Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Komponen-komponen Sistem Informasi menurut Rusdina dan Moch Irfan

Komponen sistem informasi menurut Rusdina dan Moch Irfan
Sistem informasi merupakan suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi serta menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan. Sistem informasi terdiri atas komponen-komponen yang disebut blok bangunan.


Rusdiana dan Moch. Irfan (2014:202), mengidentifikas komponen-komponen sistem informasi, yaitu komponen input, komponen model, komponen output, komponen teknologi, komponen hardware, komponen software, komponen basis data, dan komponen kontrol. Semua komponen tersebut saling berinteraksi satu dengan yang lain dan membentuk satu kesatuan untuk mencapai sasaran. Berikut ini akan dijelaskan secara rinci komponen-komponen sistem informasi terbut.
  1. Komponen input. Komponen input mewakili data yang masuk dalam sistem informasi. Input disini termasuk metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukan, yang dapat berupa dokumen dasar.
  2. Komponen model. Komponen ini terdiri atas kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah ditentukan untuk menghasilkan output yang diinginkan.
  3. Kompoonen output. Hasil dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua pemakai sistem.
  4. Komponen teknologi. Teknologi merupakan tool box dalam sistem informasi. Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghaasilkan dan mengirimkan keluaran, serta membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
  5. Kompoen hardware. Hardware berperan penting sebagai media penyimpanan vital bagi sistem informasi. Fungsinya sebagai tempat untuk menampung sumber data dan informasi untuk memperlancar serta mempermudah kerja dari sistem informasi.
  6. Komponen software. Software berfungsi sebagai tempat untuk mengolah, menghitung, dan memanipulasi data yang diambil dari hardware untuk menciptakan informasi.
  7. Komponen basis data. Basis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu dengan yang lain, tersimpan diperangkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpan dalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Organisasi basis data yang baik juga berguna untuk efisiensi kapasitas penyimpanannya.
  8. Komponen kontrol. Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah. Apabila terlanjur terjadi kesalahan, dapat cepat diatasi.
Demikian penjelasan tentang Komponen-komponen Sistem Informasi menurut Rusdina dan Moch Irfan, untuk menambah pemahaman Anda bisa membaca artikel artikel terbaru kami tentang Baca juga: Ruang Lingkup Sistem Informasi Manajemen
Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Komponen-komponen Sistem Informasi menurut Rusdina dan Moch Irfan"

X