Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Jurnal Penyesuaian (Contoh)


https://www.feenance.web.id

Jurnal penyesuaian adalah jurnal akuntansi yang mengubah catatan akuntansi perusahaan menjadi berbasis akuntansi akrual. Jurnal penyesuaian biasanya dibuat sesaat sebelum mengeluarkan laporan keuangan perusahaan atau pada akhir periode.

Contoh Jurnal Penyesuaian :

Perusahaan meminjam uang dari bank pada tanggal 1 Desember 2017 dan periode akuntansi perusahaan berakhir pada 31 Desember. Bank pinjaman menetapkan bahwa pembayaran bunga pertama akan jatuh tempo pada tanggal 1 Maret 2018. Ini berarti bahwa catatan pembukuan perusahaan pada tanggal 31 Desember tidak melakukan pembayaran ke bank untuk kepentingan perusahaan yang timbul dari 1 Desember sampai 31 Desember. (Tentu saja pinjaman tersebut membebani biaya bunga perusahaan setiap hari, tetapi pembayaran yang sebenarnya untuk bunga tidak terjadi sampai 1 Maret.) Untuk laporan laba rugi perusahaan bulan Desember secara akurat melaporkan profitabilitas perusahaan, itu harus mencakup semua biaya bulanan perusahaan, bukan hanya biaya yang dibayarkan. Demikian pula untuk neraca perusahaan pada tanggal 31 Desember, harus melaporkan kewajiban untuk bunga terhutang pada tanggal neraca. Penyesuaian diperlukan sehingga beban bunga bulan Desember disertakan pada laporan laba rugi bulan Desember dan bunga yang jatuh tempo pada tanggal 31 Desember disertakan pada neraca 31 Desember. Jurnal penyesuaian akan mendebit Beban Bunga dan kredit Hutang Bunga untuk jumlah bunga dari 1 Desember hingga 31 Desember.


Situasi lain yang membutuhkan jurnal penyesuaian muncul ketika jumlah telah dicatat dalam pembukuuan akuntansi perusahaan, tetapi jumlahnya lebih dari periode akuntansi saat ini. Untuk mengilustrasikan mari kita asumsikan bahwa pada 1 Desember 2017 perusahaan membayar agen asuransinya $ 2.400 untuk perlindungan asuransi selama periode 1 Desember 2017 hingga 31 Mei 2018. Transaksi $ 2.400 tercatat dalam catatan akuntansi pada 1 Desember, tetapi jumlahnya mewakili enam bulan dari beban asuransi. Hingga 31 Desember, satu bulan dari biaya asuransi telah digunakan atau habis masa berlakunya. Oleh karena itu, laporan laba rugi untuk bulan Desember harus melaporkan hanya satu bulan biaya asuransi sebesar $ 400 ($ 2.400 dibagi dengan 6 bulan) di dalam akun Beban Asuransi. Neraca tanggal 31 Desember harus melaporkan biaya lima bulan dari biaya asuransi yang belum habis. (Biaya yang tidak digunakan disebut sebagai Biaya Dibayar Dimuka. Biaya yang digunakan disebut sebagai Biaya Asuransi yang telah habis masa berlakunya.) Ini berarti bahwa neraca tanggal 31 Desember harus melaporkan lima bulan biaya asuransi atau $ 2.000 ($ 400 per bulan kali 5 bulan) di akun Asuransi Dibayar Dimuka.

Dua contoh jurnal penyesuaian diatas berfokus pada biaya, tetapi jurnal penyesuaian juga melibatkan pendapatan . Ini akan kita bahas nanti ketika mempersiapkan jurnal penyesuaian.

Untuk saat ini kita akan bahas beberapa poin penting :
Ada dua skenario di mana jurnal penyesuaian diperlukan sebelum laporan keuangan dikeluarkan:
  1. Tidak adanya transaksi yang perlu dibukukan dalam pembukuan untuk pengeluaran atau pendapatan tertentu, tetapi biaya atau pendapatan tersebut mendadak terjadi dan harus dimasukkan dalam laporan laba rugi dan neraca periode berjalan.
  2. Transaksi sudah dibukukan, tetapi jumlahnya harus dibagi antara dua atau lebih periode akuntansi.
Jurnal penyesuaian hampir selalu melibatkan Neraca (Hutang Bunga, Asuransi Sibayar Dimuka, Piutang Usaha, dll.) dan Laba Rugi (Beban Bunga, Biaya Asuransi, Pendapatan Jasa, dll.)

Jurnal Penyesuaian - Akun Aset


Jurnal Penyesuaian memastikan bahwa neraca dan laporan laba rugi akhir periode harus akrual . Cara yang masuk akal untuk memulai proses adalah dengan meninjau jumlah atau saldo yang ditunjukkan di masing-masing rekening neraca. Kita akan menggunakan neraca awal berikut ini, yang melaporkan saldo akun sebelum penyesuaian:

https://ilmuakuntans.blogspot.com
Mari kita mulai dengan akun aset:

Cash $ 1,800
Rekening Kas memiliki saldo awal sebesar $ 1.800 dalam buku besar. Sebelum menerbitkan neraca, seseorang harus bertanya, "Apakah $ 1.800 jumlah kas yang sebenarnya? Apakah ia setuju dengan jumlah yang dihitung pada rekonsiliasi bank?" Akuntan menemukan bahwa $ 1.800 memang benar-benar seimbang.(Jika saldo awal dalam kas tidak sesuai rekonsiliasi bank, jurnal penyesuaian biasanya diperlukan. Misalnya, jika laporan bank termasuk biaya administrasi dan biaya pemeriksaan cek dan belum dimasukkan ke dalam catatan akuntansi perusahaan maka biaya tersebut harus dimasukkan ke dalam akun kas.

Account Receivable $ 4.600 

Untuk menentukan apakah saldo dalam akun ini akurat, kita dapat meninjau daftar terperinci pelanggan yang belum membayar faktur untuk barang atau layanan. (Ini sering disebut sebagai kartu piutang dan sering ditemukan di buku besar pembantu piutang dagang.) Ketika faktur terbuka tersebut disortir menurut tanggal penjualan, perusahaan dapat mengetahui berapa lama piutang tersebut . Laporan seperti itu disebut sebagai laporan umur piutang . Mari kita asumsikan bahwa saldo awal dalam Piutang Usaha $ 4.600 akurat sejauh jumlah yang telah ditagih dan belum dibayar.
Namun, di bawah basis akuntansi akrual, neraca harus melaporkan semua jumlah piutang perusahaan bukan hanya jumlah yang telah ditagih pada faktur penjualan. Demikian pula, laporan laba rugi harus melaporkan semua pendapatan yang telah diperoleh bukan hanya pendapatan yang telah ditagih. Setelah ditinjau lebih lanjut, diketahui bahwa $ 3.000 penjualan telah dilakukan pada 31 Desember tetapi tidak ditagih hingga 10 Januari. Karena $ 3,000 ini diperoleh pada bulan Desember, itu harus dimasukkan dan dilaporkan pada laporan keuangan untuk bulan Desember. Jurnal penyesuaian tanggal 31 Desember disiapkan untuk dapat memberi informasi ke laporan keuangan bulan Desember.

Mari ikuti proses itu di sini:
https://ilmuakuntans.blogspot.comhttps://ilmuakuntans.blogspot.com
Jurnal penyesuaian untuk Piutang Dagang dalam format jurnal umum adalah:
https://ilmuakuntans.blogspot.com
Perhatikan bahwa saldo akhir dalam Rekening Piutang Usaha sekarang adalah $ 7.600 jumlah yang benar yang diterima oleh perusahaan. Saldo akun laporan laba rugi telah ditingkatkan dengan jumlah penyesuaian $ 3.000, karena $ 3.000 ini juga diperoleh dalam periode akuntansi tetapi belum dimasukkan ke dalam akun Pendapatan. Saldo dalam Pendapatan akan meningkat selama tahun karena akun dikreditkan setiap kali faktur penjualan disiapkan. Saldo dalam Piutang Usaha juga meningkat jika penjualan itu kredit (sebagai lawan dari penjualan tunai). Namun, Piutang Usaha akan berkurang setiap kali pelanggan membayar sebagian dari jumlah yang terhutang kepada perusahaan. Oleh karena itu, saldo dalam Piutang Usaha mungkin sekitar jumlah penjualan satu bulan, jika perusahaan memungkinkan pelanggan membayar faktur dalam 30 hari.

Pada akhir tahun pembukuan, saldo akhir dalam neraca (aset dan kewajiban) akan berlanjut ke tahun laporan berikutnya. Saldo akhir dalam laporan laba rugi (pendapatan dan pengeluaran) ditutup setelah laporan keuangan tahun disusun dan akun ini akan memulai periode akuntansi berikutnya dengan saldo nol.

Penyisihan Piutang Tak Tertagih $ 0
Ini umum untuk tidak mencantumkan akun dengan saldo $ 0 pada neraca. Meskipun Penyisihan Piutang Tak Tertagih tidak muncul pada neraca awal, para akuntan yang berpengalaman menyadari bahwa ada kemungkinan sebagian dari piutang tersebut mungkin tidak dapat dikumpulkan. (Ini bisa terjadi karena beberapa pelanggan akan mengalami kesulitan yang tak terduga, beberapa pelanggan mungkin tidak jujur, dll.) Jika sebagian dari $ 4.600 yang dibayarkan kepada perusahaan tidak akan dikumpulkan, neraca perusahaan harus melaporkan kurang dari $ 4.600 piutang. Namun, daripada mengurangi saldo dalam Piutang Usaha dengan cara jumlah kredit, jumlah kredit akan dilaporkan dalam Penyisihan Piutang Tak Tertagih. (Kombinasi dari saldo debit dalam Piutang Usaha dan saldo kredit dalam Penyisihan Piutang Tak Tertagih disebut sebagai realisasi nilai bersih .)

Mari kita asumsikan bahwa penelaahan terhadap piutang menunjukkan bahwa sekitar $ 600 dari piutang tidak dapat ditagih. Ini berarti bahwa saldo dalam Penyisihan Piutang Tak Tertagih harus dilaporkan sebagai saldo kredit $ 600 daripada saldo awal $ 0. Kedua akun yang terlibat adalah neraca akun Penyisihan Piutang Tak Tertagih dan akun laporan laba rugi Beban Piutang Tidak Tertagih.
https://ilmuakuntans.blogspot.comhttps://ilmuakuntans.blogspot.com
Jurnal penyesuaian untuk Penyisihan Piutang Tak Tertagih adalah:
https://ilmuakuntans.blogspot.com
Ada kemungkinan satu atau kedua akun memiliki saldo awal. Namun, saldo cenderung berbeda satu sama lain.Karena Penyisihan Piutang Tak Tertagih adalah rekening neraca, saldo akhirnya akan berlanjut ke tahun buku berikutnya. Karena Beban Piutang tidak Tertagih adalah laporan laba rugi, saldo tidak akan meneruskan ke tahun berikutnya. Beban Piutang tidak Tertagih akan memulai tahun akuntansi berikutnya dengan saldo nol.

Persediaan $ 1.100 

Akun Persediaan memiliki saldo awal sebesar $ 1.100. Namun, jumlah persediaan sebenarnya di tangan menunjukkan $ 725. Ini berarti bahwa saldo awal terlalu tinggi sebesar $ 375 ($ 1.100 dikurangi $ 725). Kredit sebesar $ 375 harus dimasukkan ke dalam akun aset untuk mengurangi saldo dari $ 1.100 menjadi $ 725. Akun laporan laba rugi terkait adalah Biaya Persediaan.
https://ilmuakuntans.blogspot.comhttps://ilmuakuntans.blogspot.com
Jurnal penyesuaian untuk Persediaan dalam format jurnal umum adalah:
https://ilmuakuntans.blogspot.com
Perhatikan bahwa saldo akhir dalam Persediaan sekarang adalah $ 725 jumlah persediaan yang benar-benar tepat yang dimiliki perusahaan. Laporan pendapatan akun Biaya Persediaan telah meningkat dengan $ 375. Diasumsikan bahwa penurunan persediaan di tangan berarti bahwa persediaan telah digunakan selama periode akuntansi saat ini. Saldo dalam Biaya Persediaan akan meningkat karena akun tersebut didebit. Biaya Persediaan akan memulai tahun akuntansi berikutnya dengan saldo nol. Saldo dalam Persediaan pada akhir tahun akuntansi akan terbawa ke tahun akuntansi berikutnya.

Asuransi Dibayar Dimuka $ 1.500 

Saldo $ 1.500 dalam akun aset Asuransi Dibayar Dimuka adalah saldo awal. Keseimbangan yang benar perlu ditentukan.Jumlah yang benar adalah jumlah yang telah dibayarkan oleh perusahaan untuk pertanggungan asuransi yang akan berakhir setelah tanggal neraca. Jika peninjauan atas pembayaran untuk asuransi menunjukkan bahwa $ 600 dari pembayaran asuransi adalah untuk asuransi yang akan berakhir setelah tanggal neraca, maka saldo dalam Asuransi Dibayar Dimuka harus $ 600. Semua jumlah lainnya harus dibebankan pada Biaya Asuransi.

https://ilmuakuntans.blogspot.comhttps://ilmuakuntans.blogspot.com
Jurnal penyesuaian untuk Asuransi Dibayar Dimuka adalah:
https://ilmuakuntans.blogspot.com
Perhatikan bahwa saldo akhir dalam aset Asuransi Dibayar Dimuka sekarang adalah $ 600 jumlah asuransi yang benar yang telah dibayar di muka. Akun Biaya Asuransi telah dinaikkan sebesar $ 900 setelah penyesuaian. Diasumsikan bahwa penurunan jumlah dibayar dimuka adalah jumlah yang digunakan atau habis masa berlakunya selama periode saat ini. Saldo dalam Biaya Asuransi dimulai dengan saldo nol setiap tahun dan meningkat selama tahun karena akun tersebut didebit. Saldo pada akhir tahun akuntansi dalam aset Asuransi Dibayar Dimuka akan terbawa ke tahun akuntansi berikutnya.

Peralatan $ 25.000 

Peralatan adalah aset jangka panjang yang tidak akan bertahan selamanya. Biaya peralatan dicatat dalam akun Peralatan. Saldo $ 25.000 dalam Peralatan adalah akurat, jadi tidak diperlukan penyesuaian di akun ini. Sebagai akun aset, saldo debit $ 25.000 akan terbawa ke tahun akuntansi berikutnya.

Akumulasi Penyusutan Peralatan $ 7.500 

Akumulasi Penyusutan Peralatan adalah akun aset dengan saldo awal sebesar $ 7,500 adalah jumlah penyusutan masuk ke dalam akun sejak Peralatan diperoleh. Keseimbangan yang benar harus merupakan jumlah kumulatif penyusutan sejak saat peralatan itu diperoleh melalui tanggal neraca. Sebuah tinjauan menunjukkan bahwa per 31 Desember jumlah akumulasi penyusutan harus $ 9.000. Oleh karena itu akun Akumulasi Penyusutan Peralatan harus memiliki saldo akhir $ 9.000. Ini akan membutuhkan tambahan $ 1.500 kredit untuk akun ini. Akun laporan laba rugi yang berkaitan dengan jurnal penyesuaian ini dan yang akan didebet sebesar $ 1.500 adalah Beban Penyusutan Peralatan.
https://ilmuakuntans.blogspot.comhttps://ilmuakuntans.blogspot.com
Jurnal penyesuaian untuk Akumulasi Penyusutan dalam format jurnal umum adalah:
https://ilmuakuntans.blogspot.com
Saldo akhir dalam akun Akumulasi Penyusutan Peralatan pada akhir tahun akuntansi akan berlanjut ke tahun akuntansi berikutnya. Saldo akhir dalam Beban Penyusutan Peralatan akan ditutup pada akhir periode saat ini dan akun ini akan memulai tahun akuntansi berikutnya dengan saldo $ 0.

Jurnal Penyesuaian - Akun Kewajiban

Wesel Bayar $ 5.000 
Wesel Bayar adalah akun kewajiban yang melaporkan jumlah pokok terhutang pada tanggal neraca. (Setiap bunga yang timbul tetapi belum dibayar pada tanggal neraca dilaporkan dalam akun kewajiban terpisah, Hutang Bunga.) Akuntan telah memverifikasi bahwa jumlah pokok yang sebenarnya terutang adalah sama dengan jumlah yang muncul pada neraca awal. Oleh karena itu, tidak ada jurnal penyesuaian yang diperlukan untuk akun ini.

Hutang Bunga $ 0 
(Ini umum untuk tidak mencantumkan akun dengan saldo $ 0 pada neraca.)

Hutang Bunga adalah akun kewajiban yang melaporkan jumlah bunga yang ditanggung perusahaan pada tanggal neraca. Akuntan menyadari bahwa jika suatu perusahaan memiliki saldo dalam Wesel Bayar, perusahaan harus melaporkan jumlah dalam Beban Bunga dan Hutang Bunga. Alasannya adalah bahwa perusahaan berhutang uang, ia mengeluarkan biaya bunga dan kewajiban membayar bunga. Kecuali bunga dibayar hingga saat ini, perusahaan akan selalu berhutang budi kepada pemberi pinjaman.

Mari asumsikan bahwa perusahaan meminjam $ 5.000 pada tanggal 1 Desember dan setuju untuk melakukan pembayaran bunga pertama pada tanggal 1 Maret. Jika pinjaman menetapkan suku bunga tahunan sebesar 6%, pinjaman akan dikenakan bunga perusahaan sebesar $ 300 per tahun atau $ 25 per bulan . Pada tanggal 1 Maret, perusahaan harus membayar $ 75 bunga. Pada laporan laba rugi Desember perusahaan harus melaporkan biaya bunga satu bulan sebesar $ 25. Pada neraca 31 Desember perusahaan harus melaporkan bahwa ia berhutang $ 25 pada tanggal 31 Desember untuk bunga.
https://ilmuakuntans.blogspot.comhttps://ilmuakuntans.blogspot.com
Entri jurnal yang disesuaikan untuk Pembayaran Bunga adalah:

https://ilmuakuntans.blogspot.com
Hutang $ 2,500 
Hutang adalah akun kewajiban yang melaporkan jumlah yang terhutang kepada pemasok atau vendor pada tanggal neraca. Jumlahnya secara rutin dimasukkan ke dalam akun ini setelah perusahaan menerima dan memverifikasi semua hal berikut: (1) faktur dari pemasok, (2) barang atau jasa telah diterima, dan (3) membandingkan jumlah dengan pesanan pembelian perusahaan . Tinjauan atas detail menegaskan bahwa saldo akun ini sebesar $ 2,500 akurat sejauh faktur yang diterima dari vendor.

Namun, di bawah basis akrual akuntansi neraca harus melaporkan semua jumlah yang terhutang oleh perusahaan bukan hanya jumlah yang telah dimasukkan ke dalam sistem akuntansi dari faktur vendor. Demikian pula, laporan laba rugi harus melaporkan semua biaya yang telah dikeluarkan bukan hanya biaya yang telah dimasukkan dari faktur vendor. Untuk mengilustrasikan ini, asumsikan bahwa perusahaan memiliki $ 1.000 perbaikan pipa yang dilakukan pada akhir Desember, tetapi perusahaan belum menerima faktur dari tukang ledeng. Perusahaan harus membuat jurnal penyesuaian untuk mencatat biaya dan kewajiban pada laporan keuangan bulan Desember. Jurnal penyesuaian akan melibatkan akun-akun berikut:
https://ilmuakuntans.blogspot.comhttps://ilmuakuntans.blogspot.com
Jurnal penyesuaian untuk Hutang dalam format jurnal umum adalah:
https://ilmuakuntans.blogspot.com
Saldo dalam akun hutang pada akhir tahun akan meneruskan ke periode tahun berikutnya. Saldo dalam Beban Perbaikan & Pemeliharaan pada akhir tahun pembukuan akan ditutup dan tahun buku berikutnya akan dimulai dengan $ 0.

Upah Gaji $ 1.200 
Upah Gaji adalah akun kewajiban yang melaporkan jumlah yang terhutang kepada karyawan pada tanggal neraca. Jumlah secara rutin dimasukkan ke dalam akun ini ketika catatan penggajian karyawan diproses. Tinjauan atas rincian menegaskan bahwa saldo akun ini sebesar $ 1.200 akurat sejauh gaji yang telah diproses.

Namun, di bawah basis akrual akuntansi neraca harus melaporkan semua jumlah penggajian yang terhutang oleh perusahaan bukan hanya jumlah yang telah diproses. Demikian pula, laporan laba rugi harus melaporkan semua biaya penggajian yang telah dikeluarkan bukan hanya biaya dari proses penggajian rutin. Sebagai contoh, asumsikan bahwa 30 Desember adalah hari Minggu dan hari pertama periode pembayaran gaji. Upah yang diterima oleh karyawan pada 30-31 Desember akan dimasukkan dalam proses penggajian untuk minggu 30 Desember hingga 5 Januari. Namun, laporan laba rugi Desember dan neraca 31 Desember perlu memasukkan upah untuk 30-31 Desember , tapi bukan upah untuk 1-5 Januari. Jika upah untuk 30-31 Desember berjumlah $ 300, entri penyesuaian berikut diperlukan pada tanggal 31 Desember:
https://ilmuakuntans.blogspot.comhttps://ilmuakuntans.blogspot.com
Jurnal yang disesuaikan untuk Upah Gaji adalah:
https://ilmuakuntans.blogspot.com
Saldo $ 1.500 dalam Upah Gaji adalah jumlah sebenarnya yang belum dibayarkan kepada karyawan untuk pekerjaan mereka sampai 31 Desember. $ 13.420 dari Beban Upah adalah total upah yang digunakan oleh perusahaan sampai 31 Desember. Jumlah Gaji yang dibayarkan akan diteruskan ke tahun buku berikutnya. Jumlah Pengeluaran Upah akan dihapuskan sehingga tahun buku berikutnya dimulai dengan saldo $ 0.
Pendapatan Ditangguhkan $ 1.300 
Pendapatan Ditangguhkan adalah akun kewajiban yang melaporkan jumlah yang diterima oleh perusahaan tetapi belum diterima oleh perusahaan. Misalnya, jika sebuah perusahaan mengharuskan pelanggan dengan peringkat kredit yang buruk untuk membayar $ 1.300 sebelum memulai pekerjaan apa pun, perusahaan meningkatkan asetnya Kas sebesar $ 1.300 dan itu seharusnya meningkatkan kewajibannya. Pendapatan Ditangguhkan sebesar $ 1.300.

Ketika perusahaan melakukan pekerjaan, perusahaan akan mengurangi saldo akun Pendapatan Ditangguhkan dan meningkatkan saldo akun Pendapatan Jasa dengan jumlah yang diterima. Tinjauan atas saldo dalam Pendapatan Ditangguhkan mengungkapkan bahwa perusahaan memang menerima $ 1.300 dari pelanggan pada awal bulan Desember. Namun, selama sebulan perusahaan menyediakan layanan jasa kepelanggan dengan jumlah $ 800. Oleh karena itu, pada tanggal 31 Desember jumlah pendapatan jasa adalah $ 500.
Mari kita bayangkan situasi ini dengan akun-T berikut ini:
https://ilmuakuntans.blogspot.comhttps://ilmuakuntans.blogspot.com
Jurnal penyesuaian untuk Pendapatan Ditangguhkan dalam format jurnal umum adalah:
https://ilmuakuntans.blogspot.com
Karena Pendapatan Ditangguhkan merupakan neraca, saldo pada akhir tahun pembukuan akan terbawa ke tahun buku berikutnya. Di sisi lain, Pendapatan Jasa adalah akun laporan laba rugi dan sisanya akan ditutup ketika tahun berjalan berakhir. Pendapatan dan biaya selalu memulai tahun buku berikutnya dengan $ 0.

Akrual & Penangguhan

Jurnal Penyesuaian sering diurutkan menjadi dua kelompok :

1. Akrual

melibatkan baik biaya dan pendapatan yang terkait dengan poin yang disebutkan dalam pengantar topik ini:
  • Tidak adanya transaksi yang perlu dibukukan dalam pembukuan untuk pengeluaran atau pendapatan tertentu, tetapi biaya atau pendapatan tersebut mendadak terjadi dan harus dimasukkan dalam laporan laba rugi dan neraca periode berjalan. 

Akrual Beban

Seorang akuntan mungkin berkata, "Kami perlu menambah beban bunga atas pinjaman bank." Pernyataan itu dibuat karena tidak ada yang tercatat dalam akun untuk biaya bunga, tetapi perusahaan memang menanggung beban bunga selama periode akuntansi. Selanjutnya, perusahaan memiliki kewajiban atau kewajiban untuk bunga yang belum dibayar hingga akhir periode. Apa yang dikatakan akuntan adalah bahwa jurnal penyesuaian tipe akrual perlu dicatat.

Akuntan mungkin juga mengatakan, "Kami perlu menambah upah yang diterima oleh karyawan pada hari Minggu, 30 Desember, dan Senin, 31 Desember." Ini berarti bahwa penyesuaian tipe akrual diperlukan karena perusahaan mengeluarkan biaya gaji pada 30-31 Desember tetapi tidak akan dimasukkan secara rutin ke dalam catatan akuntansi pada akhir periode 31 Desember.

Contoh ketiga adalah akrual biaya utilitas. Biaya utilitas meliputi layanan (gas, listrik, telepon) dan kemudian ditagih untuk layanan yang mereka berikan berdasarkan beberapa jenis meteran. Sebagai akibatnya perusahaan akan mengeluarkan biaya utilitas sebelum menerima tagihan dan sebelum periode akuntansi berakhir. Oleh karena itu, entri jurnal penyesuaian tipe akrual harus dibuat untuk melaporkan dengan benar jumlah yang benar dari biaya utilitas pada laporan laba rugi periode berjalan dan jumlah kewajiban yang benar pada neraca.

Akrual Pendapatan

Sebagai contoh, seorang akuntan mungkin berkata, "Kami perlu membukukan pendapatan bunga yang telah diperoleh perusahaan pada sertifikat deposito." Dalam situasi itu perusahaan mungkin tidak menerima bunga apa pun atau perusahaan tidak mencatat jumlah apa pun dalam rekeningnya, tetapi perusahaan memang memperoleh pendapatan bunga selama periode pembukuan. Selanjutnya perusahaan memiliki hak atas bunga yang diperoleh dan perlu mencantumkannya sebagai aset pada neraca keuangannya.

2. Penangguhan

Jurnal penyesuaian tipe penangguhan dapat berhubungan dengan pengeluaran dan pendapatan yang mengacu pada poin kedua yang disebutkan dalam pengantar topik ini:
  • Transaksi sudah dibukukan, tetapi jumlahnya harus dibagi antara dua atau lebih periode akuntansi.

Penangguhan Biaya

Seorang akuntan mungkin berkata, "Kita perlu menangguhkan sebagian dari biaya asuransi." Pernyataan itu dibuat karena perusahaan mungkin telah membayar pada tanggal 1 Desember seluruh tagihan untuk pertanggungan asuransi untuk periode enam bulan 1 Desember sampai 31 Mei. Namun, pada 31 Desember hanya satu bulan dari asuransi habis. Oleh karena itu biaya sisa lima bulan ditangguhkan ke rekening neraca Asuransi Dibayar Dimuka sampai dipindahkan ke Beban Asuransi selama bulan Januari hingga Mei. Jika perusahaan menyiapkan laporan keuangan bulanan, jurnal penyesuaian tipe penundaan mungkin diperlukan setiap bulan untuk memindahkan seperenam dari biaya enam bulan dari akun aset Asuransi Dibayar Dimuka ke akun laporan laba rugi Beban Asuransi.

Akuntan mungkin juga berkata, "Kita perlu menunda sebagian dari biaya persediaan." Penundaan ini diperlukan karena beberapa persediaan yang dibeli tidak digunakan atau dikonsumsi selama periode pembukuan. Jurnal penyesuaian akan diperlukan untuk menunda neraca keuangan biaya persediaan yang tidak digunakan, dan hanya biaya persediaan yang benar-benar digunakan dilaporkan pada laporan laba rugi. Biaya persediaan yang belum digunakan akan dilaporkan dalam akun neraca Persediaan dan biaya persediaan yang digunakan selama periode pembukuan dilaporkan dalam laporan laba rugi Biaya Persediaan .

Penangguhan Pendapatan

Penangguhan juga melibatkan pendapatan. Misalnya, jika sebuah perusahaan menerima $ 600 pada tanggal 1 Desember sebagai imbalan untuk penyediaan jasa layanan bulanan mulai 1 Desember hingga 31 Mei, akuntan harus "menunda" $ 500 dari jumlah tersebut ke akun kewajiban Pendapatan Ditangguhkan dan membukukan $ 100 untuk pendapatan jasa bulan Desember . $ 500 dalam Pendapatan Ditangguhkan akan ditunda sampai Januari hingga Mei ketika akan dipindahkan dengan jurnal penyesuaian dari Pendapatan Ditangguhkan ke Pendapatan Jasa dengan tarif $ 100 per bulan.

Menghindari Penyesuaian

Jika kita ingin meminimalkan perubahan saldo karena penyesuaian, kita dapat mengatur biaya setiap periode untuk dibayar pada periode di mana transaksi terjadi. Misalnya, kita dapat meminta bank untuk menagih rekening giro perusahaan pada setiap akhir bulan dengan bunga bulan berjalan pada pinjaman perusahaan dari bank. Berdasarkan pengaturan ini, biaya bunga bulan Desember akan dibayarkan pada bulan Desember, biaya bunga bulan Januari akan dibayarkan pada bulan Januari, dll. Kita cukup mencatat pembayaran bunga dan tidak perlu disesuaikan. Demikian pula, perusahaan asuransi dapat secara otomatis menagih rekening giro perusahaan setiap bulan untuk biaya asuransi yang berlaku hanya untuk satu bulan itu.

Posting Komentar untuk "Jurnal Penyesuaian (Contoh) "

X