Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 Manfaat Hewan Peliharaan: Hidup Lebih Sehat Bersama SehatQ

5 Manfaat Hewan Peliharaan: Hidup Lebih Sehat Bersama Sehatq
moondoggiesmusic.com

Memiliki binatang lucu di rumah? Selamat, karena ada banyak manfaat hewan peliharan yang bisa membuat hidup lebih berkualitas. Tanpa menyadarinya, ternyata ikan, burung, hingga kucing dan anjing yang terpelihara membawa pengaruh baik.

Hal tersebut karena tingkah laku lucu hewan peliharaan biasanya membuat orang merasa lebih bahagia. Umumnya, orang memelihara burung, kucing, anjing, bahkan hingga reptil. Lantas, apa saja manfaat dari berinteraksi dengan binatang di rumah?

Manfaat Hewan Peliharan Untuk Hidup Yang Lebih Berkualitas

Nyatanya, ada banyak manfaat dari memelihara hewan kesayangan. Di antaranya adalah:

1. Melatih Rasa Tanggung Jawab

Memelihara hewan perlu perhatian khusus. Anda harus memberikan makan, membersihkan kotorannya, serta mengobati jika sakit. Hal ini tanpa disadari akan melatih rasa tanggung jawab.

Pemilik binatang peliharaan tentu tidak akan membiarkannya tidak terawat. Selain itu, kegiatan rutin dalam memberi makan dan membersihkan kandang bisa menjadi latihan disiplin yang efektif, terutama bagi anak-anak.

2. Mengurangi Risiko Stress

Faktanya, berinteraksi dengan hewan yang tingkah lakunya lucu, bisa menimbulkan rasa bahagia. Pada akhirnya tingkat stress pun akan menurun. Kucing manja, anjing yang patuh, hingga kelinci lucu, bisa membuat hidup Anda lebih menyenangkan.

3. Mengajarkan Toleransi Dan Empati

Biasanya orang yang memiliki kedekatan personal dengan hewan peliharaannya akan mengembangkan kebiasaan rasa empati dan toleransi. Tidak hanya pada peliharaannya saja, sikap ini akan tampak juga ketika berinteraksi dengan orang lain.

Jika hewan peliharaan sakit, pemiliknya tentu akan berempati dan segera mengobatinya. Dengan demikian, dia juga terlatih tanggap terhadap kesulitan orang lain. Selain itu, juga lebih penyayang.

4. Membuat Psikologis Pemilik Lebih Stabil

Setiap orang pasti tidak terlepas dari risiko mengalami hari yang buruk. Namun, dengan adanya binatang peliharaan di rumah, kondisi tersebut tidak berkembang menjadi stress berkepanjangan.

Kebanyakan pemilik akan segera mencari hewan peliharaannya ketika mengalami suasana hati yang buruk. Hanya sekadar membelai atau memperhatikan tingkah laku peliharaan tersebut, bisa membuat mood membaik.

Bahkan, tidak sedikit pemilik mencurahkan isi hati pada hewan peliharaannya. Manfaatnya adalah perasaan lega, karena sudah mengeluarkan uneg-uneg. Curhat kepada hewan cukup efektif, karena mereka hanya mendengarkan tanpa menghakimi.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Alergi

Banyak yang berpendapat bahwa hewan akan membuat orang menjadi alergi. Namun, jika seorang anak sudah berinteraksi dengan hewan peliharaan sejak umum enam bulan, justru akan menurunkan risiko mengalami alergi.

Bisa jadi hal tersebut karena secara tidak langsung, tubuh menyesuaikan diri dan membentuk antibodi. Kendati demikian, jangan meninggalkan balita hanya bersama hewan peliharaan. Dampingi agar mengurangi risiko saat peliharaan tiba-tiba agresif.

Menjaga Agar Hewan Peliharaan Tetap Sehat

Anda tidak bisa memungkiri bahwa ada beberapa jenis penyakit yang bisa menular dari hewan ke manusia. Jadi, lakukan perawatan agar binatang tersebut selalu sehat dan terhindar dari penyakit. Caranya adalah:

  • Bersihkan kotoran hewan, serta kandangnya secara rutin.
  • Berikan vaksinasi sesuai kebutuhannya.
  • Penuhi gizinya dengan makanan sehat.
  • Pastikan sampo, bedak, dan produk sejenis aman bagi hewan tersebut.
  • Jagalah kebersihan rumah secara keseluruhan.
  • Berikan mainan agar binatang peliharaan selalu ceria.
  • Lakukan interaksi positif dengan hewan tersebut.
  • Segera bawa ke dokter jika tampak lesu, tidak nafsu makan, konsistensi kotoran berubah, atau terdapat luka borok.
  • Jaga agar hewan peliharaan tidak memiliki kutu. 
  • Bagi anjing dan kucing, mandikan mereka secara rutin dengan shampo kusus hewan.

Melihat manfaat hewan peliharaan tersebut, maka tidak ada salahnya untuk segera memilikinya di rumah, agar hidup lebih berkualitas dan bebas stres. Namun, pastikan perawatannya optimal agar tidak menularkan virus atau bakteri bagi Anda sekeluarga.

Posting Komentar untuk " 5 Manfaat Hewan Peliharaan: Hidup Lebih Sehat Bersama SehatQ"

X