Widget HTML #1

Aset Lancar Adalah ; Pengertian, Karakter dan Contohnya

Aset Lancar Adalah ; Pengertian, Karakter dan Contohnya

Istilah aktiva atau aset terdapat dalam ilmu akuntansi. Aset  dibagi menjadi 2, yaitu aset lancar dan aset tidak lancar. Aset lancar mempunyai peranan yang sangat besar bagi perusahaan, salah satu alasannya adalah aset lancar yang besar sanggup menjamin kelangsungan hidup perusahaan. 

Bicara tentang aset lancar, apa itu aset lancar? Karakter dan contoh-contoh aset lancar? 

Pengertian Aset Lancar atau Aktiva Lancar

Pengertian aktiva lancar atau disebut sebagai aset lancar atau dalam bahasa inggrisnya adalah current assets ialah kekayaan berupa aset yang dimiliki perusahaan yang dibutuhkan sanggup dikonversi (diubah) menjadi kas atau dijual / dikonsumsi habis dalam jangka waktu tidak lebih dari satu tahun buku.  

Karakteristik Aset Lancar atau Aktiva Lancar

Secara umum aset lancar terdiri dari empat karakteristik yang menjelaskan pentingnya aset lancar bagi perusahaan, antara lain sebagai berikut:

  1. Aset lancar dapat dengan mudah diperjualbelikan dalam jangka waktu kurang dari satu tahun.
  2. Aset lancar dapat disimpan dalam waktu yang lama kemudian diperjual belikan.
  3. Jika ingin mencairkan aset lancar, tidak memerlukan waktu yang lama dan relatif singkat. 
  4. Jenis aset lancar biasanya berbentuk uang tunai. 

Aset lancar memiliki beragam jenis, selama suatu aset perusahaan memiliki empat karakteristik wajib di atas, maka produk tersebut dapat dikatakan sebagai aset lancar.

Contoh Aset Lancar Aktiva Lancar

1. Kas dan Setara Kas 

Kas ialah aktiva lancar yang paling likuid alasannya adalah kas sanggup digunakan kapan saja dan merupakan alat pembayaran yang sah, sehingga saat perusahaan membutuhkannya, perusahaan sanggup mengambilnya sewaktu-waktu. Uang tunai, cek (yang belum ditarik atau diuangkan) yang berada di bank juga termasuk dalam kas. 

2. Piutang pendapatan

Jenis pendapatan yang berupa hak tetapi belum dibayarkan. 

3. Piutang usaha

Piutang perjuangan merupakan tagihan perusahaan kepada kreditur atau pelanggan (perseorangan maupun tubuh usaha) sebagai akhir adanya transaksi penjualan barang secara kredit. Piutang mempunyai jangka waktu yang ditetapkan oleh pihak perusahaan maupun kreditur. Pada umumnya, jatuh tempo piutang perjuangan adalah dibawah satu tahun, sehingga dimasukkan ke dalam aktiva lancar.

Apabila piutang perjuangan ini sudah dilunasi oleh pelanggan maka perusahaan akan memperoleh kas dari pelunasan tersebut,  

3. Investasi jangka pendek

Investasi jangka pendek bahu-membahu masuk dalam 'setara kas', yaitu investasi jangka pendek yang siap dikonversikan atau dijual dalam bentuk kas, dan yang sudah mendekati jatuh tempo untuk dicairkan, umumnya paling usang ialah 3 bulan. Contohnya ialah efek sekuritas, aset derivatif yang ditujukan untuk dijual kembali. 

Contoh lain investasi jangka pendek ialah surat berharga, yaitu kepemilikan saham atau obligasi perusahaan yang bersifat sementara dan sanggup dijual sewaktu-waktu.

4. Persediaan 

Persediaan ialah aktiva yang dimiliki perusahaan baik dengan tujuan untuk digunakan oleh perusahaan itu sendiri (untuk produksi, materi baku) atau untuk dijual kembali (dalam hal ini ialah persediaan barang dagangan). 

Persediaan merupakan aset lancar alasannya ialah pada umumnya barang2 persediaan akan segera digunakan perusahaan untuk produksi atau untuk dijual, terutama untuk materi baku basah. Barang persediaan yang terlalu usang di gudang umumnya diantisipasi perusahaan, alasannya ialah perusahaan akan menambah stock barang jika perusahaan sedang membutuhkan.

5. Biaya dibayar dimuka 

Biaya dibayar dimuka ialah aktiva yang diperoleh sebagai akhir dari pembayaran yang keuntungannya tidak habis digunakan dalam satu periode akuntansi. Contohnya ialah sewa bangunan yang pembayarannya dilakukan dahulu dimuka untuk masa manfaat beberapa tahun mendatang, asuransi dibayar dimuka dan lain2. 

6. Perlengkapan kantor 

Perlengkapan kantor ialah perlengkapan2 perusahaan yang digunakan untuk mendukung operasional perjuangan dan bersifat HABIS PAKAI. Karena sifatnya habis pakai inilah maka perlengkapan kantor termasuk dalam aset lancar. Contoh perlengkapan kantor adalah: alat tulis kantor, amplop, kertas dan lain2. 

7. Wesel tagih

Wesel tagih / notes receivable ialah surat perintah penagihan dari perusahaan kepada pihak lain yang namanya tercantum dalam surat, dan pihak lain menyatakan kesepakatan (promes) mengenai kesanggupan membayar pada tanggal tertentu. 

Demikian pengertian aktiva lancar, karakter dan contohnya. Kalau anda baca-baca laporan keuangan perusahaan publik, anda pasti akan menemukan akun-akun tersebut dalam laporan posisi keuangan.

Posting Komentar untuk "Aset Lancar Adalah ; Pengertian, Karakter dan Contohnya"