Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Sistem Informasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Sistem Informasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh Sistem Informasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari (Keperluan Kuliah/ Pribadi)

Sistem merupakan suatu susunan yang teratur dari kegiatan-kegiatan yang saling bergantung  dan prosedur - prosedur yang saling berhubungan yang melaksanakan dan mempermudah kegiatan utama organisasi. Sedangkan informasi menurut George R Terry, Ph. D. adalah data yang penting yang memberikan informasi yang berguna. Atau Informasia dalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang berarti bagi penerima untuk dapat di implementasikan.

Contoh Sistem Informasi dikehidupan Sehari-hari :

1. Nama Sistem : Sistem layanan/informasi akademis

Tempat Sistem : Dikampus

Cara kerjanya :

- Mahasiswa/i hanya tinggal mengunjungi situs kampus masing-masing, missal www.pelitanusantara.ac.id

- Lalu klik Cetak KRS Online, lalu masukkan Nim pada user name dan password maka KRS akan siap untuk dicetak.

Tujuan :

Mempermudah seluruh Petugas Staf kampus jga Mahasiswa

Fungsi :

Menyediakan informasi ter Update tentang kampus

Sedikit penjelasan tentang Sistem ini :

Sistem layanan/informasi akademis yang memungkinkan mahasiswa memperoleh data akademis dan mendaftar mata kuliah yang diambil pada tiap semester. Dengan adanya layanan system informasi ini, sangat memudahkan mahasiswa dalam setiap  kepentingannya, ketika mengisi KRS Kita tidak harus berangkat kekampus hanya untuk mengisi KRS saja. Kita sudah bias mengakses lewat internet sehingga bisa di akses dimana saja sekalipun kita sedang berada di luar kota. Semua informasi bias kita dapatkan disini, mulai dari rekap nilai kita dalam setiap semester, kemudian pendaftaran – pendaftaran seperti KKN, wisuda, dll.

2. Nama Sistem : Sistem Pemesanan Tiket Secara Online

Tempat Sistem : -

Cara kerjanya :

Setelah memesan secara online di website maskapai maupun melalui Online TravelAgent seperti Traveloka.com, etiket akan dikirim ke email pemesan.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan setelah menerima etiket di email:

- Buka attachment file etiket di email (biasa berupa file PDF) Print etiket di atas kertas A4 sebagai dokumen pribadi atau untuk menunjukkan kode booking kepetugas di bandara.

- Pada hari keberangkatan, bawa etiket tersebut kebandara untuk proses check-in disertai dengan kartui dentitas resmi berfoto seperti KTP, SIM (rute domestik) atau paspor (rute internasional).

- Maskapai membutuhkan kode booking (PNR) di e-tiket untuk kemudian mencocokkan data yang ada di database mereka dengan info yang ada di identitas resmi kita.J ikasesuai, maka mereka akan memberikan boarding pass.

Tujuan :

Kita tidak harus lagi cape antri di loket untuk membeli tiket

Fungsi :

Menghindari adanya Calo tiket serta meminimalisir kemungkinan kehabisan  tiket.

Sistem pemesanan tiket secara online, misalnya pemesanan tiket kereta atau pesawat. Melalui system informasi ini kita tidak harus lagi cape antri di loket untuk membeli tiket, kita cukup buka internet kemudian melakukan transaksi untuk pembelian atau pemesanan tiket yang kita perlukan, sehingga menghemat waktu juga hemat tenaga dan meminimalisir kemungkinan kehabisan tiket.

Sedikit Penjelasan Tentang Pemesanan Tiket Secara Online :

Perbedaan paling mendasar antara tiket model lama dan tiket pesawat elektronik adalah letak data penerbangan dan data penumpang.Di system etiket pesawat, seluruh data booking penumpang terletak di database computer maskapai dan tidak hanya di lembaran tiket.Etiket yang dicetak di atas kertas hanyalah sebagai referensi dari data sebenarnya yang ada di database maskapai. Umumnya, etiket memuat informasi yang mengacu pada data yang ada di database maskapai. Informasi tersebut adalah:

  1. Nama maskapai
  2. Kode booking (PNR), kode unik inilah yang menjadi referensi data penumpang di sistem data base maskapai.
  3. Detail penerbangan: Waktu, rute, nomor penerbangan.
  4. Detail penumpang: Nama, jenis tiket, info bagasi dan no. tiket.

3. Nama Sistem : Sistem SMS Banking dan Internet Banking

Tempat Sistem : Bank

Cara kerjanya :

Misalkan BNI SMS Banking Menu

Kini dengan BNI SMS Banking Menu  transaksi Anda melalui SMS, lebih aman dan nyaman. Cukup pilih menu transaksi yang diinginkan maka transaksi melalui Layanan BNI SMS Banking Menu akan langsung terproses.

Cara download aplikasi BNI SMS Banking Menu untuk ponsel non Blackberry :

- Ketik SMS dengan format :

Download<spasi>menu Kirimke 3346

Contoh : Download menu

Cara download aplikasi BNI SMS Banking Menu untuk ponsel Blackberry:

- Ketik SMS dengan format :

Download <spasi>menu<spasi>BB

- Kirimke 3346

Contoh : Download menu BB

Kriteria ponsel yang dapat menggunakan aplikasi BNI SMS Banking Menu :

  • - Support Java MIDP 2.0.
  • - Operating System (OS) type symbian, Blackberry, Windows Mobile with midlet manager ready.
  • - Memiliki tombol navigasi (untuk touch screen menggunakan virtual keyboard).
  • - Memiliki kemampuan untuk koneksike internet dengan GPRS (untuk men-download aplikasi BNI SMS Banking Menu).

Cara Aman Bertransaksi Melalui BNI SMS Banking

  • Pastikan nomor ponsel yang terdaftar pada layanan BNI SMS Banking merupakan nomor ponsel pribadi Anda.
  • Hubungi BNI Call atau cabang BNI terdekat apabila ponsel Anda yang terdaftarpada BNI SMS Banking hilang Segera hapus Sent Item Anda setelah melakukan transaksi (Apabila Ada).

Tujuan :

Mempermudah Nasabah dan Melakukan transaksi perbankan kini dapat  dilakukan di manapun

Fungsi :

Memberikan pelayanan terbaik untuk nasabah

Sedikit Penjelasan Tentang Sistem SMS Banking dan Internet Banking :

Sistem SMS Banking dan Internet Banking, SMS Banking adalah layanan informasi perbankan yang dapat diakses langsung melalui telepon Selular/ handphone dengan menggunakan media SMS (short message service). SMS Banking merupakan layanan yang disediakan Bank menggunakan sarana SMS untuk melakukan transaksi keuangan dan permintaan informasi keuangan ,misalnya cek saldo, mutasi rekening, pembayaran (kartu kredit), dan pembelian (pulsa isi ulang). Biasanya kita harus ke Bank atau ATM untuk meregistrasi system ini. Kemudian Internet Banking, yaitu transaksi keuangan yang dapat dilakukan hanya dengan computer dengan memanfaatkan koneksi internet. Transaksi yang dapat dilakukan sama halnya dengan SMS Banking. Biasanya diSmartphone sudah tersedia aplikasi layanan tersebut.

4. Nama Sistem : Sistem Video Call

Tempat Sistem : Hp

Cara kerjanya :

  1. Unduh dan install aplikasi Tango Voice & Video Call melalui Android Market,
  2. Isi nomortelepon dan alamat email sebagai tanda pengenal akun Tango ketika pertama kali aplikasi diaktifkan. Untuk mengisi langkah ini, pilih kode negara +62, kemudian isi nomor telepon Anda, sangat disarankan untuk tidak mengisi angka 0 didepan.
  3. Jika langkah pengisian nomor telah selesai, aplikasi Tango Voice & Video Call dengan sendirinya akan melakukan pencarian pada phonebook Anda, apakah ada phonebook di ponsel Anda yang memiliki akun Tango atau tidak.
  4. Jika pencarian telah dilakukan, Anda siap untuk melakukan panggilan voice atau video call Android
  5. Ketika anda sedang melakukan panggilan aplikasi ini tidak akan langsung menampilkan video untuk mengaktifkan fitur video tersebut. Anda hanya perlu menekan tombol video yang ada pada ponsel.

Sedikit Penjelasan Tentang Sistem SMS Banking dan Internet Banking :

Video Call, dengan system ini komunikasi kita dengan kerabat, teman, atau siapa saja menjadi lebih mudah baik itu yang di luar negeri sekalipun, kita dapat melakukan Video Call dengan menggunakan aplikasi seperti SKYPE, IM Messengger, Smartphone, dll dengan koneksi internet atau pulsa.

Posting Komentar untuk "Contoh Sistem Informasi Dalam Kehidupan Sehari-Hari"

X