Widget HTML #1

Usaha Modal 5 Juta ini Bisa Anda Coba, Modal Minim Hasil Maksimal!

Feenance.web.id - Usaha dengan modal 5 juta ke bawah memang ada banyak, yang terpenting konsisten dan kerja keras. Karena memang kadang orang ingin memulai usaha dan bisnis yang langsung besar. Kebanyakan orang memang akan beranggapan kalau bisnis besar di mulai dengan modal yang besar juga. Namun padahal ada yang namanya margin keuntungan. Kalau dalam teori bisnis, tentu saja dengan modal yang minim dan hasil keuntungan yang maksimal.

Tidak ada yang tanpa modal sama sekali, karena memang modal ini tak hanya uang semata. Bahkan skill dan keahlian atau pengetahuan saja juga merupakan modal. Jaringan dan pembentukan karakter dalam lingkungan juga merupakan modal. Misalnya saja Anda mempunyai keahlian dalam hal memancing, dan Anda menguasai kebanyakan jenis kail, umpan, atau pun joran yang digunakan. Anda mempunyai banyak teman dan kenalan ketika memancing, atau pun Anda mempunyai sebuah komunitas. Ini juga merupakan modal, Anda bisa berbisnis semua perlengkapan alat pancing atau sejenisnya. 

Efek pandemi tentu saja membuat sebagian orang kehilangan pekerjaan tetap dan bisnis yang sudah ditekuni selama ini. Bahkan ada yang tak bisa bangkit lagi. Namun dari segi sisi positif dalam bisnis, ada bagian dan sektor bisnis yang justru bisa naik dengan adanya pandemi ini. Misalnya saja jualan online, atau jasa - jasa online lain.

Usaha Modal 5 Juta Paling Menguntungkan



Jika Anda berpikiran modal banyak dalam berbisnis bisa menghasilkan uang yang banyak juga, tentu buang jauh-jauh pemikiran semacam ini. Semua orang yang sudah mendapatkan pasif income sekarang ini memang dulunya juga sama seperti Anda, atau bahkan lebih di bawah Anda dalam hal ekonomi. Namun karena kerja keras dan konsistensi dalam menjalankan usaha, serta memperluas bidang usaha, mereka bisa menggapai gurita bisnis dan mempunyai banyak sumber pemasukan secara nyata.

Kalau sekarang ini Anda mempunyai modal 5 juta ke bawah, Anda bisa menyimak beberapa bisnis berikut ini yang bisa Anda jalankan baik menjadi bisnis pokok Anda atau hanya sekedar sampingan di sela waktu Anda.

1. Makanan dan Minuman

Bisnis dalam hal makanan dan minuman tentu saja bisa menghasilkan banyak pemasukan. Ada banyak jenis peluang yang bisa Anda mulai. Mulai dari makanan ringan, hingga berbagai jenis aneka jajanan. Anda bisa membuat sebuah angkringan. Jangan sepelekan mengenai bisnis ini. Bahkan bisa mendapatkan margin keuntungan yang bagus dalam hal ini.

Mungkin Anda mengira kalau bisnis ini cenderung kelas bawah. Namun jika mendapatkan margin keuntungan yang bagus, tentu saja jangan sia-siakan hal ini. Banyak orang lebih memilih gengsi untuk berbisnis.

2. Jualan Produk Digital

Anda bisa jualan produk digital. Produk digital ini ada banyak. Mulai dari token pulsa listrik, pulsa prabayar ponsel, paket data dan beberapa kuota internet. Biaya langganan paket internet, PDAM, PLN BPJS tagihan semua jenis PPOB dan masih banyak lagi. Apalagi dengan adanya dukungan top up dari ewallet, saling transfer mobile banking dan keperluan digital lainnya.

Menjalankan bisnis ini memang sangat mudah, bahkan sangat sederhana. Anda hanya perlu menggunakan ponsel Anda atau menggunakan laptop dan cukup dengan jaringan internet saja. Dengan modal 5 juta ke bawah pastinya bisnis ini bisa berjalan di lingkungan Anda. Bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan. Mengingat hampir kebanyakan orang sudah bisa menggunakan kelebihan digital di era sekarang ini.

3. Budidaya Ikan dan Ternak Unggas

Dengan modal 5 jutaan, Anda sudah bisa berbisnis untuk ternak ikan. Bahkan seperti yang sudah kami bahas pada budidaya ikan lele dan ikan nila beberapa waktu yang lalu. Dengan model bioflok sederhana atau menggunakan kolam tanah, tentu saja Anda bisa menyesuaikan sendiri pada kebutuhan dan keadaan di lingkungan tempat tinggal Anda.

Beberapa unggas yang bisa Anda jadikan sebagai bisnis misalnya saja ayam, entok, bebek dan bisa juga untuk bisnis kambing, walaupun dengan model peranakan dan dengan bibit maupun modal sekian sudah cukup.

4. Tukang Jahit

Sebagai pemasok jasa di dalam sektor pakaian, Anda bisa menjalankan bisnis ini. Tukang jahit kalau di pedesaan memang sekarang ini sudah semakin jarang. Padahal kebutuhan akan pakaian juga sangat laris di pasaran. Yang terpenting kualitas dan skill Anda bisa terpandang di lingkungan Anda. Untuk modal mesin jahit, tentu saja dengan modal 5 jutaan sudah bisa mempunyai mesin jahit sendiri beserta beberapa perlengkapannya.

5. Jajan Sekolahan

Anak sekolahan biasanya akan langsung jajan di area sekolah maupun di kantin sekolah. Namun peluang bisnis ini justru masih banyak yang menyepelekan, padahal margin keuntungan dari bisnis ini bisa maksimal. Asalkan Anda tidak gengsi, dan fokus ke dalam hasil keuntungan, maka bisnis dan usaha kecil semacam ini pun bisa menghasilkan uang yang cukup.

Anda bisa menjadikan bisnis ini sebagai bisnis utama jika Anda sudah bisa langsung menjualnya sendiri, namun bisa dijadikan sebagai sampingan jika jajanan yang Anda produksi mulai dari makanan ringan snack atau untuk jangka panjang.

Tips Dalam Memulai Bisnis Makanan

Untuk memulai usaha makanan dengan modal kecil, berikut beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan:

  1. Pilih produk yang tepat. Pilihlah produk yang mudah dan murah untuk diproduksi, seperti roti bakar, kue basah, atau makanan ringan lainnya.

  2. Tetapkan strategi pemasaran. Carilah cara untuk memasarkan produk Anda dengan biaya rendah, misalnya dengan menggunakan media sosial atau membuat flyer dan menyebarkannya ke lingkungan sekitar.

  3. Mulailah dengan skala kecil. Jangan terlalu ambisius dari awal. Mulailah dengan memproduksi produk dalam jumlah kecil dan tingkatkan produksi secara bertahap sesuai dengan permintaan.

  4. Gunakan bahan baku dengan harga terjangkau. Carilah bahan baku yang harganya terjangkau dan mudah didapatkan di pasaran.

  5. Gunakan peralatan yang minimal. Mulailah dengan peralatan yang minimal dan tambahkan peralatan lain sesuai dengan kebutuhan seiring berjalannya waktu.

  6. Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya operasional. Pastikan untuk memperhitungkan semua biaya yang akan dikeluarkan, seperti biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya lainnya.

  7. Tetapkan harga jual yang tepat. Tetapkan harga jual yang tepat agar Anda dapat memperoleh keuntungan yang memadai. Jangan terlalu tinggi atau terlalu rendah.

  8. Berikan pelayanan yang baik. Pelayanan yang baik dapat membuat pelanggan merasa puas dan kembali lagi ke usaha Anda.

  9. Terus belajar dan berinovasi. Selalu terus belajar dan mencari cara untuk meningkatkan kualitas produk dan pelayanan yang Anda berikan. Jangan ragu untuk mencoba hal-hal baru dan berinovasi agar usaha Anda selalu menarik minat pelanggan.

Posting Komentar untuk "Usaha Modal 5 Juta ini Bisa Anda Coba, Modal Minim Hasil Maksimal!"