Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Investasi

Penulisan Laporan Bisnis: Pengertian, Penggolongan, Bagian Pokok dan Contoh

Penulisan Laporan Bisnis: Pengertian, Penggolongan, Bagian Pokok dan Contoh

Laporan bisnis secara umum adalah suatu laporan yang bersifat netral, memiliki tujuan yang jelas serta menyajikan fakta kepada seorang atau lebih dalam rangka mencapai tujuan bisnis tertentu.

Pengertian Laporan Bisnis

Laporan bisnis Menurut Herta A. Murphy: Laporan Bisnis adalah suatu laporan yang memiliki sifat netral, tidak memihak, memiliki tujuan yang jelas, dan berisi rencana penyajian fakta kepada seorang atau lebih untuk tujuan bisnis tertentu.

Laporan bisnis Menurut Himstreet: Laporan Bisnis adalah suatu pesan-pesan objektif yang disusun secara teratur dan digunakan untuk menyampaikan informasi dari suatu bagian organisasional atau dari satu institusi atau lembaga kelembaga yang lain guna membantu pengambilan keputusan atau pemecahan masalah.

Tujuan Penulisan Laporan Bisnis oleh suatu perusahaan

  • Untuk memonitor dan mengendalikan operasional perusahaan.
  • Untuk membantu mengimplementasikan kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan perusahaan.
  • Untuk mendokumentasikan prestasi kerja yang diperlukan baik untuk keperluan internal maupun eksternal.
  • Untuk memenuhi persyaratan-persyaratan hukum dan peraturan-peraturan yang berlaku bagi perusahaan.
  • Untuk memperoleh sumber perdanaan.
  • Untuk menganalisis informasi dan memberikan bimbingan bagi pengambilan keputusan-keputusan atas isu-isu tertentu.

Penggolongan Laporan Bisnis:

  • 1. Menurut fungsinya: suatu laporan dapat dibedakan atas dasar untuk memberi informasi atau untuk analisis.
  • 2. Menurut subjeknya: suatu laporan dapat dibedakan berdasarkan departemen laporan itu diperoleh.
  • 3. Menurut formalitasnya: suatu laporan dapat dibedakan dari segi formal atau nonformal.
  • 4. Menurut keasliannya: suatu laporan dapat dibedakan atas dasar otoritas atau sukarela dan juga apakah berasal dari publik atau swasta.
  • 5. Menurut frekuensinya: laporan dapat dibedakan atas dasar secara berkala atau khusus.
  • 6. Menurut jenisnya: laporan dipengaruhi oleh formalitas dan panjangnya laporan.
  • 7. Menurut kegiatan proyek: dalam melaksanakan suatu proyek, terdapat tiga jenis laporan, yaitu laporan pendahuluan, laporan perkembangan, dan laporan akhir.
  • 8. Menurut pelaksanaan pertemuan: laporan bisnis dapat dibedakan atas agenda, resolusi, notulen, dan laporan pertemuan.

Bagian Pokok Laporan Bisnis

Pendahuluan :

Beberapa hal yang dipertimbangkan untuk dikemukakan pada bagian ini adalah latar belakang masalah, menetapkan masalah dan lingkup kajian, menyusun pernyataan tujuan, metode pengambilan dan analisis data, sumber informasi atau data, definisi istilah dan keterbatasan kajian.

a. Pemberi kuasa

b. layout/ rencana presentasi

c. Masalah

d. Maksud penulisan

e. Ruang lingkup

f. Metodologi

g. Sumber-sumber primer atau skunder

h. Latar belakang

i. Definisi istilah

j. Keterbatasan

k. Rekomendasi

Isi atau Teks Laporan

Membahas dan mengembangkan hal-hal penting secara rinci. Penulisan laporan bisnis yang baik harus mencakup temuan fakta yang penting dan relevan. Hal-hal yang tidak perlu dan tidak relevan dengan tujuan penulisan laporan harus dibuang.

Penutup

Bagian penutup berfungsi untuk merangkum laporan secara menyeluruh, mengambil kesimpulan, atau memberi rekomendasi. Bagian penutup sendiri diberi judul “rencana tindakan” atau “proposisi”.

a.  Rangkuman

Berisi ringkasan pembahasan secara menyeluruh.kadang kala hanya berisi point-poin yang penting, kekuatan dan kelemahan atau manfaat dan kerugian.

b. Kesimpulan

Berisi evaluasi secara ringkas fakta – fakta yang dibahas tanpa memasukkan pendapat pribadi kita sebagai penulis.

c.  Rekomendasi

Menyarankan suatu program tindakan yang didasarkan pada kesimpulan yang dibuat.

d.  Rencana Tindakan

Merupakan pernyataan terakhir yang mencakup waktu  pelaksanaan program, anggaran yang diperlukan dan orang-orang yang bertanggung jawab terhadap program yang dilaksanakan. 

Persiapan penulisan laporan bisnis :

- Definisikan masalah, tujuan, dan ruang lingkup

- Pertimbangkan siapa yang akan menerima laporan

- Tentukan ide atau gagasan

- Mengumpulkan bahan yang diperlukan

- Menganalisis dan menafsirkan data

- Mengorganisasi data dan mempersiapkan outline akhir

Contoh Laporan Bisnis

Perkembangan sebuah usaha adalah tanggung jawab dari seluruh organisasi untuk mampu menyelesaikan tujuan organisasi sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelum usaha dilaksanakan. Sebelum adanya praktek yang dilakukan oleh seluruh komponen organisasi.

Perusahaan telah menyampaikan rincian aspek yang akan dicapai dalam sebuah scenario planning sebagai pedoman untuk setiap aspek yang hendak dilaksanakan dan akan dievaluasi setiap satu periode pencapaian perusahaan dalam lima bulan.

Contoh laporan Bisnis

Posting Komentar untuk "Penulisan Laporan Bisnis: Pengertian, Penggolongan, Bagian Pokok dan Contoh"