Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

12 Aplikasi Software Perkantoran Gratis

Software Kantor Gratis

Software Kantor Gratis
- Pekerjaan perkantoran banyak sekali Jenisnya, tetapi ada umumnya pekerjaan kantor mencakup pembuatan dokumen, surat menyurat penting yang mesti didukung software Office agat bisa tertata rapi dan terlihat formal. Namun banyak software saat ini merupakan aplikasi berbayar yang tentu saja perlu menguras kantong untuk bisa mengunakannya. 

Karena itu kali Feenance akan membahas tentang software-software Opensource. Kelebihan dari open source software ini adalah bisa di peroleh secara gratis tanpa perlu membayar lisensi software. Dan seperti biasa open source software dapat di peroleh di internet.

1. LibreOffice

Mungkin belum banyak yang mengenal tentang aplikasi yang satu ini. Karena kebanyakan lebih mengenal Microsoft Office daripada LibreOffice. Tapi pada dasarnya LibreOffice mempunyai fitur dan fungsi yang sama dengan Microsoft Office.

LibreOffice merupakan sebuah paket aplikasi office (perkantoran) yang bersifat free alias gratis, bebas untuk di download, digunakan dan disebarkan. Aplikasi ini dikembangkan oleh The Document Foundation (TDF) yang kompatibel dengan aplikasi perkantoran lainnya seperti Microsoft Office dan tersedia dalam berbagai platform.

Secara bahasa, LibreOffice merupakan gabungan dari kata Libre (bahasa Spanyol dan Perancis yang artinya bebas) dan Office (bahasa Inggris yang artinya kantor). Aplikasi ini merupakan pengembangan dari aplikasi sejenis yaitu Open Office dan menggunakan format berkas Open Document (ODF).

LibreOffice sendiri mempunyai beberapa kelebihan diantaranya:

  1. Software tak berbayar alias gratis
  2. Bisa export ke PDF
  3. Bisa membuka dokumen berformat microsoft office
  4. Mempunyai fitur dan fungsi yang sama dengan microsoft office
  5. Font lebih banyak dan berfariasi
  6. Menu Bar lebih kompleks dan efisien
  7. Support 32 dan 64 bit

Komponen – komponen LibreOffice

Writer

Merupakan aplikasi untuk menulis dan mengolah kata dengan fungsi yang hampir sama dengan Microsoft Word. Writer dapat menyimpan file dalam format HTML, XHTML, XML dan PDF. Serta dapat dikoneksikan dengan e-mail client untuk surat menyurat melalui media online.

Calc

Aplikasi yang berfungsi sebagai lembar kerja ini sangat mirip dengan Excel pada Microsoft Office. Mempunyai fitur yang unik dan beragam seperti tabel, rumus fungsi, diagram dan lainnya. Aplikasi ini mendukung format seperti excel, CSV, HTML, XML Spreedsheet dll.

Impress

Sebuah aplikasi untuk presentasi yang bisa diekspor sebagai berkas SWF, sehingga dapat dilihat di komputer yang terinstall Adobe Flash. Cara penggunaan Impress ini sangat mirip dengan Power Point yang ada dalam Microsoft Office.

Draw

Aplikasi yang berfungsi untuk membuat grafik vektor, diagram yang mirip dengan Microsoft Visio. Fitur yang dimiliki juga hampir sama dengan Scribus dan Microsoft Publisher. Draw juga bisa membuat gambar diagram alir dengan tampilan 3D.

Math

Mempunyai fungsi untuk membuat dan menyunting formula matematika yang menggunakan varian XML sebagaimana ditetapkan dalam spesifikasi OpenDocument.

Base

Salah satu komponen dalam LibreOffice yang serupa dengan Microsoft Access sebagai basis data relasional seperti penyusunan laporan dan formulir sehingga memudahkan dalam akses data.


2. OpenOffice

Apache OpenOffice (dahulu OpenOffice.org) adalah sebuah paket aplikasi perkantoran berkode sumber terbuka (open source) yang dapat diperoleh secara gratis. Paket tersebut termasuk komponen-komponen pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan gudang data (database). Apache OpenOffice ditujukan sebagai saingan bagi Microsoft Office dan dapat dijalankan di atas berbagai platform, di antaranya Windows, Solaris, Linux, dan Mac OS X. Apache OpenOffice mendukung standar dokumen terbuka untuk pertukaran data, dan dapat digunakan tanpa biaya. (wikipedia) 

OpenOffice adalah sebuah paket aplikasi yang diperuntukkan untuk pekerjaan kantor seperti penulisan surat, penggunaan spreadsheet, presentasi dan lain-lain. OpenOffice adalah aplikasi berkode sumber terbuka, artinya semua orang yang memiliki kemampuan dapat mengembangkan aplikasi ini sesuai dengan yang ia inginkan dengan syarat tidak menghapus credit atau penghargaan pada orang-orang yang berjasa pada pengembangan OpenOffice sebelumnya. Paket aplikasi ini dapat diperoleh gratis di website openoffice.org, yang terdiri dari komponen pengolah kata (word prosessor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor dan gudang data atau database. OpenOffice ditujukan sebagai pengganti dari Microsoft Office yang berlisensi amat mahal. Open Office dapat dijalankan dari berbagai platform sistem operasi seperti Windows, Solaris, Linux dan Mac. OpenOffice mendukung format standar dokumen terbuka dengan ekstensi.odt yang dapat dipertukarkan dengan bebas.

Komponen dalam OpenOffice.org adalah :

  1. OpenOffice.org Writer
  2. OpenOffice.org Calc
  3. OpenOffice.org Impress
  4. OpenOffice.org Draw
  5. OpenOffice.org Math
  6. OpenOffice.org Base


3. Sketchup

SketchUp adalah program komputer pemodelan 3D untuk berbagai aplikasi gambar seperti arsitektur, desain interior, arsitektur lansekap, teknik sipil dan mekanik, desain film dan video game. SketchUp dimiliki oleh Trimble Inc., sebuah perusahaan survei pemetaan dan peralatan navigasi.

Ada online library model assemblies gratis (mis. Jendela, pintu, mobil), 3D Warehouse, tempat pengguna dapat menyumbangkan model. Program ini mencakup fungsi tata letak gambar (drawing layout), memungkinkan rendering permukaan dalam "style" variabel, mendukung program "plug-in" pihak ketiga yang dihosting di situs bernama Extension Warehouse untuk menyediakan kemampuan lain (misalnya, rendering yang mendekati foto-realistis) dan memungkinkan penempatannya model dalam Google Earth.

Berikut adalah beberapa produk SketchUp:

SketchUp Free

SketchUp Free dirilis sebagai aplikasi berbasis web yang menggantikan SketchUp Make. Gambar dapat disimpan ke cloud, disimpan secara lokal sebagai file SKP asli, atau diekspor sebagai file STL. Dibandingkan dengan Make, SketchUp Free tidak mendukung ekstensi, pembuatan, dan pengeditan materi.

SketchUp Shop

SketchUp Shop adalah versi SketchUp khusus untuk desainer, pembuat, dan tukang kayu DIY. Memiliki seperangkat fitur yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan mereka (misalnya antarmuka dengan printer 3D, router CNC dan mesin toko lainnya). Perbedaan utama antara Shop dan Pro adalah bahwa SketchUp Shop adalah aplikasi web yang Anda jalankan di browser saat terhubung ke Internet sedangkan SketchUp Pro adalah aplikasi yang dapat diunduh yang dapat Anda gunakan secara offline.

SketchUp Pro 

SketchUp Pro mencakup fungsionalitas SketchUp Make plus importir dan eksportir ke format 2D dan 3D umum, akses ke LayOut (perangkat lunak dokumentasi 2D) dan Style Builder (membuat edge styles kustom untuk model SketchUp). SketchUp Pro 2016 memiliki integrasi asli dengan Trimble Connect, perlakukan model 3D Warehouse sebagai referensi, Laporan Hasilkan yang dibuat ulang, dan sekarang LayOut menawarkan objek referensi yang ramah web serta API LayOut baru.

SketchUp Studio

SketchUp Studio adalah cara termudah untuk mengarahkan proyek Anda ke depan dengan percaya diri. Buat model proyek Anda dengan alat SketchUp yang Anda kenal dan sukai, ditambah semua alat analisis yang Anda butuhkan untuk membangun gedung yang efisien.

Apapun tujuan proyek Anda, SketchUp Studio dapat membantu. Baik Anda mendesain rumah pasif hemat energi, ingin memenuhi tantangan 2030, atau bertujuan mencapai sasaran kinerja lain, SketchUp Studio membantu Anda mendorong konsensus tentang cara meningkatkan proyek dan mengurangi kekhawatiran apakah Anda berada di jalur yang benar.


4. Inkscape

Inkscape adalah aplikasi menggambar vektor yang free dan open source, alias pengembangannya terbuka dan dilakukan oleh orang-orang di seluruh dunia, serta didistribusikan dengan gratis tanpa harus membeli atau menyewa lisensi.

Mengutip situs resminya, selain gratis, Inkscape juga merupakan software yang open source, lho. Kamu bisa menginstalnya di perangkat dengan sistem operasi:

  1. GNU/Linux
  2. Windows
  3. macOS

Fitur-Fitur Inkscape

Nah, agar kamu bisa mengenal aplikasi ini lebih dalam, kenalan dengan fitur-fitur yang dimilikinya, yuk!

Dirangkum dari situs resmi Inkscape, ini dia daftarnya.

1. Membuat objek

Pertama, ada pembuatan objek. Ia adalah salah satu fitur utama aplikasi Inkscape. 

Melalui fitur ini, kamu bisa menggambar sesuatu. Tentu saja, menggambar dan mencipta bentuk merupakan salah satu inti dari desain.

2. Manipulasi objek

Nah, kalau objek-objek sudah dibuat, saatnya diatur hingga membentuk desain yang padu.

3. Mengubah warna objek

Agar desain dan ilustrasi makin cantik, kamu tentu perlu memilih kombinasi warna.

4. Berbagai pilihan format dokumen

Kalau menggunakan aplikasi desain ini, kamu bisa memilih beberapa format gambar.


5. CutePDF 

Cute PDF Writer adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengekspor file Windows ke format PDF. Software ini beroperasi seperti perangkat printer virtual, yang berarti dapat menyimpan segala jenis file ke dalam bentuk PDF.

Portable Document Format (PDF) adalah standar de facto untuk distribusi dan pertukaran dokumen elektronik dan formulir yang aman dan andal di seluruh dunia. CutePDF Writer adalah versi gratis dari perangkat lunak pengubah PDF komersial.

CutePDF Writer menginstal dirinya sendiri sebagai “subsistem printer”. Hal ini memungkinkan hampir semua aplikasi Windows (harus dapat mencetak) untuk mengkonversi ke dokumen PDF berkualitas profesional – hanya dengan menekan satu tombol! Membuat PDF dengan pengubah PDF gratis ini sangat mudah.

Apa yang Baru di CutePDF:

  1. Menambahkan dukungan untuk Windows 8, 8.1, 32-bit dan 64-bit.
  2. Menambahkan dukungan untuk GPL GS 32-bit dan 64-bit.
  3. Menambahkan dukungan untuk Windows 7 32-bit dan 64-bit.
  4. Menambahkan dukungan untuk Windows Vista 32-bit dan 64-bit.
  5. Menambahkan dukungan untuk 64-bit Windows XP / 2003.
  6. Terintegrasi secara mulus dengan Cute PDF Professional.
  7. Versi baru berfungsi dengan Ghostscript versi terbaru.
  8. Untuk digunakan dengan aplikasi PS2PDF lainnya, lihat FAQ.
  9. Mendukung Windows bahasa asing dengan lebih baik.
  10. Tidak lagi menyertakan Ghostscript. Anda dapat mengunduh dan menginstalnya secara terpisah.

Catatan: Membutuhkan konverter PS2PDF seperti Ghostscript (disarankan). Anda bisa mendapatkan GPL Ghostscript 8.15 gratis disini.


6. Google Docs, Sheets dan Slides

Pada dasarnya fungsi ketiga microsoft office online sama dengan microsoft office yang terpadang di PC sobat. Kalian bisa membuat dokumen word, tulisan, presentasi, database excel, dsb. Mari kenal lebih lanjut tentang ketiganya

1. Google Docs

Adalah semacam Microsoft Office Word. Melalui Google Docs, Sobat bisa mengedit maupun membuat file ms word (docx) secara online tanpa software atau tanpa harus menginstall Office terlebih dahulu di komputer atau laptop.

2. Google slide

Software mirip Microsoft Powerpoint yang dapat digunakan untuk membuat presentasi online, bekerjasama membuat presentasi, membagikan presentasi ke rekan tim lain, dan sebagainya.

3. Google sheet

Yaitu bentuk lain dari Microsoft Excel yang fungsinya sebagai pengelolaan data seperti perhitungan data berupa angka, memasukkan data dan formula, formatting cells, dan membuat chart atau tabel.


7. Microsoft Office Online

Versi dasar dari Microsoft bisa menjadi pilihan yang cukup bagus. Meskipun tidak selengkap Microsoft versi full, Microsoft Office Online bisa digunakan untuk menggunakan fitur-fitur dasarnya. Cukup daftar akun Microsoft, lalu sign-in ke aplikasi Office.


8. WPS Office Free

WPS Office adalah suite kantor gratis multifungsi yang mengintegrasikan Word, PDF, Excel, PowerPoint, tabel, dokumen, penyimpanan cloud, perpustakaan templat, serta pembagian dan pengeditan daring.

Banyak pengguna: lebih dari 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia

Reputasi yang baik: aplikasi terbaik di Google Play pada tahun 2005

Sebagai pemroses kata profesional, WPS Office mengintegrasikan Writer, Spreadsheet, Presentation, dan PDF dalam satu aplikasi. Kompatibel dengan Microsoft Office 365. Fungsi dasar dapat digunakan secara gratis, dengan lebih cerdas, dan lebih ringan.

Untuk bekerja jarak jauh, belajar daring, bekerja jarak jauh, pembelajaran elektronik, pengumpulan data, dan lain-lain, WPS Office bisa menjadi pilihan pertama.


9. SoftMaker FreeOffice

SoftMaker FreeOffice adalah sebuah aplikasi perkantoran yang dibuat sebagai sebuah aplikasi alternatif Microsoft Office yang dapat Anda gunakan secara gratis tanpa harus membayar lisensi programnya.

Aplikasi ini menawarkan seperangkat aplikasi office, termasuk email client baru untuk versi Profesional saja. Aplikasi ini juga bisa menangani dokumen yang dibuat oleh Microsoft Office dengan mudah dan juga berjalan pada setiap PC dengan Windows XP atau versi di atasnya.


10. iWork

Aplikasi iWork adalah sebuah paket perangkat lunak yang memiliki fungsi mirip dengan Microsoft Office. Paket yang disertakan lewat iWork sendiri terdiri dari Pages, Number, serta Keynote.

Pada dasarnya, iWork memang dirancang supaya bisa bekerja secara dinamis piranti iLife yang juga dikembangkan oleh Apple. Sejauh ini, kompatibilitas dari iWork memang tidak perlu dipertanyakan.


11. Smart Office 2

SmartOffice adalah aplikasi pengeditan dokumen yang intuitif dan mudah digunakan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dunia seluler saat ini. Lihat, edit, buat, sajikan & bagikan dokumen MS Office langsung di perangkat seluler Anda.

Smart Office 2 milik Artifex ini, memiliki tampilan yang sangat baik. Dan bisa anda di Play Store secara gratis.


12. Quip

Quip merupakan aplikasi yang mirip dengan Google Docs. Aplikasi ini membantu pengguna untuk membuat dan mengedit dokumen. Keistimewaannya, aplikasi ini dilengkapi dengan alat chatting, supaya pemilik dokumen dapat bertukar fikiran dengan rekan kerja. Hal ini memudahkan beberapa pihak melakukan kolaborasi terhadap sebuah dokumen atau spreadsheet.

Keunggulan Quip termasuk memudahkan pengguna membuat atau mengedit dokumen dari beberapa jenis perangkat, termasuk laptop dan perangkat mobile (ponsel pintar dan tablet).


Demikian pembahasan mengenai 12 Aplikasi Software Perkantoran Gratis. Semoga Software-software diatas dapat bermanfaat dan bisa menunjang kinerja pekerjaan Anda. 

Posting Komentar untuk "12 Aplikasi Software Perkantoran Gratis"

X