Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Manfaat Sistem Informasi Manajemen Bagi Usaha dan Perusahaan

Manfaat Sistem Informasi Manajemen Bagi Usaha dan Perusahaan

Sistem Informasi - Dalam mengembangan perusahaan wajib disertai dengan penggunaan sistem informasi manajemen, jadi tidak melulu membangun perusahaan secara fisik dengan gedung dan fasilitas paling modern. Hal ini kadang jarang disadari perusahaan dan biasanya baru disadari saat layanan seperti enterprise resource planning atau ERP mulai digunakan dan menjadi landasan operasional perusahaan.

Informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi dengan analisis khusus sangat bermanfaat bagi kebutuhan organisasi dan keputusan yang diambil untuk masing-masing tingkat (level) manajemen. Dengan demikian tujuan dibentuknya sistem informasi manajemen (SIM) agar organisasi menyediakan data dan informasi yang bermanfaat dalam membuat keputusan manajemen, baik menyangkut pengelolaan dan keputusan rutin maupun bersifat strategis.

Secara umum manfaat sistem informasi manajemen bagi perusahaan adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Investasi di dalam teknologi sistem informasi dapat menolong operasi perusahaan menjadi lebih efisien sehingga perusahaan dapat menjalankan strategi keunggulan biaya. Mulai dari akuntansi hingga penelusuran order pelanggan, sistem informasi menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi bisnis sehari-hari.

Seseorang dapat menghemat waktu pekerjaan, membuat laporan dari jarak jauh, menjadikan media promosi dan berinteraksi. Ketika tanggapan/respon yang cepat menjadi penting, maka kemampuan sistem informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi ke berbagai fungsi bisnis menjadi sangat penting.

Sistem informasi memproses data, memproses transaksi bisnis, mengontrol proses industrial, dan mendukung komunikasi serta produktivitas kantor secara efisien.

2. Memperkenalkan Inovasi Dalam Bisnis

Penggunaan ATM dalam perbankan merupakan contoh yang baik dari inovasi teknologi Sistem Informasi. Dengan  adanya ATM, bank-bank besar dapat memperoleh keuntungan strategis melebihi pesaing mereka yang berlangsung beberapa tahun.

Penekanan utama dalam Sistem Informasi strategis adalah membangun biaya pertukaran kedalam hubungan antara perusahaan dengan konsumen atau pemasoknya. Contoh yang bagus dari hal ini adalah sistem reservasi penerbangan terkomputerisasi yang ditawarkan kepada agen perjalanan oleh perusahaan penerbangan besar.

Bila sebuah agen perjalanan telah menjalankan sistem reservasi terkomputerisasi, maka mereka akan segan untuk menggunakan sistem reservasi dari penerbangan lain.

3. Membangun Sumber-Sumber Informasi Strategis

Teknologi sistem informasi mendorong perusahaan untuk membangun sumber informasi strategis sehingga mendukung strategi bersaing perusahaan untuk mendapat kesempatan dalam keuntungan strategis. Yang termasuk teknologi informasi yang dimaksud adalah untuk memperoleh hardware dan software, mengembangkan jaringan telekomunikasi, menyewa spesialisasi sistem informasi, dan melatih pengguna.

Banyak usaha yang menggunakan informasi berbasis komputer terhadap konsumen. Kadang kala mereka membantu merancang kampanye pemasaran untun menjual produk barunya. Dengan membuat situs website dan mendaftarkan kejaringan internet, sebuah perusahaan dapat mempromosikan usahanya, memberikan informasi, sarana komunikasi sehingga bisa bertransaksi dengan konsumen tanpa harus bertatap muka.

Kegiatan ini disebut e-commerce. Perusahaan dapat menjangkau konsumen dari berbagai wilayah domestik maupun mancanegara.

4. Mendukung Pengambilan Keputusan Manajerial

Sistem informasi manajemen yang dirancang dan dilakukan dengan baik akan banyak manfaat yang bisa diperoleh manajemen perusahaan. SIM mempermudah manajemen dan menunjang proses pengambilan keputusan karena sistem informasi manajemen menyediakan informasi bagi manajemen perusahaan dimana sistem informasi tersebut dilakukan.

Bagi seorang pemimpin proses pengambilan keputusan merupakan dasar tindakan dimasa mendatang. Suatu keputusan yang dihasilkan tanpa didasari  informasi yang tepat akan berakibat fatal dan tidak dapat mencapai tujuan.

Kombinasi sistem informasi dapat membantu manajer menjalankan bisnis menjadi lebih baik, lebih cepat, lebih bermakna. Meskipun dengan informasi yang sama, para manajer harus mampu mengidentifikasi kecendrungan dan mengevaluasi hasil.

5. eminimalisir Adanya Tindak Kecurangan dan Kebocoran Data

Keberadaan basis data yang dikelola secara terpadu di dalam perusahaan, memungkinkan Anda mengelola data ini dengan terbuka, sekaligus tetap menjaga kerahasiaannya. Tapi apa maksudnya kalimat tersebut?

Terbuka, dalam rangka memberikan transparansi dan kemudahan akses pada pihak yang memerlukan data ini, sekaligus menjalankan fungsi pengawasan. Jadi tidak ada kecurangan yang dilakukan. Sistem informasi manajemen memungkinkan semua pihak melihat secara langsung riwayat input yang dimasukkan, sehingga mudah dideteksi ketika ada data yang salah atau sengaja dibuat salah dengan tujuan tertentu.

Rahasia, karena akses pada data bisa diatur sedemikian rupa sehingga hanya staf yang berkepentingan saja yang bisa masuk dan menggunakan data tersebut. Dengan begini, potensi kebocoran data bisa diminimalisir, dan rahasia perusahaan tetap aman.

Posting Komentar untuk "Manfaat Sistem Informasi Manajemen Bagi Usaha dan Perusahaan"

X