Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Investasi

Peran dan Fungsi Manajemen Menurut Henry Mintzberg

Peran dan Fungsi Manajemen Menurut Henry Mintzberg
Manajemen bisa juga berarti proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan aktivitas-aktivitas pelayanan bimbingan dan konseling serta penggunaan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pencapaian tujuan dilakukan secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan sumber daya organisasi. Efektivitas merujuk pada serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan, dan efisiensi menunjukan pencapaian tujuan secara optimal dengan menggunakan sumber daya yang paling minimal.

Peran dan Fungsi Manajemen Menurut Henry Mintzberg

Dalam konteks ini, manajemen memiliki peran yang strategis dan penting. Henry Mintzberg (1991) seperti yang dikutip oleh Rusdiana (2014:114), mengidentifikasi tiga peran penting manajemen, yaitu:
  1. Peran interpersonal: peran hubungan personal terdiri atas :(a). Figur kepala (figur head): manajer mewakili organisasi untuk kegiatan-kegiatan di luar organisasi. (b). Pemimpin (leader): manajer mengoordinasikan, mengendalikan, memotivasi, dan mendukung bawahan-bawahannya. (c) Penghubung (liaison): manajer menghubungkan personal di semua tingkatan manajemen
  2. Peran informational: peran dari manajer sebagai pusat syaraf (nerve center) organisasi untuk menerima informasi yang paling mutakhir dan sebagai penyebar (disseminator) informasi ke seluruh personel di organisasi. Peran infromasi lainnya adalah manajer sebagai juru bicara (spokesman)untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang informasi yang dimilikinya.
  3. Peran decisional: yang dilakukan oleh manajer adalah sebagai entrepreneur, sebagai orang yang menangani gangguan, orang yang mengalokasikan sumber daya organisasi, dan negosiator jika terjadi konflik dalam organisasi.

Posting Komentar untuk "Peran dan Fungsi Manajemen Menurut Henry Mintzberg"