Widget HTML #1

Ini Dia Perbedaan Advertorial dan Press Release

Ini Dia Perbedaan Advertorial dan Press Release

Dalam dunia bisnis, Anda perlu pahami perbedaan antara kalimat "Beli produk saya" dan "Perusahaan ini punya produk hebat yang harus Anda coba". Sebagian besar pelaku bisnis sadar bahwa mereka harus mempromosikan produk atau layanan mereka untuk membagikan kisah mereka dan menarik pelanggan. 

Di saat beberapa orang yakin bahwa metode terbaik adalah beriklan, di sisi lain ada orang yang mengupayakan advertorial dan press release. Tidak jarang orang kemudian memanfaatkan layanan jasa press release

Banyak perusahaan yakin bahwa kedua istilah tersebut pada dasarnya adalah hal yang serupa dan dapat digunakan secara bergantian. Meski demikian, advertorial dan press release dapat memengaruhi pelanggan Anda dengan cara yang berbeda, pada titik yang berbeda dalam perjalanan pengambilan keputusan mereka. 

Dengan mengerti manfaat dan perbedaannya, akan membantu Anda untuk lebih memengaruhi audiens target Anda dan pada berikutnya, meningkatkan kesadaran dan penjualan.

Apa Itu Advertorial?

Advertorial merupakan iklan yang diletakkan dalam pengaturan editorial di situs web atau di majalah agar dapat memberi kesan bahwa itu adalah artikel editorial, bukan iklan berbayar. Istilah advertorial adalah gabungan kata advertorial dan editorial. Advertorial klasik mengkombinasikan aspek sentral dari iklan dan presentasi editorial. Sinonim yang umum digunakan adalah kata advertikel, atau kombinasi antara iklan dan artikel.

Pengiklan berkeinginan bahwa advertorial tidak akan dibaca seperti iklan biasa, tetapi sebagai kontribusi editorial secara alami. Dengan menggunakan langkah ini dalam konteks iklan asli, pengiklan memperoleh manfaat dari kredibilitas situs jurnalistik yang sesuai. Dalam skenario terbaik, pembaca juga diberikan konten berkualitas yang memiliki manfaat daripada iklan biasa.

Kemudian, advertorial dapat membantu pengiklan untuk mencapai relevansi konten tingkat tinggi. Penerbit akan menawarkan ruang advertorial sebagian besar dalam konteks area subjek tertentu. Sebagai pengiklan, Anda hanya perlu untuk mencari tema yang sesuai target dan dapat memenuhi minat kelompok sasaran Anda sendiri.

Apa Itu Press Release?

Press release merupakan pengumuman resmi yang tertulis atau direkam, kemudian dikeluarkan oleh suatu organisasi kepada media berita dan seterusnya. Anda bisa menyebutnya sebagai "PR", "siaran pers", atau "pernyataan pers", dan selalu membicarakan hal yang sama.

Menurut Forbes, secara sederhananya, press release adalah alat yang digunakan untuk publikasi. Namun, lebih jauh, press release juga bisa dilihat sebagai alat untuk menyampaikan informasi kepada publik.

“Lazimnya, press release akan dihadirkan oleh perusahaan ketika ada event tertentu yang berkaitan dengan perusahaan tersebut. Dari situ, orang-orang akan tahu apa sebenarnya yang terjadi dan sedang dilakukan oleh perusahaan,” demikian keterangan yang dihimpun dari Forbes.

Judul yang digunakan harus memuat kata kerja tindakan, paragraf pertama harus menjawab "siapa", "apa", "mengapa", dan "di mana". Siaran pers juga harus memuat bahasa yang dapat dimengerti dan mudah dipahami.

Sebagian besar siaran pers bersifat ringkas hanya berisi satu halaman hingga maksimal dua halaman. Pada akhirnya, perusahaan harus memberikan informasi yang cukup sehingga kantor berita memiliki bahan yang cukup untuk menerbitkan informasi mereka sendiri tentang apa pun yang diumumkan perusahaan.

Kendati mungkin Anda tergoda untuk membuat siaran pers yang memperindah pencapaian perusahaan Anda atau memutarbalikkan fakta untuk membuat berita terdengar lebih menarik bagi media, namun ada hal yang harus Anda ingat. Siaran pers langsung ke hadapan publik, yang berarti pelanggan dan calon pelanggan Anda akan melihatnya. Ketimbang memikirkan PR semata-mata sebagai tiket untuk mendapatkan liputan berita, Anda juga harus menganggapnya sebagai konten pemasaran yang memiliki manfaat besar.

Press Release adalah aktivitas untuk memberitahukan sebuah informasi, baik itu berupa pelaksanaan kegiatan lembaga atau perusahaan, peluncuran produk, peluncuran perusahaan, dan sebagainya. Secara sederhana, Press Release dapat dikatakan sebagai suatu langkah untuk melakukan sebuah soft selling.

Keberadaan Press Release, perusahaan atau lembaga adalah untuk meningkatkan citra perusahaan atau lembaga. Hanya saja, saat ini masih ada sebagian perusahaan atau lembaga yang belum menggunakan Press Release. Hal seperti ini sangat disayangkan karena bisa membuat orang lain tidak mengenal suatu lembaga atau perusahaan.

Oleh karenanya, sangat disarankan untuk perusahaan atau lembaga agar memanfaatkan Press Release. Setiap Press Release yang disusun harus sesuai dengan tujuan atau maksud yang ingin disampaikan kepada publik. Intinya, Perusahaan atau lembaga masih sangat membutuhkan Press Release.

Press release disebut juga sebagai siaran pers yaitu informasi singkat yang berisi aktivitas individu maupun organisasi yang diterbitkan di media massa online dan cetak. Proses press release media online melibatkan jurnalistik sebagai pengembang informasi & mitra release yaitu marketing internal media dan atau agency yang sudah bekerjasama dengan media.

Press release dapat digunakan untuk berbagai keperluan misalnya, pemasaran, peliputan pengumuman penting, hingga keperluan individu. Jasa press release adalah layanan yang membantu individu maupun organisasi untuk menerbitkan berita di media online nasional maupun daerah.

Pemberitaan tentang bisnis Anda pada media nasional, secara tidak langsung akan membangun trust. Manfaat ini sangat membantu bisnis Anda mendapat pengakuan positif dari publik.

Posting Komentar untuk "Ini Dia Perbedaan Advertorial dan Press Release"