Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Investasi

Pengertian Dasar Saham Waran

Pengertian Dasar Saham Waran
Pada artikel ini, kita secara singkat akan membahas dasar saham waran, yang dapat terpisah dari obligasi dan ditukar dengan saham biasa - hampir seperti kupon. Dengan kata lain pemegang obligasi yang disertai waran tidak harus menjual obligasi dan waran secara bersama - sama.

1. Saham Waran
Ketika menerbitkan obligasi, perusahaan memiliki banyak fleksibilitas ketika memutuskan bagaimana membuat obligasi lebih diinginkan di pasar. Tingkat suku bunga yang dinyatakan dapat disesuaikan, fitur konversi bisa ditambahkan, apa pun yang membuat obligasi lebih menarik bagi calon investor. Salah satu opsi tersebut adalah penambahan saham waran untuk obligasi. Saham waran adalah dokumen kecil yang dapat dipisahkan dari obligasi itu sendiri dan dengan terpisah diperdagangkan atau digunakan. Kerjanya seperti opsi saham, memberikan pemegang hak untuk membeli saham biasa untuk harga tertentu.

2. Penerbitan Obligasi Disertai Waran
Ketika obligasi disertai waran diterbitkan, harga harus dialokasikan berdasarkan nilai wajar waran dan nilai wajar obligasi. Jumlah yang dialokasikan ke waran dicatat dalam akun modal disetor tambahan khusus diperuntukkan bagi saham waran, sedangkan sisanya dicatat sebagai kewajiban obligasi.
Ada dua cara untuk mengalokasikan harga penerbitan antara waran dan obligasi. Kadang-kadang, hanya nilai wajar waran yang bisa diketahui. Jika hal ini terjadi, jumlah yang dialokasikan untuk waran, dan sisanya dari harga dialokasikan untuk obligasi. Sebagai contoh, jika nilai wajar waran adalah $ 100 dan nilai wajar obligasi adalah $ 900, 10% dari harga penerbitan ditetapkan untuk waran dan 90% akan dialokasikan untuk obligasi.

3. Penebusan Saham Waran
Ketika pemegang waran ingin menebus saham tersebut, pemegang saham menerima pertukaran untuk saham dengan harga yang ditentukan. Pada penebusan, perusahaan mencatat debit untuk kas nominal saham waran. Pada saat yang sama perusahaan mencatat kredit untuk saham biasa sesuai nilai nominal saham yang dikeluarkan dan modal disetor sehingga menyeimbangkan pembukuan.

4. Saham Waran Kadaluwarsa
Umumnya, waran hanya dapat ditebus untuk jangka waktu tertentu. Jika waran tersebut tidak ditebus sebelum tanggal kadaluarsa, saldo agio saham waran disisihkan ke agio saham biasa.

Memang biasanya waran diterbitkan oleh perusahaan kecil, namun memiliki perkembangan yang baik.

Posting Komentar untuk "Pengertian Dasar Saham Waran"