasa website, membuat ebook, jasa editing video dan masih banyak lagi.

Kemudian ada juga berbagai cara untuk meraup uang dari sektor game. Misalnya saja membuat agen top up item game, jasa menaikkan level, joki game dan masih banyak lagi. Semua game mempunyai penggemarnya masing-masing dan memang mempunyai ekosistemnya tersendiri. Jadi sekarang Anda tinggal sesuaikan saja dengan jenis bisnis yang bisa Anda kerjakan.

Posting Komentar untuk "Cara Memulai Bisnis Online Bagi Pemula"

X