Widget HTML #1

10 Ide Bisnis UKM yang Belum Banyak pesaing

Feenance.web.id - UKM (Usaha Kecil Menengah) merupakan sebuah perusahaan atau bisnis yang memiliki skala kecil atau menengah. UKM biasanya memiliki jumlah karyawan yang lebih sedikit dibandingkan perusahaan besar, dan memiliki omset yang lebih kecil. UKM dapat berupa perusahaan dagang, jasa, atau produksi.

Di Indonesia, UKM merupakan salah satu sumber daya ekonomi yang penting, karena memiliki peran yang besar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menyerap tenaga kerja. Oleh karena itu, pemerintah sering memberikan dukungan kepada UKM melalui berbagai program, seperti pendanaan, pelatihan, dan pemberian fasilitas.

Fungsi UKM Dalam Pertumbuhan Ekonomi



UKM (Usaha Kecil Menengah) memiliki peran yang penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Berikut adalah beberapa fungsi UKM dalam pertumbuhan ekonomi,

  1. Menyerap tenaga kerja. UKM biasanya mempekerjakan jumlah karyawan yang lebih sedikit dibandingkan perusahaan besar, namun dapat menyerap banyak tenaga kerja di daerah terutama di daerah pedesaan. Hal ini dapat meningkatkan tingkat pengangguran dan meningkatkan daya beli masyarakat.
  2. Menyediakan produk dan jasa yang dibutuhkan masyarakat. UKM biasanya menyediakan produk dan jasa yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat di daerahnya. Hal ini dapat meningkatkan ketersediaan produk dan jasa di daerah tersebut, serta meningkatkan kepuasan pelanggan.
  3. Meningkatkan inovasi dan kreativitas. UKM biasanya lebih fleksibel dan cepat menyesuaikan diri dengan perubahan pasar dibandingkan perusahaan besar. Hal ini dapat meningkatkan inovasi dan kreativitas di bisnis UKM, yang dapat meningkatkan kualitas produk dan jasa yang ditawarkan.
  4. Menjadi sumber devisa negara. UKM yang berhasil dapat mengekspor produknya ke luar negeri, sehingga dapat menambah devisa negara.
  5. Menjadi sumber pajak bagi pemerintah. UKM selain menjadi andalan pertumbuhan ekonomi di daerah, ini juga memberikan kontribusi yang besar bagi negara. Mulai dari pajak dan perputaran uang yang ada di dalamnya.

10 Ide Bisnis UKM yang Belum Banyak pesaing

Seiring dengan perkembangan zaman, terutama pada bidang teknologi memang mengacu pada berbagai bidang. Dan seiring dengan canggihnya teknologi beserta kemajuan pada bidang internet ternyata juga memunculkan banyak ide bisnis baru. Dengan pasar yang sangat luas, ternyata bisa saja menjadikan ini sebagai sumber uang yang menurut kami bisa Anda lakukan. Bahkan menghasilkan uang dari internet ini memang sangat nyata. Dan Anda bisa melakukan ini hanya menggunakan ponsel dan perangkat komputer yang ada di rumah Anda.

Bermodalkan skill yang bisa Anda jual, Anda bisa membuka bisnis UKM baru di internet. Berikut adalah beberapa ide bisnis UKM yang memang sampai saat ini belum mempunyai banyak pesaing, sehingga kemungkinan merebut pasar dan mempunyai banyak pelanggan memang bisa lebih optimal.

1. Jasa Tanaman

Sekarang ini memang ada banyak yang membuat taman mini kecil di area rumah. Sebagian memang ini  akan menjadi estetika rumah saja. Namun ternyata kebersihan dan tukang taman memang sangat diperlukan sekarang ini. Apalagi di ruang lingkup perkotaan dan perumahan. Ada banyak jenis tanaman yang bisa diperjualbelikan sekarang ini.

Semakin tingginya jasa pertamanan, tentu saja akan membangkitkan banyak jenis peluang baru dalam bidang ini. Sekarang ini masih jarang jasa tukang taman yang bisa kita temui. Dan kalaupun ada sudah bergerak dan sudah banyak job yang mereka miliki. Semakin tinggi permintaan tentu saja tidak bida dicover oleh mereka. Ini menjadi peluang baru bagi Anda yang memang suka dengan taman dan mempunyai bakat untuk ini.

Anda bisa membuat beberapa jenis ide kreatif baru seputar taman dan memang bisa Anda jual konsepnya. Untuk omset dari taman ini memang beragam, tergantung sektor mana yang akan Anda pilih. Mulai dari sektor tanaman itu sendiri, sektor bagian perawatan dan beberapa sektor pembuatan taman.

2. Toko Online

Semenjak pandemi memang toko online lebih laris daripada toko offline. Ini karena dampak dari pembatasan kebijakan untuk saling berinteraksi antar lingkungan sekitar. Dengan demikian tentu saja peluang yang bagus bagi Anda yang mempunyai bakat mengenai marketing dan digital pemasaran sekarang ini.

Di era yang canggih seperti ini Anda bisa berjualan tanpa harus memiliki toko sendiri. Anda bahkan bisa berjualan hanya dengan menggunakan ponsel dan perangkat laptop Anda. Yang Anda perlukan hanyalah skill Anda dalam memasarkan produk baik lewat sosial media maupun website.

3. Jasa Website

Sekarang ini sudah ada banyak jenis bisnis yang sudah go online. Bahkan sudah banyak yang mengerti akan pentingnya website. Dan jasa pembuatan website sendiri memang masih jarang. Bermodalkan internet dan komputer yang ada di rumah Anda, jika Anda memang mempunyai skill untuk membuat website, sebaiknya Anda juga memperhatikan peluang ini. Bahkan ini bisa menjadi usaha yang bagus di era yang sudah serba digital ini.

4. Kecantikan

Meliputi tata rias untuk pengantin dan keperluan fotografi, Anda bisa menggandeng beberapa owner atau hanya sebagai marketing untuk para WO di daerah Anda. Kebutuhan akan ini memang sangat diperlukan dan banyak orang mencari di jaman sekarang ini.

5. Catering

Usaha makanan memang kadang dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang. Padahal jika Anda punya bakat mengenai ini bisa lebih mudah untuk mendapatkan banyak peluang. Pasalnya orang bisa berlangganan, jika masakan Anda berkualitas, maka Anda bisa saja mendapatkan banyak kelebihan orderan mengenai hal ini.

6. Jasa Penulis

Penulis website memang ada banyak, namun kebanyakan orang yang sudah di website dan media, mereka cenderung untuk tidak bisa mengurus website mereka sendirian. Bahkan jika saja mulai sendirian tidak mungkin punya cukup waktu untuk menyelesaikan ini. Bahkan bisa saja membutuhkan lebih dari satu orang untuk penulis dan untuk mengupdate artikel di website mereka. Peluang yang bagus dan hanya bermodalkan laptop dan jaringan internet saja sudah cukup.

7. Jasa Desain Grafis

Desain memang sangat menggoda belakangan ini. Pasalnya banyak perusahaan besar ingin membuat berbagai desain grafis untuk keperluan marketing branding mereka. Bahkan mereka bisa membayar ribuan dollar. Selain banyak freelancer mengenai ini, ada banyak juga jenis kontes logo desain dan berbagai desain grafis yang bisa Anda ikuti di internet.

8. Jasa Perawatan Bayi

Kadang saking sibuknya kebanyakan mama muda memang mempunyai waktu yang sedikit untuk bayi mereka. Jasa perawatan bayi tentu saja sangat dibutuhkan. Jika Anda seorang wanita dan ingin mencari pekerjaan, sebaiknya juga memperhatikan mengenai peluang ini. Sangat cocok tentunya jika Anda juga bisa menyesuaikan dengan keadaan.

9. Jasa Penerjemah

Kadang seseorang yang ingin berbisnis keluar negeri atau sekedar menyambut tamu dari luar negeri memang membutuhkan penerjemah. Kemampuan berbahasa asing memang sangat diperlukan, bahkan ini menjadi peluang bagus bagi para anak muda untuk memilih jasa tour guide. Kadang bisa masuk ke pariwisata dan kadang juga bisa masuk ke ranah perusahaan.

10. Jasa Pembersihan

Cleaning service memang banyak dipandang sebelah mata, bahkan bisnis ini sebenarnya mempunyai kelebihan dan margin keuntungan yang banyak. Bahkan hanya bermodalkan alat-alat sederhana. Sangat cocok dijalankan di lingkungan perkotaan, di mana kebanyakan orang sibuk dengan pekerjaan mereka dan kadang jarang ada waktu untuk kebersihan rumah.

Posting Komentar untuk "10 Ide Bisnis UKM yang Belum Banyak pesaing"