Widget HTML #1

Apa Itu Advertorial?

Pengertian Iklan Advertorial

Apakah Anda sering mendengar istilah iklan advertorial sebelumnya? Advertorial merupakan salah satu jenis iklan yang harus Anda coba manfaatkan untuk meningkatkan perkembangan bisnis.

Jika Anda penasaran dengan jenis iklan yang satu ini, simak terus penjelasan di bawah ini.

Pengertian Iklan Advertorial

Iklan advertorial adalah format periklanan yang disajikan menggunakan gaya penulisan jurnalistik yang lebih halus. Artinya, iklan ini menggunakan pola enam unsur berita, yaitu 5W+1H. Seperti halnya pada penulisan straight news dan depth news atau feature.

Bentuk iklan ini di setiap media massa bisa saja berbeda. Hal tersebut tergantung pada gaya penulisan dan format tata letak yang sudah berlaku pada media masing-masing. Singkatnya, iklan advertorial merupakan iklan dalam bentuk pemberitaan, atau bisa juga disebut sebagai pemberitaan yang memiliki unsur nilai-nilai iklan.

Karena iklan ini adalah bentuk ikan yang halus, maka sedikit sulit membedakan mana berita asli dan mana yang merupakan advertorial. Untuk mengetahui mana advertorial dan mana berita, maka Anda bisa memperhatikan pada bagian akhir kalimat.

"Masyarakat periklanan Indonesia memberikan definisi iklan sebagai: Segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan lewat media, ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat," menurut pakar ekonomi, Rhenald Kasali.

Fungsi dan Tujuan Iklan Advertorial

Iklan advertorial bertujuan untuk menyatukan informasi dan pesan lewat penggunaan bahasa yang halus. Kemudian, pembahasan disampaikan dengan jelas, tegas, dan mudah dipahami masyarakat.

Berdasarkan teori kebutuhan yang dilontarkan psikolog social Abraham Maslow, kata-kata yang disampaikan bukan hanya sekedar untuk meyakinkan, namun juga harus mampu menggoda perhatian.

Yang paling penting adalah pesan yang disampaikan juga mampu menciptakan kebutuhan bagi masyarakat. Artinya, pesan yang disampaikan harus mampu meyakinkan calon investor akan kebutuhan untuk menanamkan modal.

Kelebihan dan Kekurangan Advertorial

Advertorial memungkinkan suatu perusahaan atau brand untuk melibatkan target audiens mereka tanpa memberi tahu fakta bahwa mereka sedang melihat tayangan iklan berbayar. Tergantung pada produknya, iklan yang dirancang dengan baik akan mampu menghasilkan lebih banyak prospek bisnis dengan harga yang lebih rendah ketimbang iklan biasa.

Advertorial juga cenderung menarik lebih banyak pembaca ketimbang iklan biasa. Terlebih, jika pembaca tersebut menggunakan software pemblokiran iklan. Setelah pembaca terlibat, advertorial juga akan membahas lebih detail tentang keunggulan produk tertentu, yang tidak mungkin dilakukan pada banner ads biasa. Ketika kontennya sangat kuat, mereka bahkan dapat secara sukarela membagikannya di media sosial.

Salah satu kelemahan utama dari pendekatan ini adalah, jika advertorial mendorong terlalu keras, justru hanya akan meninggalkan kesan negatif bagi pembaca terhadap brand dan tim publikasinya. Pernyataan yang salah atau berlebihan juga akan mendiskreditkan brand tersebut. 

Jika sebuah majalah dianggap hanya mengandalkan konten berbayar, maka majalah tersebut dapat 'menyesatkan' sebagian besar audiensnya. Sehingga, pada akhirnya akan kehilangan pembaca dan pengiklan. Maka, usahakan untuk menyusun iklan advertorial sehalus mungkin, dan mengutamakan informasi bermanfaat.

Jenis dan Sifat Iklan Advertorial

Jenis advertorial dapat dibedakan berdasarkan materi yang dipaparkan dalam penulisannya. Secara garis besar, jenis iklan advertorial dibagi menjadi beberapa jenis berikut.

Iklan Produk

Jenis ini dalam penulisannya banyak memaparkan pembahasan tentang produk yang akan dipasarkan. Topik pembahasan bisa tentang merk, jenis, kualitas dan keberadaan. Sebagai contoh, membahas celana jeans model terbaru yang dikeluarkan oleh perusahaan merk terkenal.

Iklan Jasa

Jenis iklan ini dalam penulisannya banyak menginformasikan pembahasan mengenai jasa yang ditawarkan pada khalayak. Topik pembahasannya baik tentang jenis atau kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan penyedia jasa. Sebagai contoh, membahas kualitas layanan penyedia jasa ekspedisi.

Iklan Korporat atau Perusahaan

Jenis iklan ini lebih banyak menyajikan mengenai eksistensi suatu perusahaan. Baik swasta maupun milik pemerintah. Topik pembahasannya umumnya mengenai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Iklan Pemerintahan

Jenis iklan ini dalam penulisannya banyak memaparkan pembahasan mengenai aktivitas di seputar pemerintahan. Sifat yang terkandung dalam iklan advertorial yakni informatif, eksplanatif, interpretatif, persuasif, argumentatif, influentif dan eksploratif.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Advertorial?"