Widget HTML #1

Cara Membuat Lamaran Kerja dan Contoh Lamaran Surat Lamaran Kerja

Feenance.web.id - Surat lamaran pekerjaan memang bisa dibuat dengan cara tertulis, namun bagi sebagian orang memang kadang masih ragu untuk membuat surat lamaran kerja sendiri. Dan ternyata dalam membuat surat lamaran kerja ini tidak asal-asalan belaka. Hal ini bertujuan agar Anda dapat meyakinkan dan bisa masuk ke dalam perusahaan atau tempat yang Anda sudah targetkan.

Ketika melamar pekerjaan baik di perusahaan kecil dan bonafit, tentu saja ada berbagai tahapan yang harus dilakukan. Mulai dari membuat berkas lamaran pekerjaan, psikotes, tes wawancara dan tes kesehatan. Kemudian dalam berkas lamaran pekerjaan sendiri ada banyak hal yang juga ada di dalamnya.

Mulai dari surat lamaran pekerjaan, kemudian daftar riwayat hidup, kemudian ada juga berkas lain seperti sertifikat pendukung dan pas foto yang disesuaikan dengan permintaan perusahaan. Atau kadang yang juga sangat penting bagi yang sudah bekerja sebelumnya adalah surat pengalaman kerja. Hal ini mendefinisikan bahwa nantinya Anda akan bisa menunjukkan bukti bahwa Anda sudah berkompeten sebelumnya.

Kemudian ada juga bukti pendidikan mengenai ijazah atau beberapa studi lain yang bisa Anda masukkan. Hal ini bisa lebih mudah dalam menggapai apa yang ingin Anda targetkan.

Cara Membuat Lamaran Kerja dan Contoh Lamaran Surat Lamaran Kerja



Untuk membuat surat lamaran kerja sendiri dan hasilnya juga bisa rapi tentu saja Anda bisa menyesuaikan dengan berbagai keadaan sekarang ini. Terutama memang di internet dan berbagai website sudah memberikan rekomendasi template yang bisa Anda gunakan untuk membuat CV sendiri.

Atau bisa juga membuat biografi singkat mengenai diri Anda. Kemudian langsung di print atau dikirimkan lewat jalur digital. Seperti menggunakan pesan instan atau email. Untuk membuat surat lamaran kerja sendiri juga sekarang ini bisa dibuat secara online dan biasanya pada perusahaan modern memang sekarang kebanyakan sudah menggunakan jalur digital untuk melakukan rekrut karyawan. Misalnya saja menggunakan berkas yang semuanya bisa di scan dan dikirimkan lewat email.

Dan kebanyakan orang memang belum mengerti mengenai beberapa cara untuk membuat berkas lamaran dengan cara online, Anda bisa membuka jasa mengenai ini karena memang ini juga salah satu peluang untuk bisa menghasilkan uang. Jika Anda ingin lebih mudah dalam membuat berbagai jenis surat lamaran pekerjaan dan daftar riwayat hidup, Anda bisa menggunakan beberapa langkah rekomendasi dari kami berikut ini.

1. Menggunakan Canva

Menggunakan Canva merupakan langkah yang mudah, dan bahkan Anda tak perlu mendesain templatenya. Template sudah ada dan semacam blangko, Anda tinggal mengisi beberapa letak dan potensi yang bisa Anda masukkan. Mulai dari identitas diri Anda dan juga kemampuan Anda. Ini bisa memberikan nilai lebih jika Anda mendesain surat lamaran pekerjaan Anda secara bagus, dan bisa memberikan kesan yang baik pada perusahaan. Sekaligus juga menunjukkan bahwa Anda mengerti mengenai teknologi.

Canva ini bisa Anda gunakan secara gratis, Anda bisa menggunakan Canva baik dengan PC, Laptop atau menggunakan ponsel Android dan Iphone Anda. Langsung saja download di toko aplikasi. Kemudian untuk beberapa template memang harus membayar biaya langganan agar bisa membuka semua fitur premium, ini bisa memberikan kebebasan bagi Anda dalam mendesain lebih bagus lagi mengenai template Anda.

2. Menggunakan Situs Pembuat CV

Untuk yang menggunakan CV secara online, Anda bisa menggunakan berbagai situs pembuat lamaran kerja. Kemudian dari situs ini akan memberikan banyak rekomendasi template yang memang bisa Anda sesuaikan sendiri. Anda hanya mengisi blangko nya saja, kemudian ini bisa memberikan langkah terbaik dan mudah bagi Anda dalam melakukan desain secara bagus di dalam situs ini. Anda bisa mencarinya di berbagai situs online, dan kemudian Anda bisa memberikan identitas Anda secara tersusun rapi beserta kemampuan Anda.

3. Menggunakan Aplikasi Surat Lamaran Kerja

Di play store juga sudah ada banyak berbagai jenis yang bisa Anda gunakan untuk membuat surat lamaran pekerjaan. Kemudian Anda bisa memberikan banyak desain dan sentuhan agar surat lamaran pekerjaan Anda bisa lebih bagus lagi. Biasanya memang orang akan lambat dan berpikir keras dalam menuai kata-kata.

Sekarang sudah lebih mudah dan bisa  Anda aplikasikan sendiri. Kemudian Anda bisa memberikan banyak template dan menuangkan ide desain Anda yang menarik menggunakan bantuan aplikasi surat lamaran pekerjaan.

Contoh Format Surat Lamaran Kerja

Jika Anda ingin yang lebih simple lagi, Anda bisa menggunakan template surat lamaran kerja di bawah ini. Tinggal masukkan saja bagian-bagian pokok dan harap sesuaikan dengan jenis lamaran pekerjaan dan jenis keahlian yang Anda miliki.

[Tanggal]

[Nama Perusahaan]

[Alamat Perusahaan]

Kepada Yth,

[Nama Penerima Surat]

[Jabatan Penerima Surat]

Dengan hormat,

Saya [nama], berusia [usia], lulusan dari [nama universitas] pada tahun [tahun lulus], ingin melamar pekerjaan di [nama perusahaan] sebagai [posisi yang dilamar].

Sebagai lulusan [bidang studi], saya memiliki pengalaman kerja [jumlah tahun] tahun dalam [bidang pekerjaan]. Selain itu, saya juga memiliki kompetensi [kompetensi yang dimiliki] yang diperlukan untuk posisi tersebut.

Saya sangat tertarik untuk bekerja di [nama perusahaan] karena [alasan mengapa tertarik]. Saya yakin bahwa saya dapat memberikan sumbangsih yang positif bagi perusahaan dan juga belajar banyak dari para profesional yang ada di perusahaan tersebut.

Saya berharap dapat dijadikan sebagai salah satu calon karyawan di [nama perusahaan]. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Nama Pelamar]

[Alamat Pelamar]

[Nomor Telepon Pelamar]

[Alamat Email Pelamar]

Contoh Daftar Riwayat Hidup

Nama : [Nama Lengkap]

Alamat : [Alamat Lengkap]

Telepon : [Nomor Telepon]

Email : [Alamat Email]

Pendidikan

  • [Tahun Masuk]-[Tahun Keluar] : [Nama Universitas], [Bidang Studi], [Gelar]
  • [Tahun Masuk]-[Tahun Keluar] : [Nama Sekolah], [Jenjang Pendidikan], [Gelar]

Pengalaman Kerja

  • [Tahun Masuk]-[Tahun Keluar] : [Nama Perusahaan], [Jabatan], [Deskripsi Tugas]
  • [Tahun Masuk]-[Tahun Keluar] : [Nama Perusahaan], [Jabatan], [Deskripsi Tugas]

Kemampuan

  • [Nama Kemampuan], [Tingkat Kemampuan (dalam skala 1-10)]
  • [Nama Kemampuan], [Tingkat Kemampuan (dalam skala 1-10)]

Referensi

  • [Nama Referensi], [Jabatan], [Nomor Telepon/Email]
  • [Nama Referensi], [Jabatan], [Nomor Telepon/Email]

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Lamaran Kerja dan Contoh Lamaran Surat Lamaran Kerja"